Memiliki wajah yang enak dipandang tak cuma jadi impian para perempuan, lelaki pun turut mendambakannya. Tak melulu guna menjadi obyek perhatian. Memiliki wajah yang menawan dianggap sebagai kunci utama untuk tampil percaya diri dalam berbagai kesempatan dan meraih kesuksesan. Tak ayal pria modern juga banyak yang melakukan perawatan “spesial” ke berbagai pusat kecantikan yang saat ini sudah gencar mempromosikan pelayanan wajah atau fisik secara keseluruhan bagi kaum adam.

Akan tetapi, apa jadinya jika ada seorang pria yang ingin terlihat tampan namun dengan menempuh cara yang sedikit keliru? Karena minder dengan wajahnya yang dipenuhi cacar air, seorang pemuda asal Malaysia memutuskan untuk “menentang kodrat” dengan melakukan operasi plastik bernilai ratusan juta rupiah demi agar wajahnya tampak memukau bak sebuah karakter kartun Jepang. Sayangnya, usahanya tersebut malah menuai hujatan skala nasional. Seperti apa kisah miris selengkapnya?

Mendapat hinaan tiada henti dari masyarakat luas

Amirul Rizwan Musa adalah seorang pemuda berusia 21 tahun. Ia berasal dari Kelantan, negeri tetangga kita, Malaysia. Pemuda tersebut kini sedang menjadi bulan-bulanan warga negaranya setelah semenjak sepekan lalu beredar luas di media sosial foto-foto yang menunjukan betapa radikal transformasi wajahnya setelah ia menjalani operasi plastik.

Sebelum dan sesudah. [Image Source].
Pria yang di dunia maya punya nama samaran Miyyo Rizone ini, jadi sasaran hujatan warganet karena dinilai tak mensyukuri pemberian Tuhan. Besar kemungkinan, di Malaysia stigma terhadap pelaku operasi plastik, terutama pria, masih sangat kental dirasakan, tak berbeda jauh dengan di negara kita.

Dalam sebuah wawancara dengan surat kabar asal Malaysia, The Harian Metro, Amirul mengaku bahwa dinding Facebooknya dipenuhi oleh ujaran kebencian dari khalayak ramai. Bahkan, beberapa orang datang langsung ke tempat kediamannya, di kota Kelantan hanya untuk menghinanya secara langsung dan terang-terangan. Amirul mengatakan bahwa hujatan yang ia tuai telah menguras emosinya.

Operasi plastik dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan dirinya

Amirul diketahui merupakan seorang beauty-preneur, khususnya yang menjual kosmetik kecantikan. Dan semenjak ia menjadi figur kontroversial di negeri Jiran tersebut, sebagian kliennya memutus hubungan kerja sama dengan dirinya secara sepihak. Atas kejadian ini, Amirul alias Miyyo meminta kepada masyarakat untuk memahami serta tak mempermasalahkan apa yang telah ia lakukan terhadap bentuk wajahnya saat ini.

Cacar air membuatnya tidak percaya diri. [Image Source].
Secara terus terang, ia berujar bahwa dirinya tak punya secuil pun niat mengubah wajahnya menjadi seperti karakter anime, laiknya klaim media. Justru, ia hanya ingin agar operasi tersebut menutupi bekas cacar air yang sulit sekali hilangnya sejak ia terserang pada usia 16 tahun. Sebab kondisinya saat itu, begitu memprihatinkan dan telah mereduksi kepercayaan dirinya hingga ke titik terendah.

Meski ia pun mengakui bahwa kecintaannya terhadap dunia anime sedikit banyak telah memengaruhi penampilan wajahnya saat ini. Sehingga, diputuskanlah untuk menjalani operasi plastik dengan berkiblat pada karakter anime bernama Squall Leonhart, dalam seri Final Fantasy.

Total biaya diperkirakan mencapai 600 juta rupiah!

Untuk diketahui, Amirul telah menjalani operasi plastik semenjak tahun 2014 atau ketika umurnya menginjak usia 17 tahunan. Berbicara soal biaya, kabarnya ia telah menghabiskan koceknya senilai hampir 600 juta rupiah untuk operasi plastik ini. Hanya saja yang bersangkutan sampai saat ini masih tak mau mengonfirmasi rumor ini.

Udah mirip belum ama karakter animenya? [Image Source].
Soal dari mana duit itu berasal, Amirul mengatakan bahwa dananya diperoleh dari profesinya sebagai model. Profesi tersebut didapatnya setelah ia memenangkan kompetisi kecantikan online bernama Ulzzang Asia pada 2012 lalu. Jangan lupakan juga lini produk bisnis kecantikannya yang tampaknya laris diburu pembeli.

Tak hanya masyarakat, kerabat terdekat juga ikut menghujat

Tak cuma masyarakat, kerabat terdekatnya juga ikut mengutuk keputusannya dalam mengambil langkah ini. Beruntung, kedua orang tua Amirul menerima keadaan anaknya yang wajahnya telah dipermak habis-habisan.

Yay or nay? [Image Source].
Kabarnya Miyyo alias si Amirul ini bakal kembali menjalani operasi plastik. Entah untuk semakin menyamakan wajahnya dengan karakter fiksi, atau mencoba menjadi karakter lain. Meski hujatan datang menghujam silih berganti, ia tetap mensyukuri penampilannya saat ini dan akan terus tegar menghadapi kritik negatif orang-orang.

Itulah sedikit uraian singkat dari kisah Amirul a.k.a Miyyo yang tak puas dengan penampilannya dan memutuskan untuk menempuh “jalan pintas” dengan melakukan operasi plastik. Dari sini kita mungkin telah mendapat sedikit pelajaran berarti, bahwa dalam setiap keputusan yang kita ambil kita tak boleh hanya memikirkan keuntungan yang akan kita peroleh, namun juga harus siap menanggung segala akibat atau cibiran yang akan kita rasakan nantinya.