Selain Tuyul dan Mbak Yul, sinetron lain yang tak kalah laris manis di era 2000-an adalah Jin dan Jun. Kisahnya sama persis dengan si tuyul, mengisahkan persahabatan antara Jin dan manusia. Petualangan Jun dan Om Jin pertama kali muncul pada tahun 1996.

Junaedi yang ketika itu menemukan sebuah botol lalu membuka tutupnya mendadak didatangi keajaiban. Yap, si Om Jin yang sudah lama terpenjara akhirnya mengabdikan dirinya sebagai bentuk terimakasih. Puluhan tahun berlalu, begini loh sekarang kabar mereka!

Sahrul Gunawan, Junaedi idola kaum hawa

Dulu Vs Sekarang [Sumber gambar]
Sosok Junaedi diperankan oleh Sahrul Gunawan, ketika itu usianya baru 20 tahun. Berbekal wajah tampan nan lugu, ia sukses menjadi idola kaum hawa ketika itu. Berkat sinetron Jin dan Jun pula, nama Sahrul Gunawan bisa dikenal dan kariernya menanjak. Bahkan, ia mendapatkan penghargaan sebagai Bintang Potensial Tabloid Bintang 1997. Setelah petualangan di Jin dan Jun selesai, ia sempat bermain di beberapa sinetron bersama bintang kenamaan seperti Agnez Mo. Sekarang Sahrul masih aktif di layar kaca sebagai seorang presenter.

M. Amin, Om Jin yang baik hati

Dulu Vs Akhir Karier [Sumber gambar]
Sosok Om Jin yang baik hati dan suka menolong diperankan oleh M. Amin. Bisa dibilang bahwa aktingnya sebagai pendamping Jun sangat ciamik dan patut diacungi jempol. Sayang, kesuksesannya tak bertahan lama, setelah pensiun dari dunia hiburan, artis berdarah Pakistan ini hidup sangat memprihatinkan. Tinggal di lingkungan padat Jakarta Barat membuat makan sehari-harinya saja harus berutang. Pada tahun 2013, ia menghembuskan napas terakhirnya dan luput dari perhatian orang-orang.

Fuad Baradja, Ayah Jun yang bertransformasi menjadi aktivis antirokok

Dulu Vs Sekarang [Sumber gambar]
Sosok yang paling dekat dengan Jun selain Om Jin adalah ayahnya. Untuk pemeran ini, Fuad Baradja adalah aktor yang dipercaya menjadi orangtua Junaedi. Ia sejak lama sudah meninggalkan hiruk pikuk dunia hiburan, pada 2015 lalu Fuad merilis sebuah buku yang berjudul Two Thumbs Up! Buku ini membahas segala hal yang berhubungan dengan rokok. Tetap istiqomah hingga sekarang, ia menjadi aktivis antirokok yang tergabung dalam Lembaga Menanggulangi Masalah Merokok (LM-3) Jakarta.

Ibu Jun yang sudah tutup usia tahun 2015 lalu

Misye saat meninggal dunia [Sumber gambar]
Peran ibu Jun dilimpahkan kepada Misye Arsita, pedangdut senior sekaligus mantan pemain Srimulat. Sosok Misye dianggap sangat pantas menjadi pasangan Fuad Baradja dalam sinetron ini. Nah, selain Om Jin, ibu Jun juga sudah meninggal dunia pada tahun 2015 lalu. Seperti dikutip dari Bintang.com, Misye dinyatakan meninggal dunia di salah satu RS di Kediri karena sakit yang disebabkan gejala benjolan di ketiaknya, kelenjar TBC serta paru-paru.

Desy, kakak Jun yang sekarang fokus ngurus keluarga

Dulu Vs Sekarang [Sumber gambar]
Selain Junaedi, Pak Bondan dan Bu Wati punya anak sulung perempuan yang bernama Desy. Desy ini diperankan oleh Mira Asmara. Sosok Desy yang cantik adalah idola lain setelah Jun. namun, di musim kedua Mira Asmara sudah tidak lagi bermain dalam sinetron ini. Namanya pun jarang sekali terdengar. Sekarang, Mira nampaknya lebih fokus mengurus anak serta bisnis kuliner dan kecantikannya bersama sang suami. Momen kebersamaan mereka bisa kamu lihat di instagram pribadi Mira Asmara.

Wah, ternyata puluhan tahun sudah ada dua sosok yang meninggal dunia Sahabat. Kelakuan Jun dan kebaikan Om Jin pastinya bisa membuatmu mengingat kenangan masa kecil dulu kan? Kalau penulis sih dulu suka dan pasti nonton, saking ngefansnya sampai pernah punya tas yang dipakai setiap ke sekolah. 🙁 🙁