Ajang pencarian bakat bergengsi, Indonesian Idol 2020 telah berakhir. Setelah melewati pertarungan ketat antara Tiara dan Lyodra, akhirnya didapatlah satu orang juara. Yap, Lyodra Margaretha Ginting unggul dalam babak grand final sehingga ia dinobatkan sebagai jawara musim 10 ini.

Kabar gembira ini tentu disambut hangat oleh para penggemar, mengingat bisa sampai ke babak spektakuler ini adalah perjuangan yang tak mudah. Mari kita lihat kilas balik karier Lyodra selama menggeluti dunia musik. Simak terus ulasan Boombastis.com berikut ini ya!

Sering ikut dalam ajang pencarian bakat

Nama besar memang sudah dirintis oleh Lyodra sejak lama. Ia termasuk dalam anak yang tak jemu ikut dalam berbagai ajang pencarian bakat. Di tahun 2014 lalu, saat usianya masih 11 tahun, Lyodra sudah ikut dalam ajang Kirana Semen.

Selanjutnya ia juga turut mengikuti ajang Indonesia Mencari Bakat 4 (IMB) dan menjadi finalis yang menempati posisi ke-6. Tak puas sampai di situ saja, Lyodra masih terus mengasah bakat menyanyinya hingga ia dipertemukan dengan Erwin Gutawa dan Gita Gutawa.

Ikut dalam proyek Erwin Gutawa

Seperti yang dipaparkan dalam poin pertama, bermusik dan bernyanyi adalah bagian dari dalam hidup seorang Lyodra Ginting. Dara kelahiran Sumatera Utara ini sudah menyanyi sejak ia kecil. Ia tercatat pernah tergabung dalam proyek ‘Di Atas Rata-rata’ yang digagas Erwin Gutawa. Bakat tersebut ditemukan oleh Erwin Gutawa di tahun yang sama, 2014 lalu.

Gita Gutawa sendiri, termasuk dalam satu musisi yang mengikuti perkembangan karier Lyodra dalam bernyanyi. Dari proyek DARR gagasan Erwin ini, Lyodra ikut tampil dalam banyak panggung. Di antaranya, Java Jazz Festival 2016 dan mengisi acara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2016, di Istana Merdeka, Jakarta.

Menjadi juara dalam Festival Sanremo Junior, Italia

2017 lalu, Lyodra menapaki kariernya di dunia International untuk pertama kali dalam Festival Sanremo Junior yang dilaksanakan di Italia. Lyodra membawakan lagu Dear Dream ciptaan Gita Gutawa dan berhasil menjadi juara pertama mengalahkan 22 peserta lainnya dari 18 negara, seperti dilansir dari kumparan.com.

Dari ajang ini, nama Lyodra semakin dikenal dan dirinya semakin yakin kalau menyanyi adalah masa depan yang akan membawanya ke tangga karier yang lebih cemerlang. Karena usia yang masih sangat muda inilah, di tahun yang sama Lyodra memenangkan AMI Awards untuk kategori Artis Solo Perempuan Anak-anak Terbaik.

Keluar sebagai juara Indonesian Idol 2020

Setelah menjuarai Festival di Italia, Lyodra sudah punya jam terbang menyanyi yang cukup banyak. Ia terbiasa tampil dalam acara festival hingga menyanyi di pernikahan. 2019 lalu, ia kembali ikut dalam kompetisi Indonesian Idol musim ke 10.

Setelah melalui beberapa babak, Lyodra lulus ke grand final dan harus berhadapan dengan Tiara Anugrah. Lyodra tampil dengan menyanyikan lagu And I’m Telling You I am Not Going dari Jennifer Hudson, yang ternyata sukses membawanya menjadi jawara baru. Apakah ia akan menjadi The Next Diva?

BACA JUGA: Pulang Nggak Bawa Piala, 7 Runner Up Indonesian Idol Ini Lebih Tenar daripada Sang Juara

Semoga, nama Lyodra akan terus ada sebagai penyanyi muda penuh talenta ya. Karena, selama ini, Indonesian Idol dipercaya netizen sebagai ajang di mana juara runner-up selalu bisa terkenal dari juara pertama. Untuk kali ini, semoga karier Lyodra dan juga Tiara bisa mewarnai dunia musik Indonesia ya!