Tidak bisa dipungkiri, kualitas para pemain muda Indonesia memang tidak terbantahkan. Buktinya sampai-sampai tim sekelas Leceister memberikan pujian ketika timnas muda berlaga. Alhasil bukan hal yang aneh kalau nantinya bakal banyak pencari bakat yang tertarik dengan mereka untuk diboyong keluar negeri.

Bukan hanya sekedar omongan, rupanya hal itu memang benar terjadi. Buktinya sudah banyak tunas bangsa yang memang sudah menimba ilmu di Eropa. Alhasil, timnas Indonesia kelak memiliki harapan baru agar makin berjaya di kanca luar negeri. Iniloh sekian pemain muda berbakat yang tahu-tahu sudah merumput di luar.

Rendy Juliansyah yang akan terbang ke Belanda

Rendy Juliansyah [image source]
Salah satu timnas muda Indonesia U-17, rupanya sempat mendapat lirikan dari para pengamat sepak bola internasional. Buktinya salah satu club Belanda bernama Almere City, mencoba mengajukan trial pada Rendy Juliansyah untuk tahun 2018. Hal itu pun disambut hangat oleh pelatih timnas U-16 yang juga melihat ada potensi lebih dari Randy jika bisa menimba ilmu di luar sana. Namun demikian rupanya Rendy mungkin akan menolak beberapa  kontrak dengan jangka waktu yang lama karena dirinya lebih fokus pada sekolah dan membawa timnas muda jadi juara. Salut dengan garuda muda satu ini.

Adam Putra Firdaus, yang sudah terbang ke Spanyol dan Eropa

Adam Putra Firdaus [image source]
Jarang ada yang mengenal nama garuda muda ini, namun ternyata dirinya punya segudang prestasi. Mengawali karir di sekolah-sekolah sepak bola, namanya sempat terpilih dalam seleksi timnas Indonesia U-19. Selain itu dirinya juga rupanya sudah kenyang dengan ilmu sepak bola saat “berguru” di Belanda. Dan saat ini dirinya rupanya tercatat sebagai salah satu pemain dari junior Real Valladolid di Spanyol loh. Yang lebih menarik, ternyata Adam ini adalah anak dari salah satu novelis terkenal Asma Nadia.

Sutan Zico, dari Timnas melesat ke Brazil

Sutan Zico [image source]
Serupa dengan Rendy Juliansyah, Sutan Zico mantan punggawa muda garuda rupanya juga memiliki kesempatan yang sama merumput di luar negeri. Kalau Rendy di Belanda, nah Sutan Zico ini akan hijrah ke Brazil pada waktu dekat. Dipilihnya Brazil ini ternyata tidak sembarangan, selain karena dikenal sebagai negeri “Samba”, rupanya klub yang mengajukan trial juga merupakan papan atas. Namun uniknya Sutan Zico menyatakan siap jika sewaktu-waktu dipanggil oleh Timnas dan akan kembali.

Pancar Nur Widiastono, calon unggul penjaga gawang

Pancar Nur Widiastono [image source]
Pemain lain yang rupanya sudah sering “merumput” di luar negeri adalah Pancar Nur Widiastono. Mungkin memang jarang orang mengenal namanya, tetapi masalah prestasi tak perlu diragukan. Memulai karir di Munial Sport Grup, salah satu klub asal Spanyol rupanya tersihir performa si penjaga gawang yang satu ini saat berlaga di kejuaraan Gothia 2016. Hingga akhirnya salah satu Real Valladolid di Spanyol menawarkan pendidikan kepadanya. Bisa dibilang Pancar ini kelak menjadi salah satu nominasi sebagai dinding pertahanan Indonesia di masa depan.

Syahrian Abimanyu  si pemain berbakat Indonesia

Syahrian Abimanyu [image source]
Satu lagi tunas muda Indonesia yang juga melambung namanya di sepak bola internasional, Syahrian Abimanyu. Menjadi pusat perhatian saat melakukan laga bersama Jakarta Football Academy, beberapa klub besar rupanya tertarik dengan peformanya. Alhasil dirinya akhirnya “Hijrah” ke Spanyol dan bergabung dengan tim Lavente. Meskipun di sana dia hanya mengikuti program pendidikan, namun hal itu tetap menjadi prestasi bagi Indonesia. Jadi bukan hal yang aneh kalau dirinya masuk dalam daftar pemain yang dilirik untuk memperkuat skuad Garuda.

Ya, memang sejatinya kemampuan para garuda muda itu tidak bisa diremehkan. Buktinya, banyak klub asal luar negeri yang rupanya menawarkan pendidikannya bagi mereka. Jika mereka kembali ke bumi pertiwi bisa berbagi ilmu dan semoga kualitas sepak bola Indonesia bisa lebih maju kelak.