in

Bukan Arab Apalagi Malaysia, Inilah 4 Negara Paling ‘Aman’ untuk Dipilih Para TKI

Mencari peruntungan di luar negeri tentu jadi impian banyak orang. Selain bisa banyak pengalaman baru dan tentunya prestasi, bekerja di negeri orang umumnya memberikan penghasilan yang luar biasa. Rasanya tak perlu diceritakan ya berapa banyak masyarakat kita yang berangkat tak punya apa-apa, pulang-pulang jadi kaya raya. Tapi meskipun menyenangkan, jadi TKI sendiri juga banyak susahnya.

Rasanya tak sedikit cerita tentang kisah nahas para penyumbang devisa kita itu. Mulai dari yang tak dibayar bahkan disiksa. Dari semua alasan kenapa kejadian itu muncul tak lain adalah tempat bekerja. Diketahui di beberapa negara memang kurang ramah terhadap para saudara kita. Nah, berkaitan dengan hal tersebut, berikut ini akan diulas tentang beberapa tempat terbaik yang bisa dikunjungi oleh para TKI. Tak hanya dari sisi keselamatan tapi juga gaji.

TKI di Inggris hidup layak dan minim adanya konflik

Inggris sebagai tujuan bekerja rasanya cukup jarang di dengar ya. Para TKI lebih menyukai Timur Tengah atau Malaysia. Padahal di negeri ratu Elizabeth ini benar-benar menjanjikan. Dari sisi gaji yang mereka tawarkan adalah sekitar 23 juta rupiah untuk UMR nya. Kalau pekerjaannya bagus dan banyak pengalaman tentu pendapatan juga mengikuti. Bahkan PRT di sana bisa digaji 35 jutaan per bulannya.

TKI Inggris [sumber gambar]
Namun itu belum dipotong pajak, transportasi, dan lain-lain, tapi tetap lumayan kan? Namun demikian tentu butuh skill bahasa Inggris yang mumpuni juga pasalnya ada standar yang harus dilewati. Masalah keamanan, negara Inggris rupanya menjamin hak para pekerja, jadi jangan khawatir karena jarang ada kasus yang berat.

Super makmur, banyak TKI di Korsel jadi malah malas pulang ke Indonesia

Sama seperti Inggris, Korsel juga menawarkan tempat bekerja yang menyenangkan. Bahkan saking bahagianya, banyak cerita tentang TKI kita yang ogah pulang lantaran begitu kerasan. Berbicara soal gaji, di sana rata-rata bisa mendapatkan 30 juta rupiah per bulannya. Belum lagi kalau masa kontraknya sudah habis biasanya ada semacam pesangon. Ada juga sistem di mana selama bekerja gaji tidak dibayarkan penuh, namun di akhir masa bakti sisa yang ditahan itu dibayarkan semua.

Keadaan Korea Selatan [sumber gambar]
30 juta tentu sebuah angka yang tidak sedikit apalagi untuk ukuran Indonesia. Levelnya sudah mirip manajer bahkan CEO. Tak hanya gaji, pemerintah Korsel sendiri juga menjamin keselamatan siapa pun yang bekerja di atas buminya. Jadi TKI di sana pun tak khawatir sama sekali. Ini belum lagi suasana di sana yang super nyaman. Berasa menjalani adegan drama-drama Korea.

Hongkong masih jadi favorit, gajinya juga luar biasa

Selain Korsel, Hongkong juga menjadi salah satu negara dengan jumlah TKI paling banyak. Bukan tanpa alasan kenapa demikian. Selain karena adanya gaji minimum sampai 7,1 juta rupiah tiap bulannya, persyaratannya pun juga dianggap tidak berbelit-belit. Belum lagi adanya perlindungan hukum yang cukup mengikat membuat banyak orang nyaman jika berada di sana.

TKI Hongkong [sumber gambar]
Namun begitu tentu masih ditemui beberapa kasus penganiayaan atau gaji tak kunjung cair di sana. Tetapi setelah ditelusuri ternyata lantaran statusnya yang ilegal. Bukan menyalahkan, tapi sesuatu yang tidak sesuai prosedur itu biasanya akan berdampak. Mau ke negara paling nyaman pun bisa berujung bala kalau secara aturan tak dipenuhi. Mudah-mudahan hal ini jadi perhatian teman-teman TKI kita.

Tiongkok pun masih jadi surga bagi para pencari rezeki asal Indonesia

Tiongkok mungkin terkesan bukan negeri impian untuk bekerja berkaca pada hal-hal yang terjadi di sana, tapi faktanya mengabdi di negara ini ternyata menyenangkan. Hal ini tercermin salah satunya dari minimnya kisah-kisah miris para TKI di sana. Ini jadi bukti Tiongkok adalah tempat aman untuk bekerja. Bahkan kalau statusnya adalah ilegal, maka ia akan langsung dipulangkan. Makanya kemudian tenaga asing mereka diterima baik di sini.

TKI di Tiongkok {sumber gambar]

Tak hanya keamanan dan kenyamanan, di sana juga menawarkan gaji yang tinggi. Bayangkan saja, tiap bulan para pekerja asing di Tiongkok rata-rata mendapatkan gaji sampai 25 juta rupiah. Belum lagi kalau jenis pekerjaannya bagus dengan pengalaman yang banyak. Bisa-bisa mencapai angka yang tak terbayangkan.

Memilih tempat bekerja bagi TKI adalah hal yang penting. Pasalnya itu bisa jadi penunjang masa depan atau bahkan sebaliknya. Selain itu poin urgent yang tak boleh dilupakan adalah soal legalitas. Di mana pun pilihannya, usahakan masuk dari jalur yang resmi. Rata-rata cerita buruk datangnya dari mereka yang menyusup diam-diam.

Written by Arief

Seng penting yakin.....

Leave a Reply

Menjadi Penentu Kemenangan Timnas, Inilah 5 Alasan Febri Hariyadi Layak Susul Egy ke Eropa

5 Syarat ‘Edan’ Jika Ingin Jadi Istri atau Selir Kim Jong Un, Kamu Enggak Akan Kuat