Google Doodle Rayakan 100 Tahun Penemu Vaksin Polio Jonas Salk

oleh didi
08:18 AM on Oct 29, 2014

Ada sesuatu yang berbeda pada tampilan halaman Google search. Nampak sebuah gambar seorang dokter yang dikerumuni oleh anak-anak bernama Jonas Salk. Tampilan Google Doodle kembali berubah, terlihat spesial dengan menampilkan aktivitas Jonas Salk sebagai dokter peneliti medis sekaligus penemu vaksin polio. Tampilan kartun ini untuk merayakan 100 tahun lahirnya Jonas Salk.

Jonas Salk adalah seorang dokter peneliti medis dan virolog berkebangsaan Amerika Serikat. Jonas Salk dikenal melalui penemuan dan pengembangan vaksin polio pertama yang aman dan efektif. Sebelum vaksin polio ditemukan, jumlah penderita penyakit yang menyebabkan kelumpuhan di Amerika mencapai 45.000 orang. Kebanyakan dari mereka adalah anak-anak.

Baca Juga
Kabar Siti Rohmah, Si Kasir Minimarket Cantik yang Kini Sukses Menjelma Menjadi Model
4 Harta Karun Indonesia di Luar Negeri, Konon Bisa Bikin Bumi Pertiwi Langsung Kaya

Dia bernama lengkap Jonas Edward Salk lahir pada tanggal 28 Oktober 1914 di New York, Amerika Serikat. Orang tua Salk adalah imigran Yahudi asal Rusia biasa disebut Ashkenazi Jewish. Jonas Salk kecil tumbuh dan dididik dalam budaya Yahudi.

Google-Doodle-Rayakan-100-Tahun-Penemu-Vaksin-Polio-Jonas-Salk
Google-Doodle-Rayakan-100-Tahun-Penemu-Vaksin-Polio-Jonas-Salk

Salk tinggal di Harlem Timur, kemudian pindah ke Bronx dan akhirnya menetap di Queens. Ketika menempuh sekolah medis di Universitas New York, Jonas langsung melakukan penelitian medis bukan untuk menjadi seorang dokter praktik. Dia sering melakukan penelitian terhadap virus bagi bidang kesehatan. Bahkan sebelum membuat vaksin polio, Salk pernah mengembangkan vaksin flu yang kemudian dipakai Angkatan Darat Amerika.

Pembuatan vaksin polio dimulai pada tahun 1947 ketika dia mulai bekerja di laboratorium penelitian virus milik Universitas Pittsburgh. Vaksin buatannya pertama kali diujicobakan pada monyet kemudian pasien polio di salah satu tempat penampungan pasien polio. Bahkan Salk dan keluarganya mengajukan diri sebagai bahan percobaan untuk vaksin polio. Untung, vaksin itu tidak menimbulkan gangguan kesehatan.

Pada tahun 1954, vaksin polio tersebut diberikan pada jutaan anak di seluruh Amerika. Baru pada tahun 1955, vaksin itu benar-benar dinyatakan aman dan efektif menangkal polio. Ketika itu, polio dipandang sebagai masalah kesehatan masyarakat yang paling menakutkan di Amerika Serikat. Wabah tersebut semakin memburuk dan korbannya adalah anak-anak.

Dia mendirikan Institut Salk untuk Pengkajian Biologi di La Jolla pada tahun 1963 yang kini menjadi pusat penelitian medis dan sains. Dia terus melakukan penelitian dan menerbitkan buku. Beberapa bukunya yang populer antara lain Man Unfolding (1972), The Survival of the Wisest (1973), World Population and Human Values : A New Reality (1981), dan Anatomy of Reality (1983).

Jonas Salk meninggal pada tanggal 23 Juni 1995, di La Jolla, California dengan usia 80 tahun. Jasadnya dimakamkan di El Camino Memorial Park, San Diego.

Saat ini, vaksin polio telah menyebar di seluruh belahan dunia dan menjadi salah satu vaksin wajib bagi anak-anak. Salk tidak pernah mematenkan vaksin polio tersebut. Salk hanya ingin vaksin buatannya bisa didistribusikan seluas-luasnya ke seluruh dunia.

Oleh karena itu, Google turut serta memperingati hari ulang tahun ke-100 bagi Jonas Salk. Google mencoba mengingatkan pada seluruh netizen tentang pengorbanan dan kontribusi besar Jonas Salk sang pahlawan internasional itu.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis
BACA JUGA