Nama Titi Kamal sudah tak asing lagi di dunia perfilman Indonesia. Terlebih lagi, semenjak ia memainkan karakter Maura dalam film Ada Apa dengan Cinta? bersama Dian Sastrowardoyo, Adinia Wirasti, Sissy Priscillia, dan Ladya Cheryl.

Konsisten dengan film layar lebar dan iklan, ia pun terus mengembangkan kariernya di bidang yang sama bertahun-tahun. Alhasil, ia telah memerankan banyak karakter di jagat perfilman Indonesia. Dalam ulasan kali ini, Boombastis.com akan mengungkap perjalanan karier Titi Kamal melalui karakter-karakter yang diperankan.

Maura dalam film Ada Apa dengan Cinta?

Titi Kamal as Maura – Ada Apa dengan Cinta [sumber gambar]
Meski Titi Kamal debut lewat film berjudul Tragedi pada tahun 2001, ia baru mulai dikenal banyak orang ketika membintangi film Ada Apa dengan Cinta? Perannya sebagai Maura, the mother of the gang juga menarik perhatian, sebab gara-gara dirinyalah Cinta enggak berani mengatakan pada Geng Cinta bahwa dirinya memiliki rasa terhadap Rangga.

Intan dalam film Eiffel… I’m in Love

Titi Kamal as Intan – Eiffel I’m in Love [sumber gambar]
Hanya menjadi kameo bukan masalah bagi Titi Kamal, toh hingga saat ini banyak orang yang ngeh bahwa dirinya pernah menjadi pacar bayaran Adit dalam film Eiffel… I’m in Love. Peran Titi Kamal selalu menjadi cewek cantik ya dalam film!

Iis Maduma dalam film Mendadak Dangdut

Titi Kamal as Iis Maduma – Mendadak Dangdut [sumber gambar]
“Lay, lay, lay, lay, lay, lay, aku jarang dibelai,” you sing you lose! Titi Kamal diakui menjadi aktor jajaran kelas A di Indonesia ketika membintangi peran utama dalam film Mendadak Dangut. Apalagi, film tersebut sangat booming pada tahun 2006. Semua orang berbondong-bondong beli VCD hingga rela ke rental untuk menonton film tersebut, karena tak ada bioskop di kotanya.

Katrina Kartodipuro dalam film Tri Mas Getir

Titi Kamal as Katrina Kartodipuro – Tri Mas Getir [sumber gambar]
Seperti yang sudah tertera di atas, karakter Titi Kamal dalam sebuah film selalu tak jauh-jauh dari gadis cantik idola banyak orang. Mulai dari Maura hingga Intan. Dalam film Tri Mas Getir, dirinya lagi-lagi menjadi bintang film yang diidolakan banyak orang, hingga oleh geng Tri Mas Getir ini pengin diculik gara-gara mimpi bisa menikah dengannya.

Marion dalam film Barbi3

Titi Kamal as Marion – Barbi3 [sumber gambar]
Dalam poster saja, sudah terlihat siapa yang paling cantik dan glamor. Ya Titi Kamal, yang berperan sebagai Marion dalam film Barbi3, besutan Monty Tiwa. Geng cewek-cewek cantik dan kaya yang diketuai Titi Kamal ini diceritakan mendapat karma karena menyakiti banyak lelaki. Ketika diberi kesempatan kedua, mereka berusaha sebisa mungkin untuk memperbaikinya.

Maura dalam film Ada Apa dengan Cinta? 2

Titi Kamal as Maura – Ada Apa dengan Cinta 2 [sumber gambar]
Tak jauh beda dari karakter Maura di film sebelumnya, hanya saja cerita telah berubah. Maura telah menikah dan memiliki anak, sedangkan Geng Cinta lainnya masih jomblo. Sehingga, Maura lah yang menasihati ketiga temannya mengenai kehidupan dan hubungan romansa dalam sekuel ini.

Silvi dalam film Insya Allah Sah

Titi Kamal as Silvi – Insya Allah Sah [sumber gambar]
Setelah usai bermain dalam film bergenre drama, Titi Kamal mulai menjajal tema komedi romantis. Dalam film Insya Allah Sah ini, ia berperan sebagai Silvi, kekasih seorang pengusaha yang bernazar akan menjadi wanita muslimah saat terjebak dalam lift. Silvi yang selalu berpenampilan serba glamor pun diuji nazarnya setelah bisa keluar dari lift.

Sofiyah dalam film Sesuai Aplikasi

Titi Kamal as Sofiyah – Sesuai Aplikasi [sumber gambar]
Tak lama dari penampilannya dalam film Insya Allah Sah, Titi Kamal kembali mencoba peruntungan dalam genre komedi. Ia berperan sebagai Sofiyah, perempuan kaya raya yang tak sengaja membawa barang curian Sakti (Ernest Prakasa). Gilanya, Ernest Prakasa order jasa dari aplikasi ojek online untuk mengambil barang curian tersebut.

BACA JUGA: Cinta Hingga Kartini, Begini Transformasi Peran Dian Sastrowardoyo di Jagat Perfilman Indonesia

Meskipun karakter yang dimainkan Titi Kamal mirip-mirip alias semua perempuan cantik dan kaya raya, ia selalu bisa membawakan perannya dengan baik dan menarik perhatian. Enggak banyak, kan, kameo yang kalau enggak dikulik tapi bisa ter-notice. Titi Kamal, mah, beda.