Nama Denny Caknan kini mulai banyak menjadi perbincangan setelah meraih sukses lewat lagu ‘Kartonyono Medot Janji’. Tembang yang populer di YouTube tersebut kemudian viral dan banyak disukai masyarakat. Hal ini secara otomatis membuat sosok Denny melambung sebagai penyanyi.

Ketenaran tersebut membuat Denny dianggap sebagai penerus seniman campursari, Didi Kempot, yang telah tutup usia pada 5 Mei 2020 lalu. Meski kini telah dikenal banyak orang, perjalanan kariernya sebagai penyanyi ternyata penuh lika-liku dan cobaan. Seperti apa kisahnya? Simak ulasan Boombastis berikut ini.

Menyanyi demi lunasi utang ayah dan ibu

Denny Caknan dalam sebuah kesempatan [sumber gambar]
Ada sebuah kisah haru di balik kesuksesan Denny Caknan yang kini meniti karir sebagai penyanyi. Berkat lagu “Kartonyono Medot Janji” telah ditonton lebih dari 150 juta kali di YouTube, uang yang dihasilkan dari platform tersebut digunakannya untuk melunasi utang kedua orangtuanya sekitar Rp40 juta. Hal ini diungkapkan Denny di vlog Melaney yang berjudul “Denny Caknan Penerus Alm Didi Kempot??”, Senin (3/8/2020).

Bekerja sebagai tenaga honorer di Dinas Lingkungan Hidup (DLH)

Penyanyi campursari Denny Caknan menjadi bintang tamu acara Call Me Mell di iNews [sumber gambar]
Sebelum dikenal sebagai seorang penyanyi sukses, Denny Caknan bekerja sebagai tenaga honorer Dinas Lingkungan Hidup yang kesehariannya menanam pohon. Uniknya, pria asal Ngawi, Jawa Timur ini sebelumnya tak pernah bermimpi untuk menjadi seorang artis dan dikenal banyak orang. Namun garis takdir kini membuka jalan bagi dirinya untuk berkarya di industri musik tanah air.

Sempat menangis saat ada yang merendahkan sang ibu

Sempat merasa sedih lantaran sang ibu direndahkan [sumber gambar]
Denny pernah merasakan kesedihan yang amat sangat pedih lantaran sang ibu direndahkan orang lain. Sang ibu yang saat itu berjualan tahu pentol yang dikenal sebagai Sempolan, dibeli oleh seseorang namun tanpa saus karena telah membuatnya sendiri di rumah. Peristiwa ini membuat sang ibu menangis saat bercerita pada Denny. “Ibu nangis, ibu cerita, kami ke kamar, semua nangis, wuh momen terendah,” ucapnya.

Sukses berkat lagu ‘Kartonyono Medot Janji’

Meraup sukses lewat lagu ‘Kartonyono Medot Janji’ [sumber gambar]
Berkat kerja kerasnya, Denny Caknan kini dikenal sebagai penyanyi ternama lewat lagu “Kartonyono Medot Janji” yang membawanya di puncak karier. Ia sendiri tak menyangka jika lagunya tersebut banyak disukai oleh masyarakat dan ditonton hingga ratusan juta kali di YouTube. Untuk seorang pendatang baru, subscriber-nya tergolong lumayan yakni mencapai 2,4 juta saat ini.

Dianggap sebagai penerus kesuksesan mendiang Didi Kempot

Denny Caknan dan Didi Kempot [sumber gambar]
Melihat ketenaran Denny Caknan yang mempopulerkan lagu-lagu pop Jawa yang dibalut dengan irama campursari, banyak yang menilai sosoknya pantas disebut sebagai penerus Didi Kempot. Meski demikian, dirinya menyikapi hal tersebut dengan bijaksana dan mengatakan bahwa tidak ada yang bisa menggantikan figur Didi Kempot.

BACA JUGA: Kisah Didi Kempot dan Mamiek Prakoso Bawakan Seni Jawa hingga Berhasil Taklukkan Ibu kota

Lewat lagu-lagunya, Denny Caknan kini menjadi ikon baru yang meramaikan industri musik di tanah air. Lagu-lagunya yang dibawakan dengan musik pop bernuansa Jawa dan campursari itu ditonton hingga jutaan kali channel YouTube miliknya, Denny Caknan. Salah satunya lagunya, “Sugeng Dalu”, sempat menduduki urutan ke-26 di Top 100 Billboard Indonesia edisi ke-17. Hebat ya Sahabat Boombastis.