Kalau ngebahas soal Korea dan Jepang, dua negara tersebut dianggap sangat maju di mata dunia. Termasuk di mata warga Indonesia. Tapi, asal tau saja, dua negara yang dikenal sangat sibuk itu sebenernya masih ngiri loh sama Indonesia. Sebab apa? Orang Indonesia punya gaya santai kayak di pantai. Nggak seperti warga negara Korea dan Jepang yang tiap hari kayak diburu waktu, orang Indonesia seakan bisa menikmati tiap detik waktu mereka.

Berbanding terbalik sama orang-orang di luar sana, mereka nyaris tiap hari stres dan merasa tertekan. Kalian pasti udah pernah denger kalau Jepang adalah negara dengan tingkat bunuh diri yang tinggi. Sementara negara Korea yang penuh gemerlap itu juga punya kasus yang sama. Kita sebagai orang Indonesia sepertinya harus banyak-banyak bersyukur karena masih bisa melepas penat dalam segala macam kondisi. Masih nggak percaya? Coba tengok deh beberapa foto di bawah ini, dijamin geregetan.

Sambil nunggu lampu merah, Abang Ojol satu ini bisa rebahan santai gitu

Mas Gojek [sumber gambar]

Saat nonton drama Korea, adegan kehujanan biasanya bikin nyesek. Kalau orang Indonesia, main hujan-hujanan adalah kenikmatan

Hujan-hujanan [sumber gambar]

Piknik ala emak-emak… di rel kereta api gitu

Santai ala emak [sumber gambar]

Sambil berenang kita makan

Makan di tengah banjir [sumber gambar]

Di mana pun lokasinya yang penting bisa duduk tenang

Bapak dalam got [sumber gambar]

Nggak peduli hujan sampai banjir, basah-basahan… tetep jualan

Banjir-banjir tetep dagang [sumber gambar]

Makan gorengan sama cabe yang dipetik langsung dari pohonnya

Makan gorengan [sumber gambar]

Capek di jalan, nyaman banget bisa senderan gini

Capek di jalan [sumber gambar]

Nyantai ngajakin si Manis

Main sama kucing [sumber gambar]
Nah, gimana? Setelah melihat beberapa potret di atas, kalian bisa percaya kan kalau orang Indonesia itu always santai. Apa pun yang terjadi, nggak bikin mereka panik tuh. Ada sisi baik dan nggaknya sih. Sisi baiknya, orang Indonesia bisa bahagia di mana pun dan apa pun keadaannya. Sisi buruknya, mungkin jadi kurang menghargai waktu ya. Hehe…