Categories: Trending

4 Perempuan Tangguh di Masa Kini Pewaris Keberanian Ibu Kartini

Hari ini, 21 April adalah hari kelahiran salah seorang pahlawan di Indonesia yaitu R.A Kartini. Sosoknya menjadi pelopor emansipasi wanita di tanah air untuk mendapatkan hak pendidikan dan juga berkarya seperti kaum adam. Tidak salah jika hingga hari ini, sosoknya seperti di lirik lagu yang berjudul sama seperti namanya, harum dan dikenang sepanjang masa.

Baca Juga : 4 Wanita Perkasa Yang Masih Bergerilya di Plosok Indonesia

Inspirasi yang mengalir darinya terus tumbuh dan berkembang walau R.A Kartini telah lama tiada. Salah satunya adalah membuat para perempuan tidak takut untuk mengambil pekerjaan yang menantang nyali dan tidak kalah tangguh dengan laki-laki. 4 wanita ini akan membuka mata Anda bahwa kaum hawa tidak hanya bisa lemah lembut tapi juga kokoh bagai karang, berani menghadapi rintangan:

1. Bripda Nina, Tim Anti Teror yang Tak Takut Bom

Berita mengenai polisi berhijab satu ini sudah heboh sejak beberapa waktu lalu. Ia dengan gagah berani berlatih menjadi anggota dentasemen anti teror, menghalau musuh dan teroris serta siap menghadapi medan yang berbahaya dengan bom dan ranjau bertebaran di mana-mana. Nina bisa saja jadi perempuan yang bekerja kantoran tanpa harus bertaruh nyawa di lapangan, namun ia mengikuti kata hatinya untuk jadi wanita tangguh dan tidak takut akan ancaman.

Sosok Bripda Nina yang tangguh dan disiplin | copyright Merdeka.com

Detasemen Gegana Korps Brigade Mobil (Brimob) Polda Aceh harus bangga karena memiliki sosok Nina di dalam timnya. Ia tidak hanya cerdas tapi juga cepat tanggap dan tidak pernah malas-malasan. Nina membuktikan bahwa perempuan bisa menjadi apapun yang diinginkan, termasuk bergulat dengan kejahatan.

2. dr. Annissa Rosfadilla, Dokter Perempuan yang Bertugas di Pulau Terluar Indonesia

Jangan dibayangkan semua dokter bertugas di rumah sakit nyaman ber AC yang hanya berjarak beberapa kilometer dari rumahnya. Dr. Annissa Rosfadilla, perempuan cantik yang lahir di tahun 1988 ini mengabdi di TNI AU dan mendapat penugasan di pangkalan Landasan Udara di Tarakan. Bekerja di perbatasan dan jauh dari keramaian kota apalagi mall tidak membuat nyalinya ciut lho!

Annissa Saat Bertugas [via]
Justru Annissa sendiri yang jatuh cinta pada dunia kemiliteran. Usai studi di Universitas Gadjah Mada, ia mendaftar sebagai anggota TNI dan diterima. Kini tugasnya adalah untuk memeriksa kesehatan anggota TNI di sana. Baginya, jadi perempuan tidak boleh takut dengan jarak dan juga tempat tinggal. Ia justru menikmati setiap harinya saat bertugas, bertemu dengan banyak orang dan belajar bersyukur bahwa negaranya walau sangat luas tapi tidak ada peperangan. Sungguh pemberani ya!

3. Serda (K) I Gusti Ayu dan Serda (K) Renny Septiani , Menghalau Konflik dan Berjaga di Perbatasan Israel-Lebanon

Apa yang Anda bayangkan mengenai konflik Timur-Tengah? Mencekam, penuh dengan bom meledak di mana-mana dan hidup tidak aman sama sekali bukan? Hal itu tidak membuat Ayu dan Renny, dua Prajurit TNI dan Wanita (Wan) TNI Satgas Indobatt Konga XXIII-H/Unifi ini gentar. Mereka bersama pasukan lain, setiap hari giliran jaga di perbatasan daerah rawan konflik yaitu Israel dan Lebanon.

Prajurit Perempuan Berjaga di Perbatasan [via]
Israel dan Lebanon memang tidak memiliki masalah sepelik Israel dan Palestina, namun tetap saja kedamaian di sana tetap harus dijaga. Ayu dan Renny menikmati masa tugas mereka dan ramah terhadap penduduk lokal yang datang berkunjung ke sana. Bagi mereka, perempuan tidak boleh membatasi diri hanya karena gender. Mereka membuktikan bahwa wanita juga bisa tangguh dan dipercaya untuk bertugas sebagai pasukan perdamaian.

4. Serda Azmiatul Hasanah, Serda Tri Kusmawardani dan Serda Rizka Aulia Hardi, Gagah Berani Menantang Ombak Untuk Evakuasi Korban Air Asia

Tiga Srikandi ini masih muda, usianya baru 22 tahun, namun mereka dengan senang hati dan sigap saat ditugaskan untuk evakuasi korban pesawat Air Asia yang jatuh bulan Desember 2014 kemarin. Mereka tidak takut apapun saat berada di laut lepas, berusaha untuk mengambil jenazah-jenazah yang tenggelam di perairan lepas Pangkalan Bun. Tiga perempuan cantik ini sudah berkomitmen untuk memberikan pengabdian yang terbaik sekuat tenaga.

Trio Srikandi [via]
Tidak hanya gagah, mereka juga pintar masak lho! Saat libur evakuasi, mereka memasak untuk rekan-rekan lain di Kapal Republik Indonesia (KRI) Banda Aceh. Ombak yang ganas dan suasana laut yang tidak terduga tidak lantas membuat mereka takut. Salut banget!

Baca Juga : 9 Alasan Bangga Menjadi Orang Surabaya

Para perempuan ini menginspirasi kita semua untuk yakin pada kemampuan diri sendiri. Perempuan memang kodratnya menjadi ibu dan istri namun bukan berarti tidak bisa mengabdi bagi bangsa dan negara bukan? Mari tebarkan semangat perjuangan Ibu Kartini yang pemberani.

Share
Published by
Admin

Recent Posts

Dubai Dihantam Hujan Badai Sebabkan Banjir, Puluhan Nyawa Melayang

Jakarta banjir, sudah menjadi “acara” tahunan yang membuat banyak warga menjadi lebih “santuy” saat menghadapinya.…

1 day ago

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

2 days ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

4 days ago

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

6 days ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari…

3 weeks ago