Categories: Trending

10 Fakta Mencengangkan Tentang Perbedaan Pria Dan Wanita

Wanita dan pria memang diciptakan secara berbeda dari segi bentuk tubuh, gerak-gerik, hingga sifatnya. Meski saat ini kita hidup di zaman di mana keadilan dan persamaan hak hidup, namun perbedaan antara kedua kaum itu memang terpampang nyata dan tak bisa dipungkiri.

Berikut adalah beberapa fakta nyata yang menyebutkan jika kaum pria dan wanita itu memang sangat berbeda meski kadang kita mencoba memungkirinya.

1. Perasaan dan Logika

Menurut berbagai penelitian, wanita cenderung akan menggunakan perasaan mereka ketika menghadapi masalah atau stress berat. Itulah mengapa dalam sebuah lagu, ada lirik yang berbunyi, “Karena wanita ingin dimengerti.”

Perasaan dan Logika (c) list25.com

Sementara itu, pria akan lebih memakai logika dan alasan yang masuk akal untuk menyelesaikan problematika tersebut. Itu sebabnya pria seringkali menyelesaikan masalah dengan menembak langsung inti permasalahn. Tanpa sentimentil, tanpa drama.

Selanjutnya : 2. Perbedaan Pria Dan Wanita Dalam Perbuatan Kriminal

2. Kriminal

Wanita memiliki angka kriminal yang jauh lebih rendah dari para pria dalam berbagai macam kasus, entah itu pembunuhan, perampokan, pencurian, dan sebagainya. Justru, wanita dan anak-anak sering menjadi korban kriminalitas, karena dianggap lengah dan pertahanannya rendah.

Kriminal (c) list25.com

Mungkin dengan fakta demikian, kita berpikir bahwa pria lebih banyak terjerumus dalam kasus kriminalitas. Namun untuk masalah prostisusi, tingkat kriminal kaum pria jauh lebih rendah dari para wanita di seluruh dunia. Nah lho..

Selanjutnya : 3. Perbedaan Pria Dan Wanita Dalam Hal Matematika dan Seni

3. Matematika dan Seni

Karena memiliki korteks selebral otak yang jauh lebih besar, kebanyakan pria cenderung lebih mahir dalam membaca map, hitung-hitungan seperti matematika, dan tugas-tugas sejenisnya. Ini termasuk memberikan pengaruh, utamanya dalam hal menyelesaikan masalah, menyetir dan sebagainya.

Matematika dan Seni (c) list25.com

Lain halnya dengan wanita. Pernah dengar nggak kalau ibu-ibu menyetir motor di gang lebih ‘horor’ dari bapak-bapak menyetir truk di jalan raya? Hal ini karena seringnya wanita seperti punya ‘aturan sendiri’ dalam menyetir di jalanan. Di sisi lain, kaum wanita lebih mudah menguasai bahasa dan juga seni. Konon, mereka yang suka seni memiliki perasaan yang lebih sensitif dan peka. Setuju dengan yang satu ini?

4. Selera Humor

Pria sering menggunakan gurauan atau candaan untuk menarik perhatian lawan jenisnya. Kadang, gurauan ini sifatnya agak sedikit pervert atau jorok. Di sisi lain, kaum wanita jarang mencoba untuk mengatakan atau melakukan hal lucu. Kerap kali wanita menjaga image dan etika, sehingga membatasi diri dan terlihat kurang humoris.

Selera Humor (c) list25.com

Di mana hal ini menjadi alasan utama kenapa kaum pria berpikir jika para wanita itu tak punya selera humor sama sekali. Namun sekarang ini, perempuan lebih berani dan lugas dalam bercanda. Jadi, jangan kaget kalau ada perempuan yang bisa bercanda layaknya seorang lelaki. Uniknya, kalau sudah seperti itu, bisa bikin pria yang melihatnya ilfeel atau hilang feeling.

5. Percobaan Bunuh Diri

Statistik menyebutkan jika jumlah korban yang meninggal karena bunuh diri kebanyakan adalah kaum pria. Namun, laporan percobaan bunuh diri kaum wanita malah terjadi 3x lipat lebih banyak dari para pria.

Percobaan Bunuh Diri (c) list25.com

Salah satu penyebab hal ini adalah pemilihan senjata yang dipakai untuk percobaan bunuh diri. Ketika pria lebih cenderung menggunakan pistol, pisau, dan senjata sejenisnya, wanita cenderung memakai obat-obatan.

6. Perselingkuhan

Penelitian menyebut jika hasrat kaum pria untuk mempertahankan sebuah hubungan dengan pasangannya jauh lebih rendah daripada kaum wanita. Meski pada dasarnya, bila pria sudah jatuh cinta pada seorang wanita, maka selamaya perempuan itu akan ada di dalam hatinya, baik kisah cinta itu berlanjut atau tidak.

Perselingkuhan (c) list25.com

Hal ini juga yang menjadi landasan jika jumlah kaum pria yang selingkuh atau main serong jauh lebih besar daripada wanita. Banyak wanita yang merasa jadi korban diduakan dan diselingkuhi. Di sisi lain, ternyata seorang wanita lebih sering mencari ketentraman dan kenyamanan. Mungkin tidak seronga, tapi kalau ada pria yang lebih bisa menjamin masa depannya, wanita bisa meninggalkan cintanya demi pria seperti itu. Kalian setuju kah dengan yang satu ini?

7. Ingatan Hari Ultah

Survey menyebutkan jika kaum wanita cenderung lebih mudah mengingat hari-hari perayaan ulang tahun daripada kaum pria. Apalagi jaman sekarang. Tidak hanya ulang tahun, ada juga perayaan satu mingguan jadian, satu bulanan dan banyak peringatan khusus lainnya. Kalah deh tradisi hajatan.

Ingatan Hari Ultah (c) list25.com

Sebaliknya, pria akan lebih mudah ingat deadline tanggal pembayaran cicilan barang yang mereka beli. Jadi pria mungkin tidak akan terlalu ingat dengan tanggal-tanggal yang dianggap spesial bagi wanita. Kalau yang ini sepertinya bener banget, iya nggak?

8. Ikatan Batin Antara Bayi dan Orang Tua

Ibu biasanya memiliki ikatan batin yang lebih erat dengan bayi yang baru lahir daripada sang ayah. Hal itu dikarenakan sang ibu lah yang mengandung si jabang bayi selama 9 bulan di dalam perutnya. Pernah seorang bayi dinyatakan meninggal, namun setelah dipeluk ibunya, bayi tersebut menunjukkan tanda kehidupan kembali.

Ikatan Batin Antara Bayi dan Orang Tua (c) list25.com

Menurut beberapa penelitian, para kaum ayah tak akan punya ikatan batin yang kuat dengan bayi di beberapa bulan awal setelah kelahiran sang buah hati. Masuk akal. Akan tetapi, meski tak banyak bicara, ayah banyak peran di balik layar ketika anaknya tumbuh hingga dewasa.

9. Tinggi Badan

Pria cenderung lebih tinggi daripada wanita. Jika dirata-rata, tinggi pria di dunia ini sekitar 5’10 kaki atau 155 cm, sedangkan wanita 5’4 kaki atau setara 153 cm.

Tinggi Badan (c) list25.com

Hitungan angka tersebut terjadi berdasarkan fakta jika tulang-tulang kaum pria lebih berat dan besar ketimbang milik wanita.

10. Pria Sebagai Pemimpin

Saat ini MIT (Massachusetts Institute of Technology) tengah melakukan sebuah penelitian mengenai pengaruh perbedaan gender dalam hal kepemimpinan. Pria banyak mendominasi pemerintahan karena dianggap memiliki mind set dan logic yang lebih strategis untuk membawa sebuah golongan atau negara.

Pria Sebagai Pemimpin (c) list25.com

Sedangkan wanita masih menggunakan perasaan. Wanita yang cerdas dan terpelajar mungkin bisa ditunjuk sebagai pemimpin, tapi otorisasinya cenderung lemah atau kaku. Inilah penyebab banyak penguasa negara atau golongan adalah laki-laki.

Dari beberapa daftar di atas, beberapa hal mungkin bisa jadi perdebatan karena memang hanya berdasar penelitian-penelitian beberapa organisasi. Namun tak bisa dipungkiri memang jika wanita dan pria memiliki banyak perbedaan yang bukan cuma sekedar fisik belaka.

Apapun itu, perbedaan itulah yang membuat dunia ini jadi berwarna dan manusia bisa saling bersatu untuk hidup bersama. Lihat saja ayah dan ibu kita. Setuju?

Share
Published by
Guntur Aria

Recent Posts

Natasha Rizky Datang Dukung Desta Tanding Tenis, Netizen yang Baper

Kabar perpisahan pasangan artis Desta Mahendra dan Natasha Rizky sempat membuat khalayak heboh. Banyak yang…

4 months ago

Kasus Pencurian di Rosalia Indah, Setidaknya Ada 50 Kasus Kehilangan dengan Modus yang Sama

Belakangan viral kasus pencurian barang-barang berharga di armada perusahaan otobus (PO) Rosalia Indah. Berawal dari…

4 months ago

Riwayat Istri Habib Rizieq Meninggal Dunia Setelah Melawan Penyakit Komplikasi

Kabar duka datang dari Habib Rizieq Shihab. Sang istri tercinta menghembuskan napas terakhirnya dan meninggalkan…

4 months ago

Anak Perempuan Attila Syach Berhasil Kabur Setelah Diculik 3 Hari, Begini Kronologinya

Kabar tak mengenakkan datang dari keluarga Attila Syach. Anak dari mantan suami Wulan Guritno itu…

4 months ago

Buang Bantuan sampai Kabur, Perilaku Pengungsi Rohingya yang Membuat Warga Indonesia Geram

Rohingya merupakan kelompok etnis minoritas muslim yang ada di Myanmar. Sayangnya, di negaranya sendiri mereka…

4 months ago

Perempuan Ini Datang ke Pernikahan Bukan untuk Kondangan, tapi Mau Nagih Utang

Pernikahan seharusnya menjadi sebuah momen yang membahagiakan karena diharapkan dilakukan sekali seumur hidup dengan orang…

5 months ago