Makanan adalah kebutuhan utama manusia. Beragam makanan nikmat yang dapat kita santap sudah tak terhitung lagi jumlahnya.

Baca Juga : Sedapnya 8 Fakta Makanan Khas Indonesia yang Mendunia Ini

Tapi ada loh makanan unik dan aneh, yang rasanya “eksotis”, dan hanya bisa ditemukan di Asia. Walau kelihatannya nggak mungkin bisa dimakan, tapi ternyata banyak sekali peminatnya. Apa saja? Nih!

1. Sarang Burung

Tentunya bukan sarang burung biasa, makanan ini terbuat dari sarang burung walet. Biasanya burung walet membuat sarangnya dengan menggunakan air liurnya sendiri. Makanan ini sangat terkenal di China sejak jaman dahulu kala, dan merupakan makanan para kaisar dan keluarga istana. Karena itulah harganya sangat mahal. Satu mangkok kecil sup sarang burung bisa sampai berharga $100!

Sarang Burung
Sarang Burung [ImageSource]
Konon katanya sarang burung ini mempunyai khasiat yang boombastis, seperti pencegah penuaan, mengobati berbagai macam penyakit, dan sebagai penambah gairah seksual.

2. Beondegi (Ulat Sutra)

Di Korea, ulat sutra biasanya dikonsumsi sebagai jajanan ringan. Proses pengolahannya cukup dikukus atau direbus, lalu kemudian ada bumbu-bumbu tersendiri yang membuat rasanya jadi lebih nikmat.

Beondegi (Ulat Sutra)
Beondegi (Ulat Sutra) [ImageSource]
Harganya sekitar 500 sampai 2000 Won untuk satu mangkok. Makanan ini biasanya dijual oleh penjual jajanan di pinggir jalan, restoran, atau juga di tempat jualan minuman. Makanan ini juga dijual kalengan di supermarket serta toko-toko kecil. Kamu mau mencobanya?

3. Kopi Luwak

Luwak adalah sejenis musang yang suka memakan biji-biji kopi. Bebijian ini kemudian mengendap di dalam perutnya dan difermentasi secara alami dalam tubuh luwak.

Kopi Luwak
Kopi Luwak [ImageSource]
Saat luwaknya buang air, biji kopi ini rupanya masih utuh dan tidak hancur. Nah, biji kopi ini kemudian diolah menjadi minuman yang dikenal dengan kopi Luwak, salah satu kopi yang harganya termahal di dunia.

4. Balut (Telur bebek yang hampir menetas)

Makanan ini sangat terkenal di Filipina. Berupa telur bebek yang hampir menetas. Biasanya disajikan bersama bir. Cara pengolahannya adalah direbus dan dimakan saat berada di cangkangnya.

Balut (Telor bebek yang hampir menetas)
Balut (Telor bebek yang hampir menetas) [ImageSource]
Makanan ini adalah makanan yang cukup terkenal di beberapa negara Asia Tenggara lain seperti Laos dan Vietnam yang disajikan di pinggir jalan. Balut diambil dari bahasa Tagalog yang artinya sama dengan bahasa Melayu juga: bungkus/balut.

Baca Juga : 9 Fakta di Balik Makanan Pedas yang Selalu Bikin Lidahmu ‘On Fire’

5. Sannakji Hoe (gurita hidup)

Hoe berarti makanan mentah dalam bahasa Korea, dan Nakji berarti gurita kecil. Sannakji Hoe memang beneran gurita hidup yang dipotong-potong dan disajikan saat masih hidup. Disajikan dengan beberapa tambahan bumbu ringan seperti garam, dll.

Karena masih hidup, kadang tentakel gurita masih bekerja dan menempel di mulut dan tenggorokan. Hal ini bisa berbahaya karena bisa menyebabkan tersedak. Kamu harus benar-benar berhati-hati kalau ingin mencoba menu makanan ini.

6. Mebachi (Mata Ikan Tuna)

Emang mata ikan tuna enak? Katanya sih begitu. Orang jepang banyak yang suka, dan makanan ini hanya cocok buat mereka yang berlidah petualang. Kalo kamu gampang jijik dan mual, makanan ini gak boleh dicoba.

Mebachi (Mata Ikan Tuna)
Mebachi (Mata Ikan Tuna) [ImageSource]
Menurut laporan mereka yang udah pernah nyoba, Mebachi ini berlemak, dan rasanya “kaya”. Entah apa maksudnya. Mebachi ini bisa disajikan dalam bentuk yang bermacam-macam seperti sashimi, saus kecap, panggang, dll.

7. Tarantula

Di Kamboja, makanan ini termasuk ngetop. Ada sebuah kota bernama Skun di negara itu yang terkenal dengan Tarantula gorengnya.

Tarantula
Tarantula [ImageSource]
Katanya rasa tarantula goreng ini gak begitu kuat, malah mirip gabungan ayam dan ikan. Gak takut racun ya? Melihatnya saja sudah ngeri, tapi apakah kamu mau mencoba makanan unik ini?

8. Kelamin Kambing

Ya. Kelamin Kambing. Di China penyajiannya bisa bermacam-macam. Tapi kata mereka yang sudah pernah mencoba, rasa penis kambing agak tawar dan biasa-biasa saja.

Kelamin Kambing
Kelamin Kambing [ImageSource]
Sedangkan testisnya yang di Indonesia disebut “Torpedo” rasanya lebih nikmat dan berkhasiat. Torpedo ini katanya meningkatkan gairah lelaki, dan untuk wanita bagus untuk kecantikan kulit. Ada beberapa warung terpedo tradisional loh di Indonesia.

9. Arak Ular

Arak ini lumayan populer di Vietnam. Rasa dan baunya seperti daging busuk. Pembuatannya dengan cara merendam bangkai ular ke dalam setoples arak.

Arak Ular
Arak Ular [ImageSource]
Awalnya arak ini dikenal di China sejak jaman dahulu kala. Arak Ular ini dipercaya sebagai obat kesehatan yang sangat baik, dan juga merupakan obat kebotakan.

10. Otak Monyet

Gambar berikut diambil dari film Indiana Jones. Kami tidak berani menunjukkan gambar sebenarnya karena terlalu sadis. Otak Monyet ternyata dikonsumsi di beberapa negara seperti Afrika, dan Amerika Selatan.

Ilustrasi monyet [sumber gambar]
Tetapi makanan ini lebih populer di China dan beberapa negara di Asia Tenggara. Menurut rumor, otak monyet ini dikonsumsi saat sang hewan masih hidup. Masya Allah!

Alhamdulillah, muslim diperintahkan untuk memakan makanan yang halal, penyajian halal, penyembelihan yang berakhlak, serta memperlakukan hewan dengan sebaik-baiknya,

Baca Juga : 5 Hal Menjijikkan Ini Ternyata Diizinkan Ada di Makanan

“Sesungguhnya Allah mewajibkan berbuat ihsan (baik) dalam segala hal. Jika kalian membunuh maka bunuhlah dengan ihsan, jika kalian menyembelih, sembelihlah dengan ihsan. Hendaknya kalian mempertajam pisaunya dan menyenangkan sembelihannya.” (HR. Muslim).