4 Hal Ini Bisa Jadi Perisai Yang Menjauhkan Kita Dari Api Neraka

oleh Sofia Fitriani
15:10 PM on Jun 5, 2015

Hal yang selalu membuat hati kita bergetar adalah, mau ditaruh di mana kita kelak oleh Allah setelah dihisab di padang masyhar? Apakah di surga yang penuh kenikmatan, ataukah justru kita dibuang ke neraka yang penuh dengan siksaan? Tentunya semua dari kita tak ingin pasti berada dalam kobaran panasnya api neraka, yang penuh dengan rantai-rantai dan segala macam siksaan seperti yang digambarkan oleh Allah di dalam Al-Qur’an.

Baca Juga: Kamu Yang Muda Tapi Malas Gerak, Perlu ‘Berkaca’ Dari Nenek Pelari Ini

Untuk itu, selagi belum terlambat, saat ruh masih melekat kuat dalam tubuh kita, saat Allah masih izinkan kita bertemu hari baru di atas bumiNya ini, kita harus benar-benar bisa memanfaatkan kesempatan dari Allah itu dengan sebaik-baiknya.

Baca Juga
Cerita Bocah SD Tawuran Gara-gara Cinta Segitiga Ini Bikin Netizen Tepok Jidat
Mengenang Perjuangan Desak Putu Kari, Istri I Gusti Ngurah Rai yang Baru Saja Tutup Usia

Allah memerintahkan kita untuk selalu taat kepadaNya, mengerjakan amal shaleh, dan tentunya berbuat kebaikan di muka bumi ini. Dalam sebuah hadits disebutkan, “Api neraka dijauhkan dari orang yang memiliki sikap hangat, ringan, lembut, dan mudah.” (HR. Tirmidzi). Nah, keempat sikap itu kadang masih juga sulit kita terapkan dalam kehidupan, dalam kita bergaul, bahkan dalam kita berinteraksi dengan orang tua serta keluarga kita.

1. Sikap Hangat

Sebagai seorang muslim atau muslimah, kita harus memiliki sikap dan pribadi hangat dalam diri kita. Dengan kehangatan yang ada dalam diri kita, maka kita bisa menumbuhkan kenyamanan pada orang-orang di sekitar kita. Di mana ketika banyak di luar sana orang yang sedang mencari tempat untuk bersandar, kita siap menerima mereka dengan penuh kehangatan.

Sikap Hangat
Sikap Hangat [imagesource]
Seperti kisah Rasulullah yang masih begitu sabar, bersikap hangat pada seseorang yang setiap pagi selalu menghadang beliau saat beliau akan berangkat shalat subuh di masjid. Tak hanya menghadang, namun orang itu juga meludahi beliau. Namun Rasulullah sabar dan menerima itu sebagai ujian Allah. Hingga kemudian orang itu sakit, kabar tersebut terdengar sampai ke telinga Rasulullah.

Rasulullah datang sambil membawa makanan ke rumah orang itu, dan dengan penuh kehangatan beliau memperlakukan orang yang telah selalu menghina beliau tersebut. Bahkan mendoakan kesembuhannya. Hingga orang tersebut merasa sangat menyesal, meminta maaf pada Rasul, dan akhirnya memeluk Islam.

Selanjutnya: Sikap Ringan

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA