in

Panai, Mahar Pernikahan Suku Bugis yang Bikin Kantong Pria Kempis

Bukan bermaksud untuk menakut-nakuti para single nih, tapi pada kenyataannya nikah itu memang nggak pernah mudah. Butuh begitu banyak langkah dan proses yang harus dilewati, mulai dari cari jodoh, lamaran, sampai tegangnya ijab kabul. Belum lagi soal urusan mahar, bisa bikin pusing kepala tuh. Apalagi jika kebetulan si wanita berasal dari daerah-daerah tertentu yang adat maharnya mahal. Bugis salah satunya.

Ya, di Bugis ada sebuah adat unik soal mahar yang sifatnya wajib, namanya adalah Panai. Panai ini umumnya berbentuk duit yang jumlahnya benar-benar bikin nangis para pria. Konon sampai puluhan bahkan ratusan juta Rupiah. Uniknya, sedikit banyak Panai yang akan diberikan tergantung dari banyak hal. Mulai dari pendidikan sampai jalur keturunan si calon mempelai wanita.

Baca Juga :10 Tempat Unik yang Hanya Bisa Kamu Temui di Indonesia

Bagi yang punya pasangan orang Bugis, harus benar-benar diperhatikan nih soal Panai. Pasalnya, ini jadi penentu kamu bakal sukses menikah dengan pasangan atau tidak. Nah, berikut ini beberapa fakta soal Panai yang wajib untuk diketahui.

Panai Hukumnya Wajib dan Selalu Duit

Panai bagi orang Bugis adalah hal yang sifatnya wajib untuk setiap pernikahan yang terjadi. Seolah seperti syarat sah nikah nih di mana harus ada dan nggak bisa nggak. Makanya, Panai ini benar-benar dipersiapkan karena kalau tak ada, seseorang nggak bakal bisa menikahi gadis Bugisnya.

Panai selalu berbentuk duit [Image Source]
Panai selalu berbentuk duit [Image Source]
Nggak seperti Aceh yang mahar adatnya berbentuk emas, Panai ini selalu diwujudkan dengan duit. Entah, mungkin biar mudah kali ya dan bisa dipakai untuk segala macam. Panai sendiri katanya berbeda dengan mahar. Jadi, mahar ada sendiri dan begitu pula dengan Panai. Wah, kalau begini siap-siap keluar makin banyak duit nih.

Panai yang Selalu Mahal

Sepertinya belum ada tuh cerita-cerita soal Panai yang nilainya kecil. Setidaknya pasti di atas lima juta. Apalagi kalau si wanita ternyata memiliki kualifikasi yang luar biasa. Entah pendidikan atau hal-hal lainnya. Panai-nya bakal makin melambung.

Nilai Panai selalu mahal [Image Source]
Nilai Panai selalu mahal [Image Source]

Di Indonesia ini sebenarnya bukan hanya Bugis yang mewajibkan mahar adat macam begini. Di beberapa daerah juga ada tuh yang sejenis. Misalnya Sinamot ala Medan, atau mahar emas di Aceh. Lalu, kalau ditanya mahar adat mana yang paling mahal di Indonesia? Ya, jawabnya tentu adalah Panai. Jadi, para pria, persiapkan dirimu kalau menikahi wanita Bugis.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

John Chang, Si Manusia Listrik Asli Indonesia yang Kisah Hebatnya Terlupakan

Kebanyakan Duit, Pria Ini Beli DELAPAN SET iPhone 7s untuk Anjing Peliharaannya