Bagaimana pun tinju adalah salah satu olahraga yang diminati oleh orang Indonesia. Bagaimana tidak, pasalnya hampir setiap minggu selalu ada gelaran pertandingan yang diadakan. Jadi jangan kaget kalau banyak juara dunia yang dilahirkan dari tanah air kita, Chris John misalnya yang sudah diakui secara internasional.

Bicara soal tinja, memang umumnya olahraga yang satu ini biasanya digemari oleh kawula muda. Namun siapa sangka kalau salah satu daerah di Afrika malah lansianya yang suka dengan olahraga keras ini. Loh kok bisa? Biar gak penasaran, simak ulasan beirkut ini.

Para petinju tangguh mencoba melawan usia yang menua

Jika olahraga tinju selalu identik dengan pria muda yang doyan akan perkelahian, maka lain dengan yang ada di Afrika Selatan. Bagaimana tidak, bukannya para pemuda atau pemudi kekar yang kita lihat melainkan para lansia yang dengan serius dan giatnya berlatih tinju.

Tak mau kalah dengan usia [Sumber Gambar]
Lengkap dengan pelindung tangan serta perlengkapan lainnya, mereka dengan gahar memukul samsak latihan dengan membabi buta. Bisa dibilang kalau usia sama sekali tak menghalangi mereka dalam melakukan olahraga yang terbilang ekstrem ini. Tak peduli pria atau wanita, para lansia ini berlagak layaknya seorang profesional yang sedang melakukan latihan. Wah yang muda pasti minder lihatnya.

Boxing Gogos adalah tempat latihan yang mewadahi para lansia tersebut

Usut punya usut, para lansia di Afrika Selatan tersebut berlatih di sebuah tempat bernama Boxing Gogos di sana. Sedangkan Boxing Gogos” adalah nama ikatan tinju di Cosmo City, di daerah Johannesburg. Uniknya di tempat latihan ini memang ada kelas khusus bagi para lansia, dan jumlahnya pun lumayan banyak.

Boxing Gogos melatih mereka [Sumber Gambar]
Kurang lebih ada delapan puluh orang lansia yang berlatih tinju di sana dan semua dilakukan secara rutin. Tentu hal ini jadi sebuah pemandangan menarik yang hanya ada di daerah tersebut dimana baik muda atau generasi tuanya sama-sama mencintai tinju. Jadi pingin lihat langsung ke sana ya.

Para pelatih yang merasa takjub dengan para lansia

Melihat usia mereka yang sudah tidak muda lagi, tentu menjadi masalah buat para pelatih dalam membimbingnya. Belum lagi melihat keadaan fisik yang mungkin tidak sebugar dulu. Namun siapa sangka kalau anggapan awal itu justru salah. Bagaimana tidak, pasalnya para lansia tersebut menunjukkan semangat yang luar biasa.

Semangat yang membara [Sumber Gambar]
Hal itu serupa yang diungkapkan Pelatih Maphosa dimana dirinya belum pernah melatih generasi tua, namun setelah dicoba ternyata mereka diluar ekspektasi yang selama ini dia kira. Hal ini membuktikan kadang semangat mereka bisa meningkatkan kemampuan tubuhnya meskipun sekarang mungkin sudah tidak lagi muda.

Berbagai manfaat tinju bagi para lansia ini sendiri

Bukan tanpa alasan para lansia ini memilih tinju, semua dilakukan tentu untuk kesehatan. Apalagi mengingat usianya yang tak lagi muda, tentu olahraga sangat dibutuhkan, dan boxing atau tinjulah yang dipilih. Selain itu banyak yang merasa lebih merasa percaya diri ketika melakukan latihan tinju, pasalnya melakukan latihan tanding dengan orang lain membuat diri mereka harus terus bangkit.

Banyak manfaat yang di dapat [Sumber Gambar]
Bukan hanya itu, salah satu lansia juga mengatakan kalau saat ini tak pernah takut jika keluar malam sendirian, pasalnya mereka akan menyerang jika ada yang berniat jahat kepadanya, begitulah yang diungkap oleh Mable Makhosi. Hal ini bukti kalau apapun yang mereka lakukan selama ini tak sia-sia.

BACA JUGA: 8 Petinju Wanita Dunia Terhebat Sepanjang Sejarah

Melihat para lansia yang tetap bersemangat dalam melakukan olahraga tinju ini seharusnya membuat kita sadar. Tak selamanya umur bisa mengalahkan kita, asalkan ada semangat semua bisa saja dicapai. Tentu dibarengi dengan tekad dan kerja keras.