Pemerintah Belum Bisa Menggratiskan Vaksin HPV

oleh didi
08:26 AM on Oct 29, 2014

Pemerintah Belum Bisa Menggratiskan Vaksin HPV Dikarenakan Harganya Terbilang Mahal

Selain kanker payudara, kanker serviks juga menempati peringkat tertinggi penyakit kanker yang paling banyak di derita wanita di Indonesia. Berdasarkan data terakhir WHO Globocan, kanker serviks merupakan jenis kanker nomor dua tersering yang menyerang perempuan Indonesia setelah kanker payudara. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi HPV atau Human Papilloma Virus.

Kementerian Kesehatan (Kemkes) mencatat, berdasarkan Sistem Informasi RS (SIRS), jumlah pasien rawat jalan maupun rawat inap karena mengidap kanker serviks mencapai 5.349 orang sekitar 12,8 persen. Menteri Kesehatan Nila Moeloek menyampaikan pemerintah masih belum bisa memberi subsidi untuk vaksin kanker serviks mengingat harganya yang masih terbilang cukup tinggi.

Baca Juga
6 Bencana Terbesar di Indonesia Ini Menjadi Penanda Pergantian Tahun yang Kelam
Dulu Dikenal Gembong Teroris Sadis, Begini Nasib Umar Patek Sekarang Yang Cinta NKRI

Untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap virus HPV, pemberian vaksin sebetulnya merupakan hal yang penting. Namun amat disayangkan harga vaksin itu tergolong mahal, sehingga tidak semua orang mampu mengaksesnya. Pemerintah Indonesia pun hingga saat ini belum bisa menggratiskan vaksin HPV seperti yang dilakukan negara lain.

“Masih mahal, saya terus terang belum bisa untuk vaksin kanker serviks, belum bisa dilakukan pemerintah Indonesia,” kata Menteri Kesehatan Nila Moeloek usai serah terima jabatan di gedung Kantor Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, Selasa (28/10).

Menkes menerangkan untuk mengantisipasinya, pertama kali yang bisa diberikan adalah metode IVA (inspeksi visual dengan aplikasi asam asetat) yang bisa dilakukan di Puskesmas. Menurutnya, pemerintah sebetulnya telah memberikan fasilitas untuk melakukan deteksi dini melalui layanan screening kesehatan oleh BPJS Kesehatan di fasilitas kesehatan tingkat pertama.

“IVA masih menjadi alternatif untuk kanker serviks. Kita bekejasama dengan Yayasan Kanker Indonesia seluruh indonesia dan BPJS Kesehatan. Tapi saya tidak lupa bahwa Bupati Badung, Bali telah memberikannya pada anak-anak SMA disana tapi SMP belum karena belum cukup dananya. Totalnya masih mahal,” jelasnya.

Staf Pengajar Obstetri dan Ginekologi di FKUI-RSCM, dr Andi Darma Putra, Sp.OG (K) Onk dalam seminar kesehatan yang digelar MSD Indonesia mengatakan, fasilitas deteksi dini yang diberikan pemerintah merupakan hal yang penting, sebab kanker serviks pada stadium awal tidak menimbulkan gejala atau tanda khusus apapun.

“Karena infeksi HPV sebagai penyebab utama kanker serviks ini biasanya tidak menunjukkan gejala, banyak yang tidak tahu kalau dirinya sudah terinfeksi. Bahkan hampir 70 persen kanker serviks ditemukan dalam kondisi stadium lanjut. Pada stadium tersebut tingkat keberhasilan terapi semakin kecil dan biaya yang dibutuhkan sangatlah mahal,” kata Andi Darma.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya
BACA JUGA