Berita tertangkapnya artis sekaligus komedian Tri Retno Prayudati alias Nunung memang cukup mengejutkan. Di balik tingkah lucu dan tawa lepasnya dalam setiap acara yang menampilkan dirinya, jebolan grup lawak Srimulat itu tak disangka menjadi seorang pecandu narkotika jenis sabu-sabu. Alhasil, penangkapan dirinya menambah daftar panjang artis Indonesia yang bermasalah dengan obat-obatan terlarang.

Nunung sendiri dikenal sebagai komedian papan atas ibukota yang laris tampil di berbagai acara televisi. Bersama dengan komedian lainnya seperti Sule dan Andre Taulany, ia kerap menghibur penonton di layar kaca lewat humor-humornya yang khas. Meski menuai sukses di dunia seni peran, perjalanan Nunung membangun karirnya sebagai entertainer juga menarik untuk disimak.

Sempat berjualan batik sebelum dikenal sebagai artis

Masa muda Nunung hingga sukses menapaki karir di dunia hiburan [sumber gambar]
Kondisi keluarga yang terbilang kurang pada saat itu, membuat Nunung muda harus mencari nafkah sebagai pedagang batik dan penyanyi dari pentas ke pentas lainnya. Dilansir dari genpi.co, semua usahanya itu dijalani demi memenuhi kebutuhan keluarganya. Beruntung, ia kemudian bergabung dengan grup lawak Srimulat yang kelak membuat namanya dikenal sebagai komedian papan atas tanah air.

Bergabung dengan Srimulat dan namanya mulai dikenal

Nunung saat bersama rekan-rekan Srimulat pada 1971 [sumber gambar]
Wanita kelahiran Solo, 5 April 1963 ini, akhirnya bergabung dengan grup lawak Srimulat pada tahun 1980an. Kelompok yang awalnya bernama Gema Malam Srimulat itu, didirikan oleh Raden Ayu Srimulat dan Teguh Slamet Rahardjo. Srimulat yang kerap pentas di dalam gedung kesenian, akhirnya masuk ke dalam tayangan televisi pada tahun 80an hingga 90an. Di sinilah Nunung mulai menunjukkan eksistensinya sebagai komedian bersama dengan pelawak lain seperti Timbul, Polo, Tessy, Gogon, Tarzan, dan Mamiek Prakoso.

Membintang sejumlah acara ternama hingga meraih penghargaan

Nunung bersama rekannya di Opera Van Java (OVJ) [sumber gambar]
Naman Nunung semakin melejit saat bermain dalam sinetron “Di Doel Anak Sekolahan” pada pertengahan 1990an. Wajahnya yang wara-wiri di layar kaca, membuat Nunung kebanjiran tawaran untuk iklan dan acara televisi lainnnya. Puncaknya, ia sempat mendapatkan penghargaan sebagai Bintang Komedi Wanita Terfavorit pada 1999 dalam ajang Panasonic Awards. Masuk di tahun 2000an, sosok Nunung kembali berkibar saat bermain dalam tayangan Opera Van Java (OVJ), bersama Sule, Andre, Parto dan Aziz.

Komedian ternama yang terjerat kasus narkoba bersama suami

Setelah tak lagi bermain untuk OVJ, Nunung kembali ditarik untuk tampil di program “Ini Talk Show”, sebuah acara bincang-bincang yang diselipi dengan komedi pada 2014 hingga saat ini. Tercatat, wanita kelahiran olo, 5 April 1963 ini juga sempat membintangi beberapa judul film seperti Wakil Rakyat, Dinding Srimulat, dan yang terbaru The Secret: Suster Ngesot Urban Legend dan memiliki program acara yang dipandunya sendiri yakni “Nyonya Nunung”. Sayang, Nunung kini dikabarkan telah ditangkap oleh polisi karena kasus penggunaan narkotika (sabu-sabu) bersama sang suami.

BACA JUGA: Mulai Gugur Satu Persatu, Begini Kabar Terkini Anggota Grup Lawak Srimulat yang Tersisa

Peristiwa penangkapan Nunung karena kasus narkotika memang patut disayangkan. Selain mengancam karirnya di dunia hiburan, jerih payah Nunung membangun kesuksesannya dari nol juga seolah tiada gunanya. Meski demikian, kita doakan yang terbaik, mudah-mudahan ia menyadari kesalahannya dan mengubah diri dengan menjauhi ketergantungan dengan barang haram tersebut. Sabat ya mbak Nunung.