in

Auto Juragan, Ide Bisnis Kuliner Penambah THR Ini Bisa Dilakukan Secara Online maupun Offline

Bulan Ramadan memang tak hanya dianggap sebagai bulan suci yang penuh keberkahan bagi umat Islam, tapi juga kerap dimanfaatkan sebagai lahan bisnis dadakan yang menguntungkan. Salah satu buktinya adalah menjamurnya para penjual kuliner seperti takjil yang hanya marak di bulan suci Ramadan.

Kebiasaan ini pun selalu terulang setiap tahunnya. Bisnis kuliner yang ada pun sejatinya hanya ‘itu-itu saja’ namun tetap menguntungkan. Tak hanya dijajakan secara offline dengan mendirikan lapak, tapi juga bisa dipasarkan melalui platform online. Apalagi di masa sekarang, transaksi secara offline lebih banyak dikurangi karena pandemi. Berikut adalah ide-ide bisnis kuliner yang bisa dijajal baik secara offline maupun online.

Aneka Takjil yang masih menjadi favorit di bulan Ramadan

Aneka takjil yang mudah ditemui saat bulan Ramadhan [sumber gambar]
Aneka takjil merupakan salah satu jenis usaha dadakan yang banyak ditemui saat bulan Ramadan tiba. Biasanya, yang dijual termasuk makanan ringan sebagai hidangan untuk berbuka puasa, seperti es buah, Es Kepal Milo yang sempat booming di tahun 2018, aneka es kopi, jajanan manis, dan lain sebagainya. Jika kreatif, jenis kuliner ini bisa tetap bertahan jika diberi sentuhan inovasi. Untuk jual onlinenya bisa memanfaatkan medsos, atau partnership dengan beberapa layanan seperti Gojek dan Grab.

Berjualan parsel untuk persiapan lebaran

Ilustrasi bisnis parsel [sumber gambar]
Peluang berjualan parsel untuk lebaran sejatinya masih terbuka lebar saat bulan Ramadan. Biasanya, pelaku bisnis ini akan kebanjiran pesanan saat hari Raya Idul Fitri tinggal beberapa minggu lagi. Kreativitas dan sajian kemasan yang menarik, adalah salah satu kelebihan yang bisa dijual dari bisnis ini. Enaknya lagi, parsel yang ada juga bisa ditawarkan melalui online dan siap dikirim ke alamat tujuan.

Paket kue kering yang siap kirim

Ilustrasi bisnis kue kering [sumber gambar]
Sama seperti parsel lebaran, berjualan kue kering juga memiliki peluang yang besar di bulan Ramadan. Selain untuk konsumsi pribadi dan sajian saat silaturahmi antar keluarga maupun tetangga, inovasi usaha juga bisa dilakukan dengan menjual kue kering dalam satu paket yang telah tertata dengan rapi. Kue kering cenderung agak lama masa berlakunya. Jadi bisa banget jika ingin dijual secara online.

Berjualan gorengan yang tidak lekang oleh waktu

Ilustrasi berjualan aneka gorengan [sumber gambar]
Gorengan bisa dibilang menjadi makanan yang tak lekang oleh waktu. Keberadaannya bisa ditemui di momen apa pun, tak terkecuali saat bulan Ramadan. Di tengah ketatnya persaingan di bisnis tersebut, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah berinovasi pada jenis gorengan yang akan disajikan. Selain itu, menjualnya secara online juga bisa mendongkrak kesuksesannya. Tentu caranya adalah dengan memanfaatkan sosial media serta penyedia layanan pembelian melalui apps macam Gofood atau Grabfood. Di sisi lain, gorengan cukup murah dari sisi modal, jadi bisa dilakukan oleh semua orang.

BACA JUGA: Wajib Coba! Bisnis Musiman di Bulan Ramadan Jamin Dompet dan Tabungan Pahalamu Makin Tebel

Beberapa di atas memang tergolong bisnis musiman yang hanya akan ada atau ramai pembeli saat bulan Ramadan tiba. Namun, di antara usaha tersebut juga bisa dikembangkan secara jangka panjang dan tetap laris karena tak terpaku dengan trend atau momen-momen tertentu. Gimana Sahabat Boombastis, sudah siap mencoba?

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

5 Perempuan Terkaya Indonesia, Masuk Daftar Forbes hingga Punya Harta Rp 8 Triliun

Rayakan Kelulusan dengan Coret Seragam Saat Pandemi, Para Bocah SMA Ini Akhirnya Diciduk