Sering nggak sih kamu ngalamin lag saat memainkan sebuah game di ponsel? Jika iya, tentu hal tersebut menjadi sesuatu yang sangat menyebalkan karena mengganggu kenyamanan. Saat lag terjadi, bermain game serasa berat, gambar patah – patah, dan tak jarang hal ini membuat baterai menjadi panas secara tiba-tiba. Jika sudah begini, mau tidak mau ponsel harus di-restart agar game bisa kembali normal.

Jangan salah, terkadang hal tersebut tak cukup membantu untuk mengatasi game mengalami lemot alis lag. Kebanyakan, permasalahan ini dialami oleh mereka yang memainkan game online macam Mobile Legend (ML) ataupun Player Unknown Battleground (PUBG). Ada baiknya jika kita mengetahui penyebab dari lag alias lemot yang menggangu tersebut seperti ulasan berikut ini.

Koneksi internet yang kurang memadai

Ilustrasi internet lemot [sumber gambar]
Sudah lumrah dan wajar adanya. Jika anda sedang asik bermain game online, sebut saja misalnya seperti game PUBG, ML, dan sejenisnya. Jika koneksi internet tidak stabil dan buruk, maka sudah pasti game online yang dimainkan akan langsung menjadi mengalami lag. Jelas hal ini pasti akan sangat mengganggu kenyamanan kamu dalam bermain. Dari masalah ini, jelas sudah bahwa koneksi internet yang stabil sangat berpengaruh.

Kekurangan kapasitas RAM untuk menjalankan program

Ilustrasi RAM Android yang penuh [sumber gambar]
Jika memori RAM sudah penuh. Maka otomatis game yang anda mainkan akan menjadi sering lag dan lemot. Hal ini terjadi karena tidak ada cukup memori untuk menulis data sementara yang dipakai oleh game. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa membeli ponsel yang memiliki kapasitas RAM yang lebih besar. Salah satunya yang bisa jadi pilihan adalah salah satu varian Asus Zenfone Max Pro M1 dengan memori RAM sebesar 6 GB dan internal 64 GB. Tak hanya itu, ponsel yang memiliki baterai berkapasitas 5000 mAh ini juga dilengkapi chipset snapdragon 636. Cukup gahar untuk melibas game online macam PUBG dan ML. HP ini pun cukup murah harganya untuk sekarang.

Suhu panas pada baterai juga mempengaruhi kinerja ponsel

Ilustrasi baterai HP Android panas [sumber gambar]
suhu smartphone android yang terlampau panas, berpotensi membuat game yang dimainkan bakal terganggu. Hal ini dikarenakan menurunnya performa hardware dari ponsel android yang digunakan. Akibatnya, game yang dimainkan akan mengalami lag. Di samping itu, suhu yang terlalu panas juga membuat sistem mematikan dirinya secara otomatis.

Aplikasi aktif di belakang layar yang jarang disadari

Ilustrasi aplikasi di belakang layar yang berjalan [sumber gambar]
Salah satu hal remeh dan jarang disadari hingga membuat game di Android lemot adalah, banyaknya aplikasi yang berjalan di belakang layar (background). Alhasil, RAM yang harusnya fokus menulis data dan menjalankan game, harus membagi kapasitasnya untuk aplikasi yang lain. Jika terjadi penumpukan, maka aplikasi yang tengah dijalankan (game) akan terganggu kinerjanya.

Memori ponsel yang terlalu penuh

Ilustrasi memori penyimpanan penuh [sumber gambar]
Membiarkan memori ponsel penuh, adalah Kebiasaan buruk yang mungkin sering tanpa sadar terus dilakukan. Meski tak sampai merusak ponsel, jangan salah kawan. Hal inilah yang menjadi satu dari sekian penyebab lemotnya saat bermain game. Karena tidak ada cukup ruang bagi game untuk menulis data yang dihasilkan dari kegiatan yang dilakukan, Biasanya game akan langsung force close saat dibuka, dengan pesan “memori penuh”.

BACA JUGA: Enggak Harus Baru, Ini 4 Smartphone 2018 yang Masih Kece di Tahun 2019

Nah, kalau sudah ngerti penyebab lag pada androidmu saat bermain game, sudah saatnya kamu mulai perhatian sama gadget yang digunakan. Seperti tips di atas, kamu bisa mulai menyetting androidmu sebaik mungkin, agar kenyamanan bermain game tidak terganggu. Tapi kalau ada duit lebih sih, mending upgrade smartphone flagship sekalian..hehehe..