in

5 Obat Panu Paling Ampuh yang Bahannya Ada di Sekitarmu

Panu tentu menjadi penyakit kulit yang sangat meresahkan. Meskipun tempatnya tersembunyi pada bagian tubuh dalam. Tetap saja menjadi penyakit kulit dibenci oleh pria atau wanita. Biasanya mereka tubuh pada punggung atau lengan manusia. Panu sendiri disebabkan oleh jamur Malassezia yang menginfeksi kulit kita lalu menjadi bercak-bercak putih seperti yang kita tahu.

Penanganan penyakit ini tentu tidak dapat dilakukan sembarang. Karena apabila salah, akan menyebabkan panu semakin banyak. Berbagai obat kimia tentu banyak untuk menyembuhkanya. Tapi ada yang alami yang tidak menimbulkan banyak efek samping. Bahkan berbagi penawar dari alam tersebut, dapat menjadi obat panu yang paling ampuh untuk kita. Lalu apa sajakah itu? simak ulasannya berikut.

Bawang putih bumbu dapur sanggup obati panu

Bawang putih

Bawang tentu merupakan bumbu dapur yang sering digunakan untuk memasak. Tapi kegunaan bawang tidak hanya digunakan untuk bumbu dalam mengolah makanan. Lebih jauh ternyata tanaman berwarna putih itu dapat digunakan sebagai obat panu yang paling ampuh. Kandungan allicin dan antioksidan pada bawang dapat menangkal bakteri penyebab jamur, Bahkan mengobati panu yang sudah menyerang. Untuk mendapatkan khasiatnya hanya perlu memotongnya menjadi dua lalu tinggal digosokan.

Lengkuas rempah dari alam mengobati panu

Lengkuas

Seperti halnya bawang, lengkuas juga dapat menjadi obat panu yang paling ampuh. Tinggal memotong-motong rempah yang sering digunakan untuk campuran masakan tersebut. Lalu usap-usap pada daerah yang terkena panu, diamkan sebentar bilas dengan air bersih. Tentu menjadi cara yang mudah. Keunggulan dari lengkuas adalah kandungan flavonoid, amilium dan kuersetin dalam rempah tersebut, dapat menjadi penangkal alami dalam membunuh jamur penyebab panu.

Kunyit rempah warna jingga yang dapat sembuhkan panu

Kunyit Bubuk

Tidak salah apabila dahulu Belanda ingin sekali mendapatkan rempang Indonesia. Pasalnya memang banyak sekali manfaatnya mulai dari bumbu dapur sampai penawar penyakit. Seperti halnya lengkuas ini, yang merupakan salah satu obat panu yang paling ampuh. Kehebatannya mengusir jamur dikarenakan kandungan curcumin dan minyak volatile pada dirinya. Hal itu tentu mepertegas kita bahwa rempah negara kita memiliki banyak manfaat. Penggunaan kunyit sendiri dapat dipotong atau dihaluskan menjadi serbuk lalu dioleskan.

Lidah buaya mengobati berbagi penyakit kulit

lidah buaya

Selain berbagi rempah tadi, lidah buaya dapat digunakan sebagai alternative dalam penyembuhan panu. Bahkan tumbuhan hijau ini juga dapat digunakan dalam mengobati berbagai macam penyakit kulit. Jadi tidak salah apabila dahulu bangsa Mesir juga menggunakannya. Aloe Vera sendiri mengandung 75 nutrisi berbeda dan 200 senyawa aktif yang dapat mengobati panu. Hal tersebut menjadikannya sebagai obat panu yang paling ampuh dan harganya juga tidak terlalu menguras isi kantong. Murah dengan manfaat yang banyak.

Jeruk nipis penawar paling ampuh usir panu

Jeruk nipis

Berbicara tentang jeruk nipis, tentu yang kita kenal selama ini adalah sebagai pelengkap untuk soto atau makanan berkuah lain. Tapi kandungan Flavonoid tinggi dalam dirinya, dapat menjadi antioksidan yang kuat dalam melawan radikal bebas penyebab panu dan asam sirat dalam jeruk juga dapat menjadi anti bakteri yang mampu melawan jamur. Jadi tidak salah apabila buah ini dapat dijadikan obat panu yang paling ampuh. Selain itu jeruk nipis juga dapat menjadi campuran dalam penyembuhan penyakit kulit lain.

Berbagai macam penawar panu berasal dari alam ini tentu tidak akan langsung menyembuhkan. Untuk menjadikannya sebagai obat panu yang paling ampuh dibutuhkan ketekunan dalam penyembuhannya. Karena jenis penyakit ini memang tidak dapat sembuh dalam 1-2 pengobatan, membunuhnya butuh waktu beberapa hari. Meskipun begitu obat panu alami tentunya memiliki kelebihan yaitu harganya murah dan juga tidak menimbulkan efek samping untuk kulit.

Written by Galih

Galih R Prasetyo,Lahir di Kediri, Anak pertama dari dua bersaudara. Bergabung dengan Boombastis.com pada tahun 2017,Merupakan salah satu Penulis Konten di sana. Lulusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang. Awalnya ingin menjadi pemain Sepak Bola tapi waktu dan ruang justru mengantarkan Ke Profesinya sekarang. Mencintai sepak
bola dan semua isinya. Tukang analisis Receh dari pergolakan masyarakat Indonesia.

Leave a Reply

5 Korban Kecelakaan Paling Mengerikan yang Pernah Terjadi di Indonesia

Tragis! 5 Pasangan Ini Gagal Menikah Akibat Salah Satunya Duluan Meregang Nyawa