in

Bisa Nyanyi Suara Cowok Sekaligus Cewek, Tukang Becak Ini Viral dan Terkenal Mendadak

Semua orang boleh bisa punya skill bernyanyi yang bagus dan memukau saat tampil di atas panggung, namun masalah suara khas itu beda lagu bahasannya. Kalau menurut para pakar yang bergelut di dunia tarik suara, orang yang punya warna suara khas jauh lebih dicari dibanding mereka yang bagus saat menyanyikan sebuah lagu.

Kemampuan warna suara unik ini ternyata dimiliki oleh seorang pria asal Gampong Uteun Bayi, Kecamatan Banda Sakti, Lhokseumawe, Banda Aceh. Berkat video viral yang beredar di salah satu akun Instagram @faktanyamusik. Dari postingan tersebutlah, si bapak yang kerap disapa Wak Rul ini dikenal oleh banyak orang. Seperti apa profilnya? Yuk, simak uraian berikut!

Awal mula bisa menyanyi dengan dua suara

Nama lengkapnya Nasrul Whab, orang-orang terdekat memanggilnya dengan sapaan Wak Rul. Kepada tim Hitam Putih ia mengatakan bahwa dirinya memang punya kegemaran menyanyi dan main musik. Bahkan Wak Rul dulunya sempat punya band dan berjaya pada masanya, loh. Hanya saja dengan semakin bertambah usia, ia tak lagi menyanyi sesering dulu. Ia mengatakan bahwa suara cewek yang ia punya diawali oleh pengalaman ketika SMP.

https://www.instagram.com/p/BsRu_XplXIK/

Ketika disuruh menghafal lagu kebangsaan, mau tak mau hal tersebut harus dilakukan saat malam, setelah jam sekolah. Nah, kendalanya, jika menyanyi di malam hari dengan suara cowok, hal itu bisa jadi mengganggu tetangga. Karenanya, Wak Rul mengecilkan suaranya sehingga bisa menirukan suara perempuan.

Bayaran untuk satu kali manggung

Walaupun sekarang tak lagi bernyanyi dalam band, ia tetap hobi melakukan hal tersebut. Di luar pekerjaannya, Wak Rul tetap bersedia jika ada orang yang memintanya untuk bernyanyi. Kebanyakan lagu yang ia hafal adalah genre dangdut atau melayu. Bahkan seperti yang viral di Instagram, ia menyanyikan lagu ‘Pertemuan’ dalam sebuah acara. Video yang viral itu sendiri merupakan rekaman rekan kerjanya ketika Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) di Banda Aceh pada Agustus 2018 lalu.

Menyanyi dari panggung ke panggung ternyata tak membuatnya mendapat banyak uang. Jika memang diundang dan diminta menyanyi, Wak Rul paling banyak hanya mendapatkan 150 ribu rupiah saja.

Datang dari ekonomi yang sulit

Wak Rul ternyata datang dari keluarga yang ekonominya cukup sulit. Ia sekarang menjabat sebagai tenaga honor di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lhokseumawe, Aceh. Gajinya yang didapat per bulan hanya 500 ribu saja, itupun dibayar per 3 bulan satu kali. Hal tersebut tentunya tidak mencukupi untuk tetap membuat dapur mengepul dan menyekolahkan anak.

Wak Rul yang viral [Sumber gambar]
Untuk itu, Wak Rul menyiasatinya dengan pekerjaan sampingan sebagai tukang becak di pagi hari, sebelum ia berangkat ke kantor pada jam 8 pagi.

Kaget saat mendapat undangan dari hitam putih

Kini unggahan akun @faktanyamusik sudah ditonton oleh 444,277 viewers. Karena banyak orang yang mention Hitam Putih, seminggu lalu Wak Rul mengaku bahwa ia mendapat pesan Whatsapp dari tim acara yang dipandu oleh Deddy Corbuzier itu. Namun, karena takut penipuan, ia mengabaikan pesan tersebut.

Perjalanan ke Jakarta [Sumber gambar]

Hingga ia kemudian dipertemukan dengan salah satu reporter Trans TV yang ada di Aceh, Taufiqurrahman, barulah ia percaya undangan tersebut. Ia mengaku terharu, karena hal tersebut merupakan impiannya dari dahulu. Akhirnya, ke Jakarta dan hadir di acara Hitam Putih, Wak Rul ditemani oleh Reporter Trans TV, Taufiq.

Apakah punya suara seperti cewek sebuah kelainan?

Jauh sebelum Wak Rul eksis, kalian mungkin mengenal Hudson, penyanyi yang punya dua suara dan dua wajah (lelaki dan perempuan). Itu artinya, memang ada orang yang punya suara unik seperti itu. Namun, apakah hal tersebut merupakan kelainan?

Hudson Prananjaya [Sumber gambar]
Kalau dari pernyataan Hudson sebagai seorang penyanyi, suara itu memang punya warna tersendiri. Hal tersebut bisa terjadi kepada penyanyi manapun, jadi bukan merupakan keahlian khusus atau kelainan pita suara.

BACA JUGA: Ingat Hudson Penyanyi ‘Bermuka Dua’? Lama Tak Terlihat, Begini Kabarnya Sekarang

Wak Rul kini dikenal oleh banyak orang. Harapannya, setelah diundang ke Hitam Putih, semoga ia bisa menaikkan ekonomi keluarganya dan kembali sering tampil di panggung untuk bernyanyi. Sukses terus ya, Wak Rul!

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Kontroversi Jembatan Selat Bali, Ditolak Sekaligus ‘Dicintai’ demi Kemajuan Pembangunan

Inilah 4 Pemain Jebolan Kompetisi Top Eropa yang Menghiasi Sepak Bola di Indonesia