Persoalan yang terjadi di Papua tak henti-hentinya disorot oleh negara asing. Salah satu yang vokal mengenai hal tersebut adalah Vanuatu. Negara kecil yang terletak di gugusan kepulauan pasifik itu kerap menyinggung isu soal Papua di forum internasional seperti PBB.

Vanuatu hanyalah sekian dari negara-negara dunia yang menunjukkan dukungannya terhadap kemerdekaan Papua dari Indonesia. Masih ada beberapa lainnya yang juga ikut memberikan suara yang sama dengan Vanuatu. Siapa saja mereka? Simak ulasan Boombastis berikut ini.

Partai oposisi Inggris dukung kemerdekaan Papua Barat

Dukungan pemimpin Partai Buruh Inggris, Jeremy Corbyn, kepada Benny Wenda selaku wakil Papua Merdeka [sumber gambar]
Dukungan agar Papua merdeka dari Indonesia datang dari Pemimpin Partai Buruh Inggris, Jeremy Corbyn. Kelompok oposisi di negeri Ratu Elizabeth itu bahkan menghadiri acara Parlemen Internasional untuk Papua Barat di Gedung Parlemen Inggris. Menurut Corby, sudah saatnya rakyat Papua Barat untuk bangkit dan menentukan nasib mereka sendiri di masa depan. Tentu saja terlepas dari pemerintah Indonesia.

Dukungan Papua merdeka dari Partai FLNKS di Kaledonia Baru

Dukungan FLKNS Kaledonia Baru untuk kemerdekaan Papua [sumber gambar]
Kaledonia Baru yang sempat mengadakan referendum pada 2018 silam, memiliki sebuah gerakan pro-kemerdekaan yang bernama Front de Libération Nationale Kanake et Socialiste (FLNKS). Perjuangan FLNKS yang menginginkan Kaledonia Baru merdeka dari Prancis, membuat pihaknya juga ikut mendukung gerakan Papua Merdeka agar terlepas dari Indonesia.

Klaim TPNB-OPM soal Papua mendapat dukungan dari Bougainville untuk merdeka

Dukungan warga Bougainville terhadap kemerdekaan Papua [sumber gambar]
Bougainville sempat dikabarkan mengadakan referendum untuk melepaskan diri Papua Nugini pada 2019 lalu. Momen ini kemudian menjadi klaim dari Juru Bicara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) Sebby Sambom, yang mengatakan bahwa Bougainville juga mendukung Papua merdeka dari Indonesia.

Kep. Solomon yang kerap menyuarakan isu Papua di forum PBB

Foto bersama usai KTT Pemuda Solomon Islands untuk West Papua di Honiara [sumber gambar]
Sama seperti negara-negara pasifik lainnya yang menyuarakan anti-kolonialisme, Kep. Solomon juga menjadi salah satu wilayah yang aktif mendukung gerakan Papua Merdeka. Hal ini diwujudkan dalam adanya diskusi dari kelompok seperti Papua Barat Merdeka-Pemuda Kepulauan Solomon (WPC-SIY), hingga membawa isu sosial yang terjadi di Papua ke Dewan HAM PBB di Jenewa.

Pihak Vanuatu yang kerap jadi sorotan karena menyudutkan Indonesia soal Papua

Demo rakyat Vanuatu mendukung Papua Merdeka [sumber gambar]
Sudah bukan hal yang asing jika Vanuatu secara terang-terangan mendukung kemerdekaan Papua atas Indonesia. Negara pasifik ini dikenal aktif menyuarakan isu-isu soal Papua yang menyudutkan Indonesia di forum internasional seperti PBB. Salah satunya yang sering diangkat adalah pelanggaran Hak Asasi Manusia yang dilakukan pihak Indonesia.

BACA JUGA: Kenapa Vanuatu ‘Berani Melawan’ Indonesia Untuk Dukung Papua Merdeka?

Di antara negara dan pihak asing di atas, Vanuatu terlihat sangat menonjol dalam mendukung kemerdekaan Papua. Seperti yang baru-baru ini terjadi, diplomat muda yang mewakili Indonesia di Sidang Umum PBB, Silvany Austin Pasaribu, menyanggah pemerintah Vanuatu atas tuduhan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) terhadap Indonesia. Sebuah ketegasan yang berhasil membungkam negara pasifik tersebut.