mencari pekerjaan saat ini membuat banyak orang melakukan hal nekat. Salah satunya ya melakukan sebuah modus penipuan. Kini modus penipuan terbaru terjadi di wilayah Pati, Jawa Tengah. Diunggah di akun facebook Yuni Rusmini, sebuah video menayangkan aksi dari pelaku penipuan tersebut di sebuah toko penjualan pulsa dan aksesoris ponsel.

Di sana terdapat seorang laki-laki yang ingin membeli pulsa dan langsung membayar dengan uang pecahan seratus ribu. Lalu si penjual pun mencarikan uang kembalian untuk si bapak. Dengan pasti si penjual langsung memberikan uang tersebut kepada bapak-bapak tadi. Nah, sambil berbicara dengan sang penjual, si bapak langsung memasukkan uang ke dalam dompet.

Modus uang kembalian di Pati [Sumber Gambar]
Tapi ada yang aneh di tayangan tersebut. Tangan kiri dari si bapak ini mengambil alih sebagian uang untuk dimasukkan ke dalam kantong. Lalu akhirnya pria tersebut bilang ke pedagang pulsa kalau kembaliannya kurang. Si pedagang sempat tak terima lantaran ia merasa sudah memberikan kembalian dengan jumlah yang benar. Sempat terjadi cekcok sedikit, karena pedagang mengira uang tersebut jatuh atau terselip. Namun setelah uang dicek ke mana-mana dan tidak ketemu, alhasil perempuan berjilbab tersebut mengambil lagi kembalian yang kurang.

Pedagang yang jadi sasarannya [Sumber Gambar]
Duh, ada-ada saja sih modus penipuan zaman sekarang. Demi mendapat uang, si bapak rela menipu penjual. Fenomena ini pun akhirnya menuai banyak komentar dari para netizen. Banyak yang bilang kalau modus satu ini sudah banyak beredar di mana-mana. Bahkan sebelum video ini viral, banyak masyarakat yang sudah mengalaminya. Wah, bener-bener kudu diwaspadai nih. Terutama untuk orang yang berprofesi sebagai pedagang.

Uang kembalian diberikan sebaiknya sehelai demi helai [Sumber Gambar]
Tapi modus culas ini bisa kita hindari kok Sahabat Boombastis. Pertama, kalau memberikan kembalian, sebutkan juga nominalnya. Nah, hal ini bisa membuat si pelaku penipuan jadi sungkan dan mati kutu untuk menjadikan kita sebagai mangsanya. Lalu yang kedua, hindari memberikan uang kembalian secara bersamaan. Berikan helai demi helai untuk meyakinkan pembeli bahwa uang yang kalian kembalikan jumlahnya sesuai.

BACA JUGA : Inilah 7 Potret Aneka Modus Penipuan ATM, Wajib Tahu Kalau Ingin Uang di Rekeningmu Selamat!

Itulah tadi modus penipuan yang kini sedang viral. Cukup simple ya tapi bisa merugikan orang banyak. Nah, maka dari itu kita perlu sekali untuk mewaspadai modus satu ini. Tapi peristiwa tersebut enggak hanya bisa dialami oleh pedagang lho. Kita sebagai orang awam juga tak luput dari penipuan ini. Misalnya ketika ada orang tak dikenal. tiba-tiba menukar uang kepada kita. Ya lebih baik ucapkan saja tidak punya uangnya. Jadi, tetap berhati-hati dalam kondisi apapun ya Sahabat Boombastis.