in

Keren! Para Pengusaha Ini Sukses Dengan Modal Nol

4. Susi Pudjiastuti (PT ASI Pudjiastuti)

Jiwa bisnis terlihat bahkan ketika usianya yang masih belia. Tak nanggung, dia bahkan memutuskan untuk berhenti di kelas 2 SMA dan mulai belajar hidup mandiri. Dengan modal menjual cincin dan perhiasan, wanita kelahiran Pangandaran 15 Januari 1965 ini memulai usaha menjadi bakul ikan. Tak lama kemudian, dia mulai berpikir untuk meluaskan pasarnya hingga ke kota-kota lain, ya meski hanya dengan menggunakan truk sewaan dan membuka restoran.

Ibu Susi Pudjiastuti
Ibu Susi Pudjiastuti

Hingga akhirnya, terinspirasi dari suaminya yang terakhir yang merupakan aviation engineer, Susi mulai berkeinginan untuk membuka usaha di penerbangan. Dengan pesawat, Susi berangan untuk bisa mengangkut ikan ke Jakarta. Saat mau meminjam uang di bank, dia hanya ditertawakan dan dianggap gila. Namun, pada tahun 2004, dia mendapat pinjaman dari bank sebesar 47 miliar dan membeli dua pesawat Cessna Grand Caravan dan membuat landasan di desa nelayan. Tak lama kemudian, bisnis Susi merambah hingga ke perkebunan. Dan saat ini, jumlah pesawat Susi juga semakin banyak.

Jatuh bangun dalam menaiki tangga kesuksesan itu sudah biasa. Dan hanya mereka yang mau berjuang keras serta tekun yang bisa mencapai puncak tertinggi. Semoga kisah dari para pengusaha sukses tadi memberikan banyak inspirasi.

Written by Evi Rizana

Leave a Reply

saipul jamil

5 Artis yang Meraih Gelar Sarjana Hukum

Hujan Dan Tangis Iringi Pemakaman Bob Sadino

Hujan Dan Tangis Iringi Pemakaman Bob Sadino