Kita hidup di zamannya sosial media berkembang pesat. Mau tau kamu harus tetap mengikuti dong, jika tidak mau tertinggal jauh dari teman-teman. Sosial media ini tentu punya plus minus tersendiri bagi setiap penggunanya. Satu sisi sosial media bisa mempermudah pekerjaan sehari-hari, tapi di sisi lain ia juga berpotensi merusak tatanan kehidupan.

Tak hanya itu, kamu yang bukan siapa-siapun bisa dilirik dan dikenal oleh orang se-indonesia hanya melalui layar smartphone, kalau kata anak zaman now, viral. Ada segudang kejadian orang-orang yang viral di dunia maya. Untuk melakukan hal ini, kamu pun sebenarnya bisa. Caranya? Simak deh ulasan berikut!

Punya karya dan skill tingkat dewa

Yang pertama adalah punya karya dan kemampuan tingkat dewa.karya di sini tentunya hal yang bisa kamu banggakan dan mengangkat namamu hingga dikenal oleh publik ya, Sahabat. Ada jutaan manusia di Indonesia ini yang sebenarnya kreatif dengan karya mereka yang luar biasa. Sayang, kadang orang-orang seperti itu tidak terpapar media sosial, sehingga mereka ibarat mutiara yang tersembunyi di dasar laut.

Ina dan Rahmat Hidayat [Sumber gambar]
Adapun sosok viral yang selama ini sudah kita tau, seperti Zainatul Hayat, bocah SD yang punya suara emas saat bernyanyi. Selain Ina, ada lagi Rahmat Hidayat, difabel yang lumpuh tetapi bisa membuat desain baju setara dengan desainer ternama.

Melakukan hal unik yang tidak terpikirkan oleh orang lain

Pernikahan dengan mengundang musik dangdut, mahar seperangkat alat salat tentunya dilakoni oleh hampir semua pasangan di Indonesia. beda lagi halnya kalau mahar yang diberikan adalah sandal jepit, knalpot, atau pisang goreng, seperti beberapa pernikahan unik yang pernah terjadi di tanah air. Mereka mendadak menjadi buah bibir dan viral dibicarakan oleh orang se-Indonesia raya.

Mahar sandal jeppit [Sumber gambar]
Banyak orang kepo, ‘mengapa kok maharnya enggak alat salat saja, bukan sandal jepit swallow?’ Semua media juga memberi panggung untuk kisah mereka. Atau kejadian lain, orang kaya yang bagi-bagi duit dari atap rumah mereka. Hal-hal unik nan jarang dilakukan ini bisa saja membuat si pelaku menjadi viral di sosial media.

Membuat konten receh dan lucu

Beda generasi, beda pula hiburan. Jika kakek nenek kita dahulu menghibur diri dengan pergi menonton musik dangdut, atau melihat layar tancap, maka generasi sekarang cukup terhibur dengan konten receh di berbagai platform media.

Bang Ijal dan Mak Beti [Sumber gambar]
Nah, untuk si pelaku pembuat konten ini, pastinya ada imbalan setara yang akan mereka dapatkan, yaitu dikenal banyak orang. Contoh real saja seperti Bang Ijal TV. Menggeluti bidang content creator membuat namanya melejit dan terkenal. Ia juga diundang oleh berbagai stasiun televisi dan diajak berkolaborasi oleh berbagai media.

Hate speech dan nyinyir di media sosial

Yang terakhir adalah hate speech dan nyinyir di media sosial. Para netizen dengan tipe ini banyak sekali di Indonesia. Karena tidak setuju dengan publik figure atau seorang tokoh, mereka mulai berkoar dengan mencaci, menghina fisik, atau mengeluarkan kata-kata tak pantas lain. Enggak heran jika banyak sekali yang terkena UU ITE terkait perihal kurang bijaknya dalam berselancar di internet.

Pelaku nyinyir dan hate speech [Sumber gambar]
Pada akhirnya, tak ada yang bisa mereka lakukan selain bertanggung jawab atas apa yang sudah jempol mereka lakukan. Kalau dulu ‘mulutmu harimaumu’, zaman serbah canggih ini berubah menjadi ‘jempolmu harimaumu’.

BACA JUGA: Bukan Siapa-siapa, 8 Sosok Ini Mendadak Viral di 2018! Ada yang Karena Prestasi, Juga Sensasi

Kamu sangat bisa memanfaatkan berbagai media untuk memperkaya dan mempertajam skill. Toh, dengan adanya media, berbagai kebutuhan hidup juga bisa terbantu, bahkan ada yang penghasilannya berasal dari media sosial bukan? Asal jangan seperti poin ke-4 ya, hate speech dan nyinyir hanya akan menjebloskan kamu ke dalam penjara.