in

Bisa Seperti Baru Lagi, Ketahui Jurus Jitu untuk Atasi Handphone yang Mulai Lemot

Handphone lemot menjadi hal mutlak kalau sudah digunakan lebih dari dua tahun lamanya. Biasanya sih yang sering terjadi adalah membuka aplikasi jadi sangat lambat seperti keong. Hal tersebut jadi sangat menyebalkan, apalagi kita sedang butuh-butuhnya membuka aplikasi itu. Ingin memperbaiki di tempat servis rasanya males, mau beli baru pun juga tak mampu.

Walaupun kita beli ponsel semahal apapun, tidak menutup kemungkinan kalau handphone bisa lelet seperti siput. Sebab, ponsel sudah mulai berusia tua dan telah banyak terinstal aplikasi yang sebenarnya tak penting. Namun, kekhawatiran kalian bakal hilang dalam sekejap nih karena ada beberapa cara supaya ponsel kesayangan tidak lemot.

Menghapus aplikasi tak terpakai biar ada kelegaan dari memori

Hapus aplikasi yang tidak perlu [Sumber Gambar]
Salah satu penyebab dari android lemot biasanya adalah karena kebanyakan aplikasi. Ya, sebenarnya sih sah-sah saja untuk memasang aplikasi apapun di handphone kalian, tapi jika ada yang jarang atau tak pernah terpakai lebih baik dihapus saja. Lantaran aplikasi itu bisa menghabiskan memori dan secara tidak langsung handphone bisa menjadi lelet. Meskipun kapasitasnya kecil, tapi kalau dihapus bisa berguna juga kok. Dengan begitu, aplikasi yang berjalan di background ponsel akan berkurang dan perlahan handphone bisa tidak lemot lagi.

Rajin membersihkan ruang penyimpanan internal agar ponsel kinerjanya lancar

Harus membersihkan data sampah [Sumber Gambar]
Mungkin beberapa di antara kalian sering malas untuk membersihkan ponsel dari yang namanya file sampah. Padahal, itulah sumber utama dari kelemotan handphone kalian Saboom. File-file sampah akan terus bertambah setiap harinya karena kita kerap membuka atau menginstal aplikasi. Jangan kalian kira kalau aplikasi yang ada di ponsel tidak menimbulkan sampah. Nah, kalau sudah begitu, data tak terpakai tersebut akan menumpuk setiap harinya dan membuat ponsel jadi semakin lambat kinerjanya. Jadi, alangkah lebih baiknya kalau kalian setiap hari membersihkan file tersebut setiap hari minimal satu kali. Jangan hanya ingin memakai saja, tapi tidak merawat ponselnya ya Saboom.

Kartu memori eksternal wajib diperhatikan apakah berjalan baik atau tidak

Cek kinerja kartu memori [Sumber Gambar]
Penyebab dari ponsel lemot enggak hanya berasal dari handphone-nya saja lho Saboom. Keleletan bisa saja terjadi karena kartu memori eksternal tidak berjalan dengan baik. Misalnya saja kartu memori baru terkena virus, jadi tidak bisa berjalan normal. Nah, maka dari itu kita bisa mengatasinya dengan beberapa cara. Pertama, bisa dengan scan kartu memori eksternal menggunakan aplikasi. Kalau dirasa cara itu tidak dapat menghilangkan virus, bisa memakai cara kedua. Cara kedua adalah dengan memformat kartu memori eksternal. Eitss.. tapi jangan langsung diformat ya, file-file penting kalian harus dipindahkan terlebih dahulu supaya tidak hilang. Dengan kedua cara itu, bisa membuat ponsel lebih berlari kencang daripada sebelumnya.

Meng-update OS handphone supaya ponsel lebih segar

Harus tepat waktu dalam update OS [Sumber Gambar]
Banyak orang menganggap kalau OS pada ponsel hanya untuk tampilan saja. Namun, sebenarnya OS itu punya peranan penting lho bagi handphone kalian. Jika ada bagian OS yang rusak sedikit saja, bisa membuat kinerja dari ponsel melambat. Untuk itu, dari sekarang kita harus lebih banyak memperhatikan OS dari handphone kita. Apabila sudah waktunya untuk meng-update OS ke tingkatan yang baru, harus segera diperbarui Saboom. Jangan sampai kita membiarkan handphone tetap pada OS yang lama. Bukan karena hanya ingin mengikuti perkembangan zaman saja, sebab OS yang baru biasanya mempunyai efektivitas cukup baik bagi ponsel daripada sebelumnya. Jadi, harus rajin-rajin cek kapan OS harus di-update ya.

Cara terakhir ya dengan factory reset

Melakukan factory reset [Sumber Gambar]
Kalau keempat cara di atas tidak bisa mengatasi kelemotan pada handphone, cara terbaik adalah dengan factory reset. Mungkin ini caranya tergolong ekstrem ya, tapi banyak juga kok orang yang melakukan hal ini. Lantaran kondisi handphone akan kembali seperti semula saat kita baru membelinya. Jadi, tidak heran kalau orang-orang melakukan hal ini karena tak akan sia-sia. Tapi, hal yang perlu diingat sebelum melakukan factory reset adalah jangan lupa untuk menyimpan data-data penting terlebih dahulu. Lantaran data-data tersebut akan menghilang setelah dilakukan factory reset.

Bisa disimpulkan kalau handphone lemot itu gara-gara pemiliknya sendiri. Terkadang kita terlalu berlebihan untuk menginstal aplikasi yang sebenarnya tidak terlalu penting. Lalu, bisa juga karena kita sangat malas untuk merawat hal-hal kecil pada handphone seperti membersihkan fie sampah. Jadi, mulai sekarang harus rajin-rajin untuk menjaga handphone. Ponsel tidak hanya untuk digunakan saja, tapi jangan lupa untuk merawatnya juga.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Inilah yang Bakal Dirasakan Rakyat Indonesia Jika Tenaga Asing Ambil Alih Lapangan Kerja

Muncul Kembali, 5 Hal Hebat Ini Membuat Tsubasa Remake Patut Untuk di Tonton