in

Pantesan di Masyarakat Langka, Inilah Negara yang Borong Masker Buatan Indonesia

Keberadaan masker memang kerap dicari oleh masyarakat seiring semakin meningkatnya penyebaran virus corona di seluruh dunia. Termasuk di Indonesia, penutup wajah itu mengalami kenaikan permintaan lantaran wabah bernama Covid-19 itu telah menjangkiti warga di beberapa daerah Tanah Air.

Sayangnya, belakangan masyarakat sempat kesulitan mendapatkan masker lantaran adanya kelangkaan yang terjadi. Salah satu penyebabnya ternyata kegiatan ekspor penutup wajah tersebut dikabarkan melonjak sangat drastis. Agak sedikit miris sih, ketika rakyat sendiri butuh malah dilempar banyak sekali keluar. Berikut ini adalah negara-negara yang jadi langganan masker Indonesia.

Singapura jadi salah satu negara favorit para para pengekspor masker Indonesia

Ilustrasi produsen masker [sumber gambar]
Singapura menjadi salah satu tujuan ekspor masker buatan Indonesia yang berada di urutan pertama, dengan nilai sebesar 36,3 juta dolar AS (Rp 558.504 miliar) pada Februari 2020. Sebelum wabah corona menyebar, nilainya pada Januari 2020 hanya sebesar 0,6 juta dolar AS.

Cina juga merupakan negara pengimpor masker dari Indonesia

Meski berada di urutan kedua setelah Singapura, ekspor masker Indonesia ke Cina mengalami kenaikan yang luar biasa. Dilansir dari Finance.detik.com (18/02/2020), dari yang sebelumnya sebesar 496 dolar AS (Rp7.6 juta) kemudian meningkat tajam mencapai 26,43 juta dolar AS (Rp406.2 miliar). Ini artinya, kenaikannya berkali-kali lipat per Februari 2020.

Ekspor masker RI ke Hongkong juga naik hingga ratusan persen

Adapun nilai ekspor masker ke Hongkong juga mengalami kenaikan yang luar biasa hingga ratusan persen. Dari yang sebelumnya hanya sebesar 10.049 dollar AS (Rp154.5 juta) di akhir 2019, meningkat hingga mencapai 12,39 juta dolar AS (Rp190.5 miliar) per Februari 2020. Dari jumlah yang ada, kenaikan ekspor masker Indonesia ke Hongkong mencapai 123.274 persen.

Negara-negara yang juga kecipratan ekspor masker Indonesia

Ilustrasi ekspor masker [sumber gambar]
Selain ketiga negara di atas, beberapa negara lainnya juga kecipratan ekspor masker buatan Indonesia seperti Malaysia (0,2 juta dolar AS), Jepang (0,3 juta dolar AS), dan Thailand, Macau, Taiwan, Amerika Serikat masing-masing sebesar Rp0,1 juta dolar AS, seperti yang dikutip dari Tirto.id (18/03/2020).

Menteri Perdagangan larang ekspor masker hingga 30 Juni 2020

Meski ekspor masker Indonesia ke negara mitra dagang sempat meningkat, Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto akhirnya resmi dilarang oleh hingga 30 Juni 2020. Barang-barang yang masuk daftar larangan tersebut adalah bahan baku masker, alat pelindung diri, dan masker jadi. Larangan ekspor sementara ini akan berlaku sampai tiga bulan ke depan, yakni hingga 30 Juni 2020.

BACA JUGA: Corona Masuk Indonesia, 3 Produk Ini Diincar Sampai Ludes di Pasaran dan Netizen Gregetan!

Berdasarkan Badan Pusat Statistik (BPS), ekspor masker Indonesia ke atau surgical mask telah mencapai 74,7 juta dolar AS (1,139 triliun) selama Februari 2020. Kenaikan ini sangat luar biasa jika dibandingkan dengan Januari 2020 lalu yang hanya sebesar 2,1 juta dolar AS (Rp32.342. miliar). Itu artinya, ekspor masker RI naik tajam sebanyak 3.385,43 persen.

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

Corona Sampai Malaysia 812, Ini 4 Kontroversi Arie Untung yang Pernah Bikin Heboh

5 Pekerjaan yang Cocok Banget untuk Kamu yang Hobinya Hanya Rebahan