Banyak yang bilang kalau harta tak dapat dibawa mati, oleh sebab itu mesti digunakan sebaik mungkin. Entah itu beramal pada orang lain, membangun tempat ibadah dan kegiatan baik lainnya. Yang jelas jangan sampai uang terbuang sia-sia karena nanti bakal berat pertanggungjawabannya saat di akhirat kelak.

Namun ternyata beberapa pejabat di luar sana malah meyakini hal yang berbeda. Alih-alih mempergunakan uangnya untuk hal lain yang ada malah hartanya dikubur bersamanya. Lalu kenapa bisa begitu? Biar gak penasaran simak ulasan dibawah ini.

Pejabat malaysia yang dikubur dengan hartanya

Jika umumnya wasiat berupa pesan untuk melakukan hal baik pada mereka yang ditinggal, namun beda lagi yang dialami oleh pejabat di Malaysia. Alih-alih meminta melunaskan hutang atau membagi harta warisan dengan bijak, yang ada malah minta dikubur dengan harta miliknya.

Pejabat Malasyia dikubur [Sumber Gambar]
Tak tanggung-tanggung, bukan lagi emas atau pakaian bagus lainnya yang ada malah pejabat di Kuala Lumpur ini minta dimakamkan dengan uang-uangnya. Dilansir dari World of Buzz dengan nilai total uang sampai RM 300 ribu atau sebesar 10 juta yang jelas hal ini sempat bikin geger publik Malaysia. Bahkan banyak yang tak percaya dengan kejadian itu sebelum melihat secara langsung.

Sempat dikira hoax saja, bahkan uang mainan

Meskipun berita dan fotonya tersebar bebas di media sosial, namun banyak netizen di Malaysia itu sendiri yang meragukannya. Berbagai pendapat pun dilontarkan mulai dari uang palsu hingga pengkuburan yang mengada-ada. Hingga akhirnya Chinna Press pun mencoba menelusuri dan mengkonfirmasi atas kabar yang beredar bebas tersebut.

Dikubur dalam uang [Sumber Gambar]
Hingga ditemuilah fakta kalau pemakaman dengan uang tersebut asli dan terjadi 16 Januari 2018 lalu. Pun demikian dengan uang yang dimakamkan yang ternyata terbukti asli dan bukan rekayasa. Usut punya usut, pengkuburan dengan harta ini memang menjadi sebuah tradisi yang diyakini beberapa orang selaras dengan adat dan agama yang dianut.

Tak kalah dengan Malaysia di Uganda malah lebih greget

Beda lagi dengan yang ada di Uganda, bukan lantaran ada tradisi atau agama seorang pejabat  pegawai pemerintahan bernama Charles Obong juga ingin pemakaman serupa. Tak tanggung-tanggung, biaya yang dikeluarkan pun berkali-kali lipat ketimbang yang di Malaysia.

Uganda dikubur uang [Sumber Gambar]
Bagaimana tidak, pembuatan peti logam emasnya saja bisa sampai Shs20m atau sekitar 74 juta rupiah. Dia berwasiat pada sang istri jika meninggal agar memasukkan uang lebih banyak dan barang-barang mahal untuk dibawa ke akhirat. Tentu hal ini tak kalah bikin melongo banyak orang, terlebih lagi para tetua di sana.

Harta dipendam dengan tujuan menyuap Tuhan dan pengampunan dosa

Jika pemakaman yang dilakukan Chales Obong sudah bikin melongo, maka kalau melihat alasannya pasti malah membuat tak percaya. Bagaimana tidak, pasalnya semua  prosesi pemakaman dan pengkuburan uang itu bertujuan pada satu hal, ‘menyuap Tuhan’. Ya, tepatnya dengan segala harta yang dibawa bersama petinya itu dibawa pada Tuhan untuk memintanya memaafkan segala dosa.

Agar diampuni dosa [Sumber Gambar]
Dengan peti emas 74 juta dan uang 670 juta yang dimasukkan ke dalamnya diharap Tuhan mau mengampuninya. Usut punya ust, semua itu dilakukan lantaran dirinya pernah melakukan korupsi sebanyak 270 miliar Shs atau mata uang Uganda. Waduh kalau begini jadi bingung juga ya.

BACA JUGA: 10 Upacara Pemakaman Terunik yang Hanya Ada di Indonesia

Mau bagaimana lagi, memang itulah yang mereka yakini uang bisa dibawa mati. Namun terlepas dari setuju atau tidak dengan orang-orang itu, yang jelas ada baiknya pula uang diberikan pada orang lain. Mengingat juga banyak yang sedang kesusahan di luar sana.