Ditandai dengan laga PSS Sleman Vs Arema FC pada Rabu (15/5), akhirnya Liga 1 2019 yang sempat alami penundaan resmi dihelat. Tercatat ada 18 klub yang ikut berpartisipasi dalam kejuaraan sepak bola paling bergengsi Indonesia tersebut. Seperti yang sudah-sudah semua pesertanya terlihat menyiapkan timnya dengan maksimal. Hal ini dibuktikan dengan bongkar pasang skuad dan aktivitas transfer yang dilakukan oleh klub tanah air.

Ngomong-ngomong masalah tersebut, pada umumnya klub-klub tanah air memperkuat skuadnya dengan mendatangkan pemain asing. Pesepakbola impor dipercaya bisa meningkatkan kemampuan sebuah kesebelasan. Berkat kondisi tersebut, tidaklah mengejutkan kalau kini banyak ditemui pemain tersebut yang berharga mahal. Bahkan kerap membuat tim-tim di Indonesia harus merogoh kocek untuk mendatangkannya. Nah, masih terkait hal tersebut, berikut beberapa pesepakbola asing berharga mahal di Liga Indonesia.

Tembus miliaran kapten PSM buat tim peminatnya berpikir ulang

Wiljan Pluim bermain untuk PSM [Sumber Gambar]
Salah satu pemain asing berharga fantastis di Liga Indonesia tahun 2019 adalah Wiljan Pluim. Kapten klub asal Sulawesi yaitu PSM Makasar tersebut mempunyai bandrol sebesar 400 ribu pounds atau setara dengan Rp 6,4 miliar. Kabarnya nilai besar tersebut didapatkannya setelah beberapa waktu melakukan pendatangan kontrak baru dengan Juku Eja (julukan PSM). Selain berbandrol mahal, Pluim juga masuk kategori pemain berstatus marquee player. Dimana sebelum di PSM, sempat berkarier di salah satu kompetisi atas Eropa.

Ikuti jejak rekannya, Marc Klok harganya juga tembus miliaran

Marc Klok bersama PSM Makasar [Sumber Gambar]
Seperti mengikuti jejak rekannya tadi, Marc Anthony Klok juga jadi sosok pesepakbola impor mempunyai harga miliaran. Di mana pemain berposisi sebagai gelandang ini mempunyai harga jual sebesar sebesar 400 ribu pounds atau setara dengan Rp 6,4 miliar. Jumlah yang tergolong sepadan untuknya, apabila melihat perannya di lini tengah PSM Makasar. Selama berseragam Juku Eja, pesepakbola 26 tahun ini sudah mencatatkan lebih dari 28 pertandingan, dengan mampu antarkan PSM selama dua musim bertengger di posisi papan atas klasemen Liga 1 Indonesia.

Penyerang Persib Bandung asal Negara Chad

King Eze saat berkostum Persib Bandung [Sumber Gambar]
Setali tiga uang dengan nama tadi, angka miliaran juga menjadi mahar harus dibayarkan klub peminat apabila ingin memboyong penyerang andalan Persib Bandung Ezechiel N’Douassel. Aktor lapangan hijau asal negara Chad Afrika ini mempunyai harga sebesar 550 ribu pounds atau setara dengan Rp 8,8 miliar.Fisik oke dan kemampuannya yang jebolan menjadi alasan kenapa pemain berjuluk King Eze ini mendapatkan harga setinggi itu. Dalam kariernya di Indonesia, pria 31 tahun ini telah sukses menciptakan lebih dari 21 gol dan 37 penampilan.

Pemain baru Madura United Jaimerson hampir tembus 10 miliar

Jamie dengan brand lokal Indonesia [Sumber Gambar]
Angka yang tidak kalah besar juga dimiliki oleh legiun asing terayar Madura United yaitu Jaimerson Da Silva Xavier. Bahkan bandrol pemain asal Brazil ini hampir menyentuh angka 10 miliar. Angka besar itu sendiri kabarnya dipengaruhi oleh prestasi Jaime beberapa tahun silam, yang mana langsung mampu antar Persija Jakarta rasakan gelar. Selain itu, dirinya juga terkenal kokoh dalam menggalang pertahanan. Hal ini dibuktikan dengan buat Persija jadi tim paling sedikit kemasukan gol di Liga 1 2018. Usut punya usut harga Jamie Da Silva adalah 600 ribu pounds atau sekitar Rp9,6.

Legiun asing Bali United Brwa Nouri jadi termahal

Brwa Nouri pemain mahal [Sumber Gambar]
Dari sekian nama tadi, punggawa Bali United asal Irak ini menjadi yang termahal. Dilansir Boombastis dari Indosport.com, harga Brwa Nouri sebesar 650 ribu pounds atau setara dengan Rp10,4 miliar. Reputasinya sebagai pemain masuk kategori marquee player jadi penyebab harganya melambung. Selama bermain untuk tim Bali, Nouri telah catatkan lebih dari 15 laga. Dan di laga pembuka Liga 1 2019 selalu menjadi pilihan utama coach Stefano Cugurra Teco untuk mengisi lini tengah Bali United.

BACA JUGA: Kisah Miris Pemain Asing Berprestasi yang Hidupnya Terlunta-lunta Ketika Bermain di Indonesia

Berkaca dari ulasan tadi, agaknya bukan rahasia lagi kalau sekarang perputaran uang di sepak bola sangat besar. Hal tersebut sedikit membuktikan kalau sepak bola, tumbuh jadi sebuah olahraga yang berlabel industri. Kalau melihat nama-nama tadi, menurut kalian pantas tidak mereka punya harga tersebut?