in

4 Hal Ini Bisa Jadi Perisai Yang Menjauhkan Kita Dari Api Neraka

4. Sikap Lembut

Rasulullah telah banyak mengajarkan dan mencontohkan kepada umat muslim untuk senantiasa berlaku lemah lembut kepada setiap orang. Saat menjalankan dakwah, Rasulullah pun tak pernah melakukan kekerasan, beliau selalu lembut memperlakukan siapa saja, bahkan musuh sekalipun. Kecuali ketika mereka telah menghina Allah, maka Rasulullah tak segan mengangkat senjata dan melakukan perlawanan kepada mereka.

Sikap Lembut
Sikap Lembut [imagesource]
Dalam surat Ali-Imran ayat 159 telah disebutkan, “Maka disebabkan rahmat Allah lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakal kepadaNya.”

Baca Juga: Sejarah 4 Wanita Cantik Yang Pernah Berkuasa di Nusantara

Ayat di atas adalah perintah Allah kepada Rasulullah untuk selalu bersikap lemah lembut dan sabar dalam berdakwah. Sehingga orang lain tidak akan pernah takut dan menghindar. Dan perintah itu juga berlaku bagi kita, umat muslim, tanpa terkecuali. Dalam kita berdakwah dan bergaul dengan masyarakat, hendaknya kita selalu memiliki sikap dan kepribadian yang lemah lembut dan sabar.

Itulah keempat sikap dan kepribadian yang bisa menjauhkan kita dari api neraka, jika kita mampu meletakkannya dalam diri kita dengan ikhlas dan tawakal kepada Allah. Selain kita akan selalu mendapatkan keberkahan dan keridhoan dariNya, kita juga akan lebih mudah bergaul dalam masyarakat. (sof)

Written by Sofia Fitriani

Leave a Reply

Mengharukan, Milyuner Ini Merawat Sendiri Istrinya Yang Sakit Selama 25 Tahun

5 Festival Paling Aneh dan Ekstrim di Berbagai Belahan Dunia