Selama ini yang kita tahu, melalui ajang pencarian bakat seseorang bisa menggapai impiannya dan terkenal secara instan. Namun, seperti yang pernah Boombastis.com ulas sebelumnya, bahwa ada pula 9 penyanyi Indonesia yang sukses besar tetapi tak lolos babak audisi Indonesian Idol. Membuat kita menganga lebar memang, tapi itulah kenyataannya.

Pada ulasan kali ini, penulis akan membeberkan mereka-mereka yang menjadi jawara ajang pencarian bakat, tapi pada akhirnya malah tenggelam bak ditelan bumi. Jadi, bagi kalian yang pernah berpikir sukses hanya bisa diraih melalui ajang pencarian bakat, kalian wajib banget mengetahui 11 sosok yang hilang kabarnya ini melalui ulasan berikut.

1. Joy Tobing, Jawara Indonesian Idol Musim Pertama

Joy Tobing [image source]
Ketika ajang pencarian bakat Indonesian Idol pertama ditayangkan pada tahun 2004, semua orang sangat heboh mengikuti perjalanan kontestan dari babak audisi hingga grand final. Nama Joy Tobing keluar menjadi pemenang kala itu. Setelah menyandang titel juara Indonesian Idol musim pertama, ia memang kebanjiran job, bahkan sempat meluncurkan albumnya sendiri. Namun, dibandingkan dengan runner up musim pertama yaitu Delon, Joy masih kalah tenar. Akibatnya, kini pun ia tak pernah tampak lagi di layar kaca.

2. Delon, Sempat Menghadapi Puncak Ketenarannya

Delon [image source]
Meskipun hanya menyandang titel runner up, ketika keluar dari Indonesian Idol musim pertama, pemilik nama lengkap Delon Thamrin ini malah lebih tenar dan mendapat job yang bervariasi ketimbang Joy. Namun, ketenaran itu tampaknya tak abadi. Terakhir kali Delon terekam jejak menjulang pada dunia hiburan adalah tahun 2013. Kini pun ia tak banyak mengisi job on air, mungkin off air masih banyak, tapi kalau dibandingkan dengan Vidi Aldiano atau Afgan, ya kalau jauh.

3. Dirly, Paras Tampan Tak Menjamin Suksesnya

Dirly [image source]
Pada Indonesian Idol musim ketiga, tepatnya tahun 2006, pemilik nama lengkap Dearly Dave Sompie ini keluar sebagai runner up. Pemenang ajang pencarian bakat andalan RCTI kala itu adalah Ihsan Tarore. Meskipun begitu, Dirly lebih memiliki banyak fans, apalagi di kalangan perempuan karena wajahnya yang super tampan. Namun rupanya, ketampanan bukanlah modal utama bagi seseorang yang ingin bertahan di dunia hiburan. Lama tak terdengar kabarnya, kemarin media banyak meliput pernikahannya, namun setelah itu kabarnya pun tenggelam.

4. Aris, Digadang-gadang Sebagai Charlie Kedua

Aris [image source]
Jika kalian penggemar Indonesian Idol sejati, pasti tahu siapa sosok yang akan diulas kali ini. Ya, dialah Aris, pemenang Idola Indonesia musim keempat. Ketika audisi, penampilannya sungguh memukai para juri, karena selain tampangnya yang 11-12 dengan Charlie ST 12, suaranya pun begitu. Alhasil, prediksi para juri pun tepat yaitu titel juara yang dibawa Aris pulang waktu itu. Namun, tak lama setelah kemenangannya, pemilik nama lengkap Januarisman Runtuwente ini tak banyak lagi muncul di televisi hingga sekarang.

5. Nowela, Gadis Ambon Manise yang Karirnya Tak Begitu Manis

Nowella [image source]
Bagi penulis, suara Nowela Elizabeth Auparay patut diacungi 4 jempol. Pasalnya, suara yang dimilikinya memiliki ciri khas tersendiri. Tak heran jika akhirnya ia keluar sebagai pemenang pada Indonesian Idol 2014. Setelah menyandang titel jawara, ia sempat bergabung dengan agensi Ahmad Dhani dan mulai memproduksi musik di bawah asuhannya. Namun, meski ia banyak mengeluarkan album, tampaknya lagu-lagunya tak sebegitu melejit ketika ia masih dikarantina pada masa Indonesian Idol.

6. Very Affandi, Pemenang Ajang Pencarian Bakat Pertama di Indonesia tahun 2000an

Very Affandi [image source]
Bagi generasi zaman now, kemungkinan besar mereka hanya tahu Indonesian Idol, X Factor, serta The Voice Indonesia sebagai ajang pencarian bakat yang melahirkan artis-artis baru. Namun, sebelum 3 ajang tersebut muncul, Akademi Fantasi Indosiar atau AFI sudah memulai kiprahnya lebih dulu. Pertama kali mengudara pada tahun 2003, nama Very Affandi lah yang keluar sebagai pemenang. Alhasil, semua mata rakyat Indonesia tertuju padanya. Namun, ketenarannya pun tak abadi, setelah Tia berhasil menjuarai AFI pada musim selanjutnya, kabarnya pun tak pernah terdengar lagi.

7. Klantink, dari Jalanan Kembali ke Jalanan

Klantink [image source]
Selain Indonesian Idol dan AFI, ada juga sebuah ajang pencarian bakat yang ngetren abis pada masanya. Indonesia Mencari Bakat (IMB), ada yang masih ingat? Tak hanya menyanyi saja, ajang satu ini menerima semua bakat yang ada. Buktinya saja pemenang dari ajang ini merupakan seorang grup musik tradisional yang dulunya merupakan pengamen jalanan. Ya, mereka adalah Klantink. Disukai banyak orang karena keunikannya, kini Klantink bernasib paling miris di antara para jawara ajang pencarian bakat lainnya. Pasalnya, salah satu personel tertua, mas Budi, sudah meninggal dunia, dan cak Mat serta mas Lukin malah kembali ke jalanan dengan berjualan kerak telor di Surabaya.

8. Putri Ayu, Penyanyi Seriosa yang Membuat Semua Mata Tertuju Padanya

Putri Ayu [image source]
Selain Klantink, IMB juga melahirkan seorang Putri Ayu, penyanyi seriosa berbakat yang menjadi runner up ketika umurnya masih 13 tahun. Bakat yang dimiliki Putri pun terbilang jarang di Indonesia sehingga banyak orang mengakui kehebatannya. Namun, pengakuan orang saja tak bisa membuat seseorang menjadi sukses besar. Keluar dari IMB, selain fokus dengan sekolahnya, Putri pun tak begitu banyak mendapat tawaran job, hal tersebut karena banyak orang yang masih belum bisa menyesuaikan aliran musik seriosa di panggung-panggung konvensional layar kaca.

9. Sandrina, Jadi Artis, sih, tapi…

Sandrina [image source]
Penari cilik asal Bogor ini benar-benar totalitas saat menunjukkan bakatnya. Pada setiap penampilannya, jarang sekali ia mendapatkan komentar buruk dari para juri. Hal tersebut akhirnya membuat pemilik nama lengkap Sandrina Mazaya ini meraih gelar juara pada Indonesia Mencari Bakat 2013 alias musim ketiga. Kini, Sandrina masih aktif di dunia hiburan. Namun sayang, meski ia menjadi artis dan pernah beberapa kali bermain sinetron, bakatnya tak pernah menjadikannya sebagai pemeran utama. Nasib oh nasib…

10. Fatin Shidqia Lubis, Pernah Dipuja Rossa dan Seluruh Indonesia

Fatin Shidqia Lubis [image source]
Mungkin sebagian dari boombers mengenal sosok pemenang The X Factor Indonesia musim pertama. Pasalnya, Fatin yang masih merupakan siswi SMA kala itu dapat dengan mudah mengalahkan penyanyi sepak terjangnya lebih banyak daripadanya, yaitu Novita Dewi. Banyak pemirsa The X Factor Indonesia yang terkaget-kaget dengan hasil akhir ajang pencarian bakat tersebut. Namun, lambat laun, suara Fatin yang menjadi modal utamanya itu akhirnya diakui oleh seluruh Indonesia. Meskipun begitu, tak lama dari kemenangannya pada ajang yang menjadikan Rossa sebagai juri dan mentronya itu, ia jarang sekali terlihat di televisi, bahkan pada konser ulang tahun RCTI, ia juga tak pernah dipanggil sebagai salah satu pengisi acaranya.

11. Siti, Penyabet Piala Pertama Kontes Dangdut Indonesia (KDI)

Siti KDI [image source]
Banyak dari kids zaman now yang hanya tahu kompetisi dangdut di Indonesia sebatas D’Academy. Padahal, jauh sebelum itu stasiun televisi TPI telah mengadakan Kontes Dangdut Indonesia atau KDI. Pada tahun 2004, kompetisi ini pertama kali mengudara dan mengeluarkan Siti Rahmawati sebagai pemenangnya. Jika kalian tahu Nassar, KDI merupakan ajang yang membuatnya terkenal. Namun, nasib Siti rupanya tak sama dengan Nassar yang masih sering kita jumpai di layar kaca. Semenjak keluar menjadi pemenang, Siti sudah tak pernah terdengar lagi kabarnya.

11 artis di atas membuktikan bahwa ketenaran bukanlah sebuah hal yang abadi, apalagi jika didapat dengan cara yang instan. Sukses merupakan sesuatu yang dicapai ketika kalian sudah berusaha hingga titik darah penghabisan. Setuju, boombers?