Belakangan, banyak artis Indonesia yang terjun menjajal dunia YouTube. Mulai dari Andre Taulany, The Sungkar Family, Gading Marten, Raffi Ahmad dan Nagita, Hingga Baim Wong dan sang istri, Paula Verhoeven. Konten yang mereka buat pun beragam, dari vlog seputar kegiatan sehari-hari hingga hal yang menginspirasi banyak orang.

Di antara semua channel yang Boombastis.com sebutkan di atas, Baim Wong paling pesat perkembangannya. Hanya dalam beberapa bulan, ia berhasil menggaet 4 juta lebih subscriber, bahkan Baim Paula baru saja mendapatkan Gold Play Button dari Youtube atas pencapaiannya. Ya, enggak heran sih kalau banyak yang suka, karena isi kanal mereka pun menginspirasi dan membuat orang lain senang. Seperti beberapa sosok berikut ini.

Anak pedagang kopi yang mendapat beasiswa berkat vlog Baim

Sudah ditonton hampir 2 juta orang, video yang paling anyar adalah ‘PEDAGANG KOPI yang tidak mampu untuk SEKOLAH kan ANAKNYA’. Kali ini Baim menghampiri seorang bapak penjual kopi yang ada di pinggir jalan. Pria berusia 53 tahun tersebut ternyata berjualan untuk mewujudkan mimpi sang anak untuk kuliah. Dengan penghasilan bersih 60 ribu perhari ia tetap semangat bekerja.

Menyamar sebagai Otong, setelah membeli semua dagangan dan bercerita, Baim menyanggupi untuk menguliahkan anak pria bernama Rukman itu. Untung ternyata datang bertubi. Seorang dosen salah satu Universitas di Tiongkok menawarkan full beasiswa untuk anak Pak Rukman setelah ia menonton vlog Baim dan bilang bahwa dirinya tersentuh dengan cerita si penjual kopi tersebut. Bahagian banget enggak tuh si Bapak?

Tak mengenal Baim, tukang kerupuk dapat rezeki nomplok

Video kedua ini diunggah pada 21 Maret 2019 lalu, targetnya adalah seorang penjual kerupuk yang menurut Baim sama sekali tidak mengenali dirinya. Karena terlihat Baik, Baim sengaja menghampiri si bapak di tengah jalan ketika sedang jogging. Singkat cerita, si penjual kerupuk ini datang dari Ciputat untuk menjajakan dagangan dan menitipkannya di warung. Per pack kerupuk yang berisi 15 bungkus ini dihargai 15 ribu dan dirinya hanya mengambil keuntungan 3 ribu Rupiah saja.

Jika dihitung per hari, penghasilan yang didapat hanya 200 ribuan saja. Setelah icip-icip, Baim langsung memberikan uang –yang tadinya untuk dua orang – kepada si penjual kerupuk. Kerupuk yang sudah dibeli tersebut juga langsung dibagikan kepada anak kecil yang bermain di sekitar rumahnya.

Pemulung yang diberi rumah dan banyak hadiah

Berkolaborasi dengan Mpok Elly Sugigi, kali ini Baim memberikan kejutan kepada seorang pengemis tunawisma asal Karang Anyar, Jakarta, bernama Pak Kusno. Setelah puas dibelikan baju, jaket, sendal dan sepatu di mall, Pak Kusno ternyata diajak makan di restoran. Tak sebatas itu saja, Pak Kusno yang sudah lanjut usia juga dicarikan rumah kontrakan untuk tempat tinggalnya.

Bantuan yang diberikan Baim ternyata tak hanya membuat Pak Kusno tertolong dari kejamnya jalanan tetapi juga membuat ia kembali ingin mengerjakan salat. ‘saya sudah 5 tahun tidak salat, saya takut’ ucapnya di tengah perbincangan. Salat yang rajin ya Pak Kusno, semoga Tuhan memudahkan rezeki bapak selalu!

Kebaikan para pedagang yang dibalas dengan keberuntungan

Dalam setiap aksinya, Baim selalu melakukan penyamaran, entah sebagai Otong, pengemis, ataupun peminta-minta. Dari sana juga ia menemukan orang yang menurutnya sudah berbaik hati dan mau menolong secara ikhlas. Orang-orang inilah yang dibalas kebaikan dengan memberikan sejumlah uang.

Salah dua dari mereka yang beruntung adalah penjual tauge dan tukang nasi goreng di pinggir jalan. Berdandan ala penjual tissue, Baim meminta tolong dibelikan dagangannya, yang berujung pada memberi uang ratusan ribu sebagai ganjaran karena si penjual sudah berbaik hati membeli dagangannya. Rezeki orang baik emang enggak bakal ke mana ya, Bosque!

BACA JUGA: Mengapa Konten YouTube Baim Wong Laris Manis di Pasaran?

Kebaikan-kebaikan di balik kamera yang dilakukan oleh Baim Wong inilah yang mendapat pujian dari banyak warganet. Menurut mereka YouTuber yang seperti inilah yang harus diperbanyak, bukan yang doyan sensasi dan pansos hanya demi ketenaran. Kalau kalian suka enggak nih mantengin channelnya Bapau, Bosque?