Masih ingat kasus Vina Garut yang menghebohkan beberapa waktu lalu? Kini peristiwa tersebut kembali menjadi perbincangan seiring dengan kematian salah satu aktor yang terlibat di balik pembuatan video esek-esek tersebut. Dikabarkan, AK alias Rayya, salah yang menjadi satu tersangka diberitakan telah meninggal dunia. Meski demikian, pihak Kepolisian memastikan proses hukum kasus tersebut tetap berlanjut.

Dilansir dari Detik Health, Rayya yang juga dikenal sebagai bos salon itu menderita penyakit HIV (Human Imunodeficiency Virus). Ngerinya lagi, tidak ada obat yang berfungsi untuk menyembuhkan infeksi tersebut hingga saat ini. Selain ditimbulkan dari pergaulan bebas, HIV juga bisa menyebar dengan beragam cara. Bahkan, mereka yang kerap terjerumus ke dalam pergaulan bebas, juga rentan mengidap penyakit mematikan yang tak kalah serius dengan HIV. Hmmm, kira-kira seperti apa ya? Simak ulasannya yang dikutip dari laman Hellosehat berikut ini.

Klamidia yang bisa menginfeksi mata

Ilustrasi virus Klamidia [sumber gambar]

Saat berhubungan intim dengan mereka yang tidak kita kenal, resiko terpapar bakteri Chlamydia trachomatis akan semakin besar. Ya, kuman inilah yang nantinya bakal tumbuh menjadi penyakit Klamidia (chlamydia), yang ditularkan melalui kontak dengan mulut, vagina, penis, atau anus. Horornya lagi, Klamidia tidak hanya menginfeksi alat kelamin, tapi bisa juga menjangkiti mata dan menyebabkan terjadinya peradangan selaput mata (konjungtivitis). Hal ini sendiri disebabkan jika cairan vagina atau sperma yang terinfeksi terkena mata.

Gonorea alias penyakit kencing nanah akibat cinta satu malam

Ilustrasi penyakit Gonorea [sumber gambar]

Setelah Klamidia, penyakit Gonorea alias kencing nanah menjadi salah satu yang paling banyak diidap. Bakteri Neisseria gonorrhea, merupakan penyebabnya yang biasanya berpindah dari satu orang (yang terinfeksi) ke orang lain lewat kontak dengan mulut, vagina, penis, atau anus. Jelas, penyebaran penyakit ini ditularkan melalui hubungan intim. Utamanya mereka yang hobi gonta-ganti pasangan alias cinta satu malam.

Sipilis yang mampu menyebabkan keruskakan permanen pada otak

Ilustrasi bakteri sipilis [sumber gambar]

Saking banyaknya yang mengidap, penyakit ini sampai dibuat menjadi lagi oleh band Jamrud yang berjudul “Senandung Raja Singa”. Ya, penyakit yang juga disebut sebagai sipilis itu mampu menginfeksi kulit, mulut, alat kelamin serta sistem saraf akibat bakteri Treponema pallidum. Ngerinya, sifilis ternyata bisa menyebabkan kerusakan permanen pada otak, sistem saraf serta organ lainnya, termasuk jantung.

Herpes yang gejalanya jarang disadari

Virus Herpes saat dibesarkan dengan mikroskop [sumber gambar]

Ciri-ciri bagi mereka yang mengalami penyakit ini adalah, adanya bentol-bentol berair pada alat kelamin, anus atau mulut. Khusus untuk dua yang disebutkan terakhir, penularannya disebabkan saat berhubungan intim lewat cara anal dan oral. Disebabkan oleh virus herpes simpleks 2 (HSV 2), penyakit ini tergolong silent (diam) karena mereka yang terserang virus ini tidak mengetahui bahwa sedang terinfeksi. Tidak adanya gejala atau tanda apapun menjadi penyebab dari ketidaksadaran tersebut.

Infeksi HIV yang belum ditemukan obatnya hingga kini

Anatomi virus HIV [sumber gambar]

Seperti yang kita tahu, salah satu pelaku dalam video Vina Garut bernama Rayya, diberitakan telah meninggal dunia. Diketahui, dirinya ternyata mengidap infeksi HIV dan penyakit lainnya yang tak kalah mematikan. Karena menyerang imunitas tubuh, jelas HIV sangat berbahaya. Penularannya sendiri terutama berasal dari kontak cairan tubuh seperti darah, sperma, melalui perilaku seksual, dan penggunaan jarum suntik.

BACA JUGA: Gaetan Dugas, Pria Asal AS yang Diduga Menjadi Penyebar Virus HIV AIDS Pertama di Dunia

Jika dicermati, penyakit yang diderita oleh mereka yang melakoni gaya hidup pergaulan bebas, sejatinya merupakan bentuk teguran dari Tuhan agar menjauhi perbuatan negatif tersebut. Terlebih, salah satu penyakit yang ada ternyata belum memiliki obat sebagai penyembuh. Hiii…masih berani mainan ‘cinta satu malam’? Kayaknya enggak deh ya Sahabat Boombastis.