Categories: Trending

5 Fakta Ngeri Pasar Tomohon, Tempat Paling Ekstrem yang Membuatmu Beruji Nyali

Meski minimarket sudah banyak bermunculan di seluruh wilayah di Indonesia. Pasar tradisional masih saja diminati oleh banyak penduduk dengan alasan barangnya lebih murah. Selain itu, di pasar juga menjual barang-barang yang kadang di minimarket tidak ada. Salah satu barang yang tak bisa ditemukan itu adalah daging kelelawar. Ya, kelelawar yang suka terbang di langit saat senja dan malam hari.

BACA JUGA:  Inilah 5 Tradisi Berburu yang Masih Dipraktikkan Suku-Suku di Indonesia

Anda mungkin akan beratnya, di mana mendapatkan daging tidak biasa seperti itu? Mana mungkin ada pasar yang menjual sesuatu yang mengerikan seperti kelelawar. Jika Anda ingin mengetahui kelelawar yang dijagal dan diambil dagingnya untuk dimakan, datanglah ke Pasar Tomohon di Manado, Sulawesi Utara ini. Oh ya, satu hal lagi yang tak kalah penting. Bersiaplah untuk ngeri, berteriak, atau bahkan mual-mual.

1. Pasar Paling Ekstrem di Indonesia

Indonesia memang gudangnya pasar-pasar aneh tapi nyata. Ada pasar Kembang di Yogyakarta yang jualannya malah jasa esek-esek. Atau pasar bisa di mana transaksinya hanya dari tangan di bawah kain. Sekarang, kita akan menengok ke pasar yang kasar keekstremannya bisa membuat orang yang punya serangan jantung kumat saat masuk ke sana barang beberapa menit saja.

Paniki [image source]
Kok bisa begitu? Ya, karena pasar ini menjual aneka daging enggak biasa. Anda jangan membayangkan daging sapi, ayam atau kambing yang sudah sangat umum di pasaran. Daging yang dijual di tempat ini adalah daging dari hewan liar seperti kelelawar yang kerap disebut dengan paniki, lalu ada tikus sawah ekor putih, hingga daging ular yang sudah dibakar dan siap dicincang sesuai dengan permintaan pembeli.

2. Penjagalan Hewan yang Mengerikan

Bagi Anda yang tidak tega melihat hewan yang dijagal di tempat, akan lebih baik berpikir dua kali sebelum masuk ke pasar. Pasalnya, penjagalan banyak dilakukan di tempat dengan metode yang agak ngeri. Biasanya hewan seperti anjing akan digorok lalu segera dibakar untuk menghilangkan rambut-rambut yang ada di tubuhnya.

Berdagang di Pasar Tomohon [image source]
Barangkali Anda pernah mendengar festival anjing Yulin di Tiongkok karena dianggap tidak beradab karena membantai banyak anjing. Di pasar Tomohon Anda akan mendapatkan versi mini yang cukup membuat begidik. Beberapa wisatawan yang datang ke tempat ini sering menangis melihat penjagalan hewan-hewan yang tak harusnya dikonsumsi.

3. Gudang Kuliner Ekstrem di Manado

Selain menjual daging tak biasa yang berasal dari hewan mengerikan. Pasar Tomohon juga menjual kuliner yang cukup ekstrem dari olahan daging tak biasa tersebut. Jika Anda ingin makan daging tikus ekor putih yang konon sangat nikmat melebihi daging ayam, cobalah menyantapnya di sini. Persiapkan nyali Anda besar-besar sebelum merasakan sensasinya.

daging ular [image source]
Oh ya, kuliner ekstremnya tak hanya daging tikus ekor putih saja. Coba rasakan nikmatnya daging paniki yang telah dibakar lalu dimasak dengan santan yang gurih. Kenikmatan dari daging kelelawar ini konon terletak pada sayapnya yang kenyal mirip dengan kikil sapi atau kambing yang kerap dimasak menjadi krengsengan di Pulau Jawa. Berani coba?

4. Harga Daging Tak Biasa yang Cukup Murah

Salah satu hal yang menyebabkan pasar ini tetap eksis puluhan tahun adalah harga barang-barangnya yang murah. Di pasar ini, semua orang bisa membeli aneka daging ekstrem dengan harga yang cukup murah meriah. Untuk daging paniki atau kelelawar  dijual dengan harga Rp10.000,00-Rp30.000,00 . Biasanya semakin besar harganya akan naik.

dibakar [image source]
Selanjutnya daging ular piton dihargai Rp40.000,00 saja. Untuk tikus ekor putih yang konon sangat nikmat itu per ekornya dihargai Rp20.000,00. Daging Anjing dijual dengan harga Rp25.000,00 per kilogram sedangkan daging kucing Rp100.000,00. Yah, bagi pencinta kucing dan anjing, pasar ini sama halnya neraka meski bisa mencukupi kebutuhan protein warga-warga di sekitarnya.

5. Pasar yang Berubah Menjadi Tempat Wisata

Hal-hal ekstrem yang ada di pasar Tomohon justru menjadi nilai tambah bagi daerah. Pasalnya setiap hari ada saja wisatawan dari dalam hingga luar negeri yang datang untuk sekadar melihat, numpang takjub, takut, hingga muntah. Pasar ekstrem ini menarik banyak sekali wisatawan untuk menyaksikan sendiri kengerian yang tiada duanya di Indonesia.

paniki bakar [image source]
Pasar Tomohon adalah identitas Kota Manado yang tidak bisa dipisahkan sampai kapan pun. Seekstrem apa pun isi dari dari pasar ini, Pasar Tomohon tetaplah menjadi tempat penduduk lokal untuk mengais rezeki. Tanpa adanya pasar ini mungkin perekonomian di sekitar Manado tak akan berjalan dengan lancar.

BACA JUGA: Panas! 5 Pantai Super Indah ini Hanya Didatangi Turis yang Tak Pakai Baju

Demikianlah sekelumit fakta ngeri tentang pasar Tomohon yang menjual banyak sekali daging unik tak biasa. Jika Anda diberi kesempatan untuk bisa ke Manado, kira-kira bakalan mau datang ke sini enggak ya?

Share
Published by
Adi Nugroho

Recent Posts

Dubai Dihantam Hujan Badai Sebabkan Banjir, Puluhan Nyawa Melayang

Jakarta banjir, sudah menjadi “acara” tahunan yang membuat banyak warga menjadi lebih “santuy” saat menghadapinya.…

14 hours ago

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

2 days ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

4 days ago

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

6 days ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari…

3 weeks ago