in

5 Perempuan Terkaya Indonesia, Masuk Daftar Forbes hingga Punya Harta Rp 8 Triliun

Indonesia memang kerap menelurkan para pengusaha kaya raya yang memiliki jumlah kekayaan luar biasa. Jika sebelumnya didominasi oleh para pebisnis sukses dari kalangan pria, para wanita pun ternyata tak kalah dengan mereka. Banyak dari mereka yang juga mendulang sukses sebagai pengusaha, masuk sebagai jajaran orang-orang kaya di Indonesia.

Seperti pada daftar yang dikeluarkan oleh majalah Globe Asia milik Lippo Group pada tahun 2018 silam, ada 150 orang terkaya Indonesia menurut versi mereka. Dari jumlah tersebut, beberapa di antaranya adalah perempuan. Selain usahanya yang terbilang sangat dikenal di Tanah Air, kekayaan yang dimiliki pun termasuk luar biasa. Siapa saja mereka?

Siti Hartati Murdaya

Siti Hartati Murdaya [sumber gambar]
Kesuksesan seorang Siti Hartati Murdaya juga dibangun bersama sang suami, Murdaya Poo. Di mana keduanya mengumpulkan kekayaan bersih sebesar US$1,4 miliar atau sekitar Rp 20,3 triliun lewat berbagai bisnis di bawah Central Cipta Murdaya. Kesuksesannya terjun di dunia bisnis, memasukkannya ke dalam daftar Indonesia’s 40 Richest Forbes bersama sang suami di peringkat ke-16, dan peringkat ke-32 versi Majalah Globe Asia 2018.

Arini Subianto

Salah serang perempuan terkaya lainnya datang dari sosok Arini Subianto atau akrab dipanggil Ninin. Dilansir dari CNBCIndonesia (25/07/2018), Ninin adalah ahli waris dari almarhum Benny Soebianto, seorang pengusaha besar di Indonesia. Ia diketahui memiliki berbagai usaha yang bergerak di bidang sawit dan pertambangan. Dengan nilai aset sebesar US$ 600 juta (Rp 8.512 triliun), Ninin menduduki peringkat ke-49 orang terkaya di Indonesia versi Forbes pada 2019, dan peringkat ke-46 versi Majalah Globe Asia 2018.

Desi Sulistio Hidayat

Desi Sulistio Hidayat dalam sebuah acara [sumber gambar]
Bersama sang suami, Yahya Hidayat, Desi Sulistio Hidayat berhasil menjadi salah satu konglomerat di Indonesia lewat perusahaan jamu Sido Muncul. Dari usaha tersebut, ia berhasil mengumpulkan kekayaan sebesar US$905 juta (Rp 12,842 triliun). Oleh Majalah Globe Asia 2018, namanya masuk sebagai 150 orang terkaya dengan menduduki peringkat ke-53.

Melinda Tedja

Melinda Tedja dan Alexander Tedja [sumber gambar]
Sektor properti dan pusat perbelanjaan ternama Indonesia juga memunculkan nama Melinda Tedja dan sang suami, Alexander Tedja, sebagai pengusaha sukses di bidang tersebut. Lewat Pakuwon Group, kekayaan yang dimiliki sebesar US$870 juta (Rp 12,354 triliun). Dilansir dari Indonesiatatler.com, ia berhasil membangun proyek-proyek besar Blok M Plaza, Tunjungan Plaza, Apartemen Permata Berlian lewat kemitraannya bersama Alexander Tedja. Melinda Tedja berada di urutan ke-56 versi majalah Globe Asia 2018.

Elizabeth Sindoro

Elizabeth Sindoro [sumber gambar]
Nama Elizabeth Sindoro juga masuk sebagai salah satu wanita terkaya di Indonesia lewat bisnisnya, Dan Liris di bidang tekstil dan perusahaan properti Paramount Group yang dikelola bersama keluarga. Dilansir dari CNBCIndonesia (26/07/2018), ia memiliki kekayaan sebesar US$270 juta (Rp 3,833 triliun), dan masuk ke peringkat 155 versi majalah Globe Asia 2018.

BACA JUGA: 5 Wanita Terkaya Sepanjang Masa Ini Kekayaannya Bikin Miliuner Dunia Seperti Recehan

Selain nama-nama di atas, ada pula sosok Siti Hardijanti Rukmana yang merupakan putri dari Presiden RI ke-2, Soeharto, dengan nilai kekayaan sebesar US$205 juta (Rp 2,902 triliun) pada 2018. Hal ini menjadi bukti bahwa para pengusaha besar di Indonesia tak hanya didominasi oleh kaum pria saja, tapi juga para wanita.

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

Melihat Potensi Bencana Besar Apa Saja yang Sewaktu-waktu Bisa Dialami oleh Indonesia

Auto Juragan, Ide Bisnis Kuliner Penambah THR Ini Bisa Dilakukan Secara Online maupun Offline