in

Tanpa Bukti Kuat, Kakek Pemulung Ini Dituduh Mencuri Dompet Seorang Warga hingga Dianiaya

Kasus korban salah sasaran masih saja kerap terjadi. Orang yang tidak tahu apa-apa, malah menjadi sasaran kekesalan masyarakat. Penyebabnya cukup sepele, akibat tuduhan tidak mendasar dari masyarakat.

Pengalaman pahit ini pernah dialami oleh seorang kakek warga asal Kabupaten Majalengka. Tanpa bukti yang jelas dan kuat, ia dituduh mencuri dompet salah seorang warga. Bagaimanakah kisahnya? Simak selengkapnya di artikel ini.

Seorang pemulung yang sedang kesulitan ekonomi

Kejadian ini dialami oleh seorang pemulung yang diketahui bernama Caslim. Lokasi tepatnya berada di Desa Cibogor, Kecamatan Ligung, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Kakek Caslim difitnah telah mencuri dompet salah seorang warga.

Warga mengintimidasi kakek Caslim [sumber gambar]
Caslim belakangan diketahui sedang mengalami kesulitan ekonomi. Apalagi sang istri yang saat ini sedang sakit stroke. Apa yang telah dilakukan warga terhadap Caslim, malah menambah beban deritanya.

Video penganiyaan viral di media sosial

Video penganiyaan Kakek Caslim sempat menghebohkan warga Majalengka, setelah videonya tersebar di media sosial. Nampak di video tersebut, seorang kakek yang hanya mengenakan celana pendek dan kaos mendapat perlakuan kasar dari warga.

Kakek pemulung difitnah mencuri dompet [sumber gambar]
Video berdurasi 21 detik itu diunggah oleh musisi Erwin Moron ke akun Instagram miliknya, yakni @erwinmoron_official. Dalam unggahannya tersebut, Erwin melakukan open donasi untuk kakek malang tersebut. Ia juga berencana akan membantu sang kakek agar tidak menjadi pemulung lagi.

Open donasi untuk Kakek Caslim

Banyak pihak menyesalkan dan prihatin atas tindakan yang telah dilakukan warga terhadap Kakek Caslim. Pasalnya, perasaan praduga terhadap seseorang yang belum diketahui kebenarannya secara pasti, masih saja terjadi.

Masih sering terjadi aksi main hakim sendiri [sumber gambar]
Selain Erwin Moron, bentuk kepedulian juga ditunjukkan oleh HMI Cabang Majalengka. Seperti diutarakan oleh ketuanya, yakni Agi Muhlis Bahari, ia mengajak kepada masyarakat untuk sama-sama ikut membantu Kakek Caslim.

Tuhan punya cara yang tidak disangka untuk menolong hambanya

Apa yang kita alami, pasti ada sebuah hikmah yang bisa kita petik. Asalkan kita melihatnya dari dua sudut pandang yang berbeda. Jangan hanya melihat dari satu sudut pandang saja, agar kita bisa memetik hikmahnya.

Pemulung (ilustrasi) [sumber gambar]
Seperti apa yang dialami oleh Kakek Caslim. Setelah apa yang menimpa dirinya, sang kakek mendapatkan jalan rezeki yang tidak diduga sebelumnya. Kakek Caslim mendapatkan bantuan donasi dan kemanusiaan atas inisiatif dari beberapa pihak.

BACA JUGA: Bela Diri karena Kaki Disetrum Pencuri Ikan, Mbah Minto Malah Meringkuk di Tahanan Polisi

Atas kejadian ini, banyak warganet yang mengaku geram dan mengecam tindakan yang dilakukan warga yang main hakim sendiri. Semoga kejadian ini bisa diambil sebagai pelajaran, sehingga tidak ada lagi kejadian main hakim sendiri.

Written by Hendra Digital

Uniknya Molossia, Negara Kecil Berukuran Tak Sampai 1 Hektar dengan Penduduk Cuma 32 Orang

Viral Rumah Lapis Emas di Sumsel, Mulai dari Dinding sampai Semua Perabotan Serba Emas