Zaman sekarang, ada banyak sekali cara agar viral dan terkenal di dunia maya. Berbagai platform media sosial bisa membuat seseorang yang melakukan hal aneh menjadi perbincangan banyak netizen. Nah, baru-baru ini ada seorang perempuan muda yang tengah jadi perbincangan karena dirinya memakan sabun layaknya kebanyakan orang menikmati es krim.

Adalah Khosik Assyifa dalam akun Instagram pribadinya @ khosikmubarok, yang merekam dirinya makan sabun batangan dari beberapa merk yang berbeda. Video pertama aksi jilat sabun ini diunggah pada tanggal 8 Februari lalu. Merk pertama adalah Lux. Lengkap dengan caption ‘enak banget’, ia tampak menikmati sabun layaknya makanan enak, tak ada rasa jijik ataupun takut keracunan. Sabun tersebut awalnya dibasahi dengan air, lalu dijilat, busa-busa yang menempel di bibir dan mulutnya pun langsung ditelan dan dibersihkan dengan lidah.

View this post on Instagram

Enak banget 👍👍👍

A post shared by Khosik Assyifa (@khosikmubarok) on

Sehari setelahnya, ia kembali mengunggah video dirinya dengan sabun Lifebuoy. Dibuka dengan kalimat ‘Halo, kemarin ada yang request sabun Lidebuoy dong kak, katanya gitu’, seolah makan sabun tersebut merupakan request dari salah satu followersnya. Sama seperti sebelumnya, sabun berwarna merah tersebut dibasahi dengan air terlebih dahulu sebelum dimakan sari busanya.

Terakhir, merk yang ia makan adalah Giv berwarna putih. Kali ini caption uanggahannya sedikit berbeda karena ia menyinggung orang-orang nyinyir yang mengomentari aksinya tersebut. “Ini mulut orang yang kerjaan nyinyir harus disabun sampai berbusa….” begitu captionnya.

View this post on Instagram

Sabun lifebuoy…

A post shared by Khosik Assyifa (@khosikmubarok) on

Sontak saja, komentar netizen tambah ramai. Karena sebagian kita tentu menganggap sabun sebagai alat mandi dan membersihkan diri, bukan makanan lezat, tak heran jika banyak yang nyinyir dan eneg melihat aksi perempuan tersebut. @nunzahr: Miris banget, segitunya pengen viral.. Nih udah viral kan… Udah ya makan sabun nya, kan udah viral. Atau komentar lain seperti @khosiem_25: mungkin klo di benturin kepalanya ke pantat sapi sembuh itu orng wkwkwkwk. Tak hanya itu, banyak pula netizen yang request kepada si perempuan satu anak tersebut untuk minum cairan Kit, Bayclin, Dettol, Rinso, bahkan Asepso.

Sebelumnya, juga pernah ada kasus serupa di mana seorang perempuan asal Florida bernama Tempestt Henderson yang ketagihan makan sabun bantangan. Dalam satu minggu, ia bisa menghabiskan sekitar 5 batang sabun. Tak berhenti di situ ternyata, Tempest juga mengkonsumsi deterjen bubuk –yang menurutnya punya rasa yang asin dan manis. Saat ditanyai alasannya, Tempest menjawab bahwa memakan sabun atau deterjen bisa memberikan efek bersih di tubuhnya daripada hanya mandi dengan sabun.

Kasus serupa yang pernah terjadi di Florida [Sumber gambar]
Nah, ternyata, menurut dokter ahli, hal ini terjadi karena Tempest menderita penyakit yang disebut sebagai PICA. Dilansir dari kumparan.com, penderita PICA umumnya akan memakan benda yang sama sekali tidak bernutrisi misalnya kapur, sikat gigi, uang koin, baterai hingga besi.

BACA JUGA: 10 Makanan ‘Aneh’ Tapi Dianggap Bermanfaat dan Cuma Ada di Asia

Lalu, apa saja bahaya yang bisa ditimbulkan jika kebiasaan ini terus dilakukan? Berdasarkan penjelasan salah satu dokter ahli, dr Agus Harianto Sp A. makan sabun bisa mengiritasi lambung dan saluran pencernaan, sehingga akan menyebabkan gangguan saluran pencernaan berupa diare dan muntah, lama kelamaan anak bisa kekurangan nutrisi. Jadi, memang enggak ada manfaatnya ya, Sahabat. Kalau menurut kalian gimana nih?