in

Indonesia di Peringkat 5 Dunia dalam Kecanduan Internet, Apa Sih Penyebabnya?

Kecepatan internet di Indonesia memang tidak lebih ngebut daripada Korea Selatan. Namun hal ini tidak melunturkan semangat orang-orang di negara kita untuk berselancar di internet. Buktinya, bumi pertiwi masuk ke peringkat lima dunia dalam penggunaan internet setiap harinya.

Entah kita harus bangga atau tidak dengan predikat satu ini. Karenanya, bisa dibilang Indonesia termasuk ke dalam negara yang sangat kecanduan internet. Kira-kira apa ya penyebabnya?

Menonton film yang mendorong diri ingin lagi dan lagi

Salah satu penyebab warga Indonesia selalu tertuju pada internet adalah film. Ya, dilansir dari laman The Guardian, jika sebagian warga Indonesia menghabiskan waktu untuk menonton film di internet sekitar delapan jam atau minimal 36 menit sehari.

Nonton film di internet [Sumber Gambar]
Ini dikarenakan sudah banyaknya website yang menyediakan film-film terbaru dengan kualitas cihuy. Maka dari itu, orang-orang lebih memilih nonton film dengan kuota daripada antri di bioskop.

Mencari informasi sebagai kebutuhan sekolah, pekerjaan atau pribadi

Internet yang bisa dikatakan sebagai sumber segala ilmu memang membuat kita jadi mudah melakukan suatu hal. Kalau ingin membuat kue, tinggal cari saja tutorial di youtube. Ada tugas dari sekolah ya cukup ketik di kolom pencarian google.

Mencari informasi di internet [Sumber Gambar]
Nah, dari sini secara tidak langsung warga Indonesia jadi ketergantungan dengan internet. Jadi tak heran kalau misalnya Indonesia masuk ke peringkat lima besar ketagihan internet.

Beragam media sosial yang membuat pengguna tak bisa lepas darinya

Dipetik dari detik.com, sekitar 40% orang di Indonesia adalah penggila media sosial. Ada beragam alasan yang dilontarkan oleh pengguna media sosial tersebut.

Bermain media sosial [Sumber Gambar]
Adalah media sosial sebagai penghubung dengan teman, mencari informasi tentang tempat nongkrong atau kuliner dan juga untuk hiburan semata. Berasal dari alasan-alasan itulah, warga Indonesia khususnya remaja menjadi kecanduan internet. Parahnya hal ini juga sudah menjalar ke anak di bawah umur.

BACA JUGA : Ekstrim, Pemuda Potong Tangannya Karena Kecanduan Internet

Jadi, itulah alasan-alasan mengapa Indonesia masuk ke peringkat lima dunia dalam kecanduan internet. Seharusnya dari predikat ini, kita bisa lebih mengendalikan diri dalam penggunaan internet. Sebab, banyak sekali dampak buruk jika kita sudah terlanjur kecanduan. Mulai dari susah untuk jauh dari smartphone hingga munculnya beberapa penyakit membahayakan.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Luar biasa, Atlet-atlet Ini Rela Sisihkan Pendapatan di Dunia Olahraga untuk Bangun Masjid

Polisi Tetap Tenang Meski Dimarahi si Perusak Motor, Ini Akibatnya jika Ia Melawan