in

4 Hal Ini Bisa Jadi Perisai Yang Menjauhkan Kita Dari Api Neraka

3. Sikap Mudah

Bersikap dan berkepribadian mudah di sini bukan berarti mudah terbawa arus kehidupan, namun maksudnya adalah mudah dalam melakukan kebaikan dan mempermudah urusan orang lain. Kita kadang dilanda perasaan iri atau cemburu saat ada orang lain yang mendapat kenikmatan dari Allah lebih dari kita, sehingga kadang kita mempersulit urusan orang tersebut. Na’udzubillaah, jangan sampai kita menjadi salah satu dari golongan orang-orang yang selalu mempersulit orang lain.

Sikap Mudah
Sikap Mudah [imagesource]
Mudah dalam menerima kebaikan, mudah dalam bergaul, mudah dalam menerima masukan atau nasehat, mudah dalam dimintai bantuan orang lain, dan mudah dalam menjalankan ibadah kepada Allah. Seperti kisah Umar bin Khattab yang walau terkenal garang dan keras, namun ternyata beliau memiliki hati yang lembut serta sangat mudah tersentuh.

Khalifah Umar tidak marah, justru merasa bersalah saat ada seorang rakyat yang mengata-ngatainya pemimpin yang tidak perhatian karena membiarkan dia dan anak-anaknya hidup dalam kemiskinan dan sampai kehabisan makanan. Janda itu tak tahu bahwa pria yang dia curhati tentang Umar tersebut adalah sang Khalifah sendiri. Setelah itu Umar mengambil sekarung gandum dan digendongnya sendiri menuju rumah si janda, tanpa menyampaikan identitasnya sebenarnya.

Selanjutnya: Sikap Lembut

Written by Sofia Fitriani

Leave a Reply

Mengharukan, Milyuner Ini Merawat Sendiri Istrinya Yang Sakit Selama 25 Tahun

5 Festival Paling Aneh dan Ekstrim di Berbagai Belahan Dunia