Di Bulan Oktober lalu, ada tiga orang warga Desa Bojongloa, Kabupaten Tangerang tersengat petir. Bahkan dua di antaranya langsung meregang nyawa di tempat. Menurut keterangan Kapolsek Cisoka AKP Uka Subakti, mereka bertiga menjadi korban sambaran petir lantaran mengoperasikan ponsel pada saat itu.

Sebenarnya banyak peristiwa serupa yang terjadi sebelum ini. Tapi selama ini yang jadi pertanyaan adalah apa benar mengoperasikan handphone di saat ada petir bisa membuat si empunya ponsel tersambar halilintar? Sebab sepertinya tidak ada hubungan khusus antara petir dan ponsel layaknya pacaran, loh..

Warga Desa Bojongloa yang tersambar petir [Sumber Gambar]
Mungkin Sahabat Boombastis juga berpikiran sama dengan pernyataan di atas. Nah, supaya kita tidak bertanya-tanya terus dalam relung hati, ada penjelasan masuk akal dari para ahli. Menurut jurnal yang dikeluarkan oleh lembaga cuaca Amerika Serikat yaitu National Oceanic and Atmospheric Administration atau disingkat NOAA, telepon genggam aman dipakai pada saat hujan turun. Sebab tidak ada penghubung langsung antara ponsel dengan petir.

Main ponsel saat hujan menjadi larangan selama ini [Sumber Gambar]
Selain itu John Jensenius seorang petugas Cuaca Nasional NOAA mengungkapkan hal yang sama. Bahwasanya petir cenderung lebih tertarik dengan benda logam yang kekuatannya lebih besar seperti menara BTS. Tapi, jika ada orang yang tersambar petir karena memainkan ponsel, itu berarti terdapat hal lain. Contohnya orang tersebut mengoperasikan ponsel di dataran tinggi ketika ada badai petir. Jadi petir mencari mangsa benda yang posisinya lebih tinggi daripada tanah.

Menurut ahli, ponsel hanya sedikit memancarkan gelombang radio [Sumber Gambar]
Begitu juga dengan Pakar Teknologi Informasi sekaligus Ketua Mastel Institute yaitu Nonot Harsono. Ia berpendapat jika ponsel memang memancarkan gelombang radio atau yang bisa disebut dengan listrik elektromagnetik. Tapi menurutnya gelombang yang dipancarkan oleh ponsel tergolong kecil untuk ukuran konduktor atau penghantar listrik. Jika ada kasus orang tersambar petir ketika main ponsel berarti tubuhlah yang terkena halilintarnya, bukan handphone-nya. Ini disebabkan tubuh manusia merupakan konduktor yang paling baik menghantarkan listrik dari petir ke bumi.

BACA JUGA : 7 Kisah Tersambar Petir Paling ‘Apes’ di Dunia

Kesimpulannya, mengoperasikan ponsel pada saat hujan berisiko tersambar petir itu hanyalah mitos Sahabat Boombastis. Ya memang banyak kejadian orang tewas lantaran hal tersebut. Tapi itu bisa terjadi karena faktor posisi orang tersebut berada di tempat yang terlalu tinggi. Jadi main hp saat hujan itu aman aja kok, namun kalian masih perlu berhati-hati ya. Usahakan perhatikan dulu posisi kalian ketika hendak bermain ponsel ketika hujan.