Inilah 7 Potret Aneka Modus Penipuan ATM, Wajib Tahu Kalau Ingin Uang di Rekeningmu Selamat!

Sebelum transaksi ada baiknya pastikan ATM tersebut aman ya, daripada berakhir ZONK!

oleh Faradina
13:00 PM on Jul 1, 2017

Automated Teller Machine, atau ATM sudah jadi salah satu kemajuan teknologi yang vital sejak beberapa dekade. Membuat orang tak harus membawa segepok uang, tapi bisa mengambil seperlunya di mesin ini sewaktu-waktu dibutuhkan. Tapi, jaman makin maju, kriminalitas makin canggih juga nih.

Di setiap ATM pasti terdapat petugas penjaga dan CCTV, di mana kecil kemungkinan penipuan dilakukan. Tapi faktanya, sudah banyak kasus serupa kita temukan selama ini. Nah untuk menghindari kejadian yang demikian, di bawah ini ada beberapa jenis modus penipuan yang kerap dilakukan. Juga ada beberapa cara membedakan ATM palsu dan tidak yang sudah dilansir dari boredpanda.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Bantuan alat skimming

Alat skimming [image source]
Ada berbagai cara yang sering dilakukan pelaku dalam kasus penipuan ATM, salah satunya adalah memasang alat skimming atau pemindai magnetik. Bila si skimmer sudah dipasang, alat tersebut akan secara otomatis mencatat data milik korban. Sehingga nantinya pelaku juga bisa mengakses data ATM korban tersebut.

Kamera pengintai di tempat tak terduga

Kamera tersembunyi [image source]
Di bagian tombol angka ATM seringkali kita melihat adanya penutup kecil. Sebagian dari kalian pasti yakin bahwa fungsi penutup itu adalah untuk merahasiakan saat tangan kita memencet tombol pin. Namun tidak ada salahnya untuk melakukan pengecekan ulang, karena terkadang juga ada pelaku yag memasang kamera pengintai di bagian tersebut.

Kamera tersembunyi di tempat tak mencurigakan

Kamera pengintai [image source]
Selain pada bagian penutup tombol angka, pastikan juga di sekitar monitor. Tidak jarang para pelaku menyembunyikan kamera di bagian atas monitor untuk mengecek jalannya transaksi calon korban. Ada tidaknya kamera tersembunyi itu biasanya ditandai oleh lubang kecil tak wajar di bagian tertentu. Jadi, lebih waspada ya.

Mengganjal ATM

Mengganjal ATM [image source]
Cara lain yang biasa dilakukan adalah dengan mengganjal kartu ATM. Biasanya masalah akan terjadi di bagian slot kartu ATM. Modusnya adalah pura-pura menawarkan pertolongan pada korban agar bisa melakukan transaksi. Dan pada akhirnya sang pelaku bisa mengetahui pin kartu ATM korban dan menyalahgunakannya.

Perangkap uang

Perangkap uang [image source]
Tidak hanya di bagian tombol angka maupun slot kartu saja yang bisa ‘diakali’ oleh pelaku, tempat mengeluarkan uang pun bisa saja jadi korban. Tidak sedikit juga pelaku yang memasang perangkap pada bagian keluarnya uang tunai, jadi dia bisa dengan mudah mengambil uang korban tanpa kecurigaan.

Skimmer di tombol angka

Tombol angka [image source]
Alat pemindai magnetik ternyata juga bisa dipasang di bagian tombong angka. Jadi pelaku akan mendapatkan data korban saat tombol-tombol itu mulai ditekan. Maka dari itu jika kalian merasa ada yang tidak beres pada bagian tombol-tombol angka, coba cari saja ATM lainnya supaya lebih aman.

Skimmer di bagian bukti transaksi

Lubang bukti transaksi [image source]
Struk bukti transaksi mungkin sering kita abaikan selama ini. Tapi ternyata bagian ini juga tidak lepas dari modus penipuan ATM pelaku lho. Mereka ternyata juga sering meletakkan pemindai magnetik pada bagian lubang keluarnya struk bukti transaksi.

Memasang alat pemindai magnetik, kamera tersembunyi, pengganjal kartu, serta perangkap uang merupakan empat contoh modus pencurian uang pada ATM yang selama ini terjadi. Maka dari itu mulai sekarang tidak ada salahnya untuk memastikan bahwa semua hal aman sebelum melakukan transaksi. Meski nantinya akan sedikit lebih lama, tapi kan itulah cara yang aman. Lebih baik berlama-lama karena melakukan pengecekan agar tak tertipu daripada harus terburu-buru dan zonk.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya
BACA JUGA