in

Panai, Mahar Pernikahan Suku Bugis yang Bikin Kantong Pria Kempis

Panai Bukan untuk Membeli Pengantin

Kalau dilihat sekilas, Panai ini seolah mirip seperti uang tebusan di mana kalau bisa diberikan maka bakal nikah. Kesannya memang seperti itu sih, tapi Panai sendiri tentu tidak berfungsi demikian. Panai punya makna filosofi yang begitu dalam.

Panai bukan untuk si wanita [Image Source]
Panai bukan untuk si wanita [Image Source]
Panai adalah manifestasi dari kesungguhan pria untuk wanitanya. Jadi, ketika Panai berhasil terpenuhi, itu menyimbolkan jika si pria memang bersungguh-sungguh ingin menikahi si wanita. Nggak hanya sebagai simbol perjuangan saja, Panai juga semacam value dari wanita Bugis. Maksudnya, wanita Bugis itu luar biasa, makanya mereka harus dihargai dengan sangat tinggi.

Baca Juga :5 Fakta Unik Sinamot, Mahar Pernikahan Ala Batak yang Bikin Pria Langsung Jatuh Miskin

Kalau nggak tahu filosofinya, Panai mungkin mengesankan seolah wanita Bugis itu matre, ya. Padahal tentu saja tidak. Panai mungkin sedikit banyak membebani si pria, tapi ini menyimbolkan hal yang sangat penting. Ya, rasa cinta, perjuangan, dan kasih, bisa dilihat dari kemampuan pria menganggupi Panai. Jadi, kalau kamu mau punya istri orang Bugis, ada baiknya menabung mulai sekarang.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

John Chang, Si Manusia Listrik Asli Indonesia yang Kisah Hebatnya Terlupakan

Kebanyakan Duit, Pria Ini Beli DELAPAN SET iPhone 7s untuk Anjing Peliharaannya