Pancasila merupakan dasar negara kita, yang mana ketika dahulu merumuskannya diperlukan perjuangan yang berat. Bahkan sampai harus ada pertumpahan darah melawan penjajahan Belanda dan Jepang dalam perjalanannya. Namun, kini nasibnya begitu tragis, karena banyak masyarakat yang perlahan meninggalkannya dan jarang mengamalkan isinya. Tidak jarang pula ada segelitir kelompok yang ingin menggantinya. Fakta tersebut tentu merupakan ancaman serius untuk kita semua.

Pasalnya, dengan lunturnya nilai-nilai Pancasila di tengah-tengah masyarakat Indonesia berpotensi menimbulkan konflik di negara ini. Meski kondisinya mulai memudar di benak masyarakat tanah air, namun beberapa orang manca malah memberikan apresiasi tinggi terhadap ideologi tersebut. Tak hanya itu saja, bahkan banyak dari mereka juga takjub akan kandungan isi Pancasila yang menurutnya mampu mengikat keragaman. Lalu bagaimana Pancasila di mata dunia? Simak ulasannya berikut.

Orang Italia akui Pancasila sebagai Ideologi yang dapat dicontoh negara lain

Berbagai negara tentu memiliki pandangannya terhadap sistem wilayah lain. Hal ini mungkin yang menjadikan orang Italia begitu kagum dengan dasar negara kita tersebut. Pada kunjungannya ke Indonesia Prof Marco Impagliazzo mengatakan, bahwa Pancasila merupakan hal yang harus diperlihatkan oleh Indonesia kepada negara lain. Sebab, dapat menjadi  sebuah model bagus untuk negara lain.

Marco Impagliazzo [Sumber Gambar]
Tidak berhenti di situ pada pernyataan Profesor yang merupakan anggota komunitas Sant Edigo ini juga ingin mempromosikan Pancasila ke dunia internasional. Tentu fakta itu menjadi hal yang patut kita banggakan, karena ajaran Pancasila nantinya dapat dirasakan oleh masyarakat dunia.

Pancasila sebagai Ideologi terbaik abad ini 21

Pengakuan dunia akan pancasila juga disampaikan oleh seorang ilmuwan asal Eropa, yang dengan gamblang mengakui bahwa pancasila merupakan Ideologi demokrasi sosial merupakan paling cocok di abad ini.

Thomas Mayer sedang berbicara [Sumber Gambar]
Ilmuwan bernama Thomas Mayer juga menambahkan bahwa dasar negara kita merupakan suatu hal yang sangat layak dipertahankan. Dia berkaca dari krisis ekonomi yang pernah dialami Jerman pada 2008 yang penyelesaiannya dengan demokrasi sosial. Bukti ini tentu menjadi bukti untuk kita bahwa dasar negara kita sangat hebat.

Delegasi Budha dunia belajar Pancasila

Beberapa tahun lalu, pada kunjungan pemeluk agama Budha dari Jepang dan Amerika Serikat, dalam acara untuk menggali bagaimana penerapan Ideologi Pancasila. Hal yang bisa dikatakan unik, karena ada beberapa orang dunia mau belajar tentang dasar negara kita.

Ilustrasi Kunjungan degelasi budha [Sumber Gambar]
Dalam kunjungan yang diwakili oleh ketuanya yaitu Thomas Mayer itu, ia mengatakan bahwa sangat kagum dengan cara Pancasila membangun kerukunan agama. Hal ini tentu menjadi tamparan keras untuk anak muda zaman now yang kerap acuh dengan Pancasila. Lebih parahnya lagi,  banyak yang kerap tidak hafal bunyi-bunyi sila yang terkandung pada dasar negara kita ini.

Konselor Politik Kanada juga ikut kagum dengan Pancasila

Setali tiga uang dengan orang-orang tadi Konselor Kanada juga takjub dengan dasar negara kita ini.  Menurut Helena Viu yang  prinsip-prinsip Pancasila telah menegaskan betapa pentingnya persatuan dan kemanusiaan.

konselor-kanada [Sumber Gambar]
Bagian yang sangat dikaguminya adalah bagaimana ideologi itu mampu menciptakan kerukunan antara umat beragama di negara kita. Berkaca dari kondisi tadi sudah sewajarnya kita sebagai negara yang beragama mampu menghormati satu sama lain. Karena hanya dengan bersatulah Indonesia kuat.

Raja Salman mengakui bahwa Pancasila alat pemersatu

Indonesia merupakan negara yang sangat beragam ada banyak suku dan budaya di dalamnya. Tak ayal membuat pemimpin bangsa negara lain kerap iri dengan Bumi Pertiwi. Mengutip pada laman NU online, bahkan berkat hal tersebut Indonesia  mendapatkan pengakuan langsung dari pemimpin Arab Saudi.

Raja Salman [Sumber Gambar]
Beliau mengatakan lewat Pancasila perbedaan yang ada di Indonesia dapat untuk disatukan. Berangkat dari fakta tersebut, memang seharusnya kita menangkap dan menindak tegas untuk orang yang sering melecehkan dasar kita ini.

BACA JUGA: Viral, Tulisan Gadis SMA Soal Agama dan Pancasila Ini Bikin Banyak Orang ‘Tertampar’

Beragam tanggapan dunia akan Pancasila tentu dapat dijadikan sebuah semangat untuk kita dalam menjaganya. Karena dengan pancasila bangsa kita dapat menyatu. Jadi dengan tidak melecehkan, membuat mainan dan mengerti isinya kita sudah ikut menjaganya.  Hal ini juga menjadi penting karena berkat dasar negara kita ini kita dapat hidup rukun di antara beribu budaya dan suku.