in

5 Sosok Muslim Abad Pertengahan yang Mungkin Lebih Cerdas Daripada Einstein

5. Ibnu Khaldun

Meskipun seorang muslim, tapi kiprah Ibnu Khaldun sangat diapresiasi dunia barat, bahkan ia mendapatkan gelar Father of Historiography. Yup, seperti gelar yang diberikan kepadanya, Ibnu Khaldun terkenal dengan karyanya di bidang sejarah. Bahkan ia juga dikenal sebagai orang pertama yang diketahui mencatat berbagai macam peristiwa yang kemudian dikemas menjadi sebuah buku.

Ibnu Khaldun, bukunya sukses menginspirasi semua orang termasuk Mark Zuckerberg [Image Source]
Ibnu Khaldun, bukunya sukses menginspirasi semua orang termasuk Mark Zuckerberg [Image Source]
Tak hanya sejarah, Ibnu Khaldun juga terkenal akan ilmu-ilmu filsafat, sosial, ekonomi, dan juga politik. Sebagian besar karyanya diterjemahkan oleh para tokoh besar dan kemudian membawa dampak yang luas. Salah satu karya terbesarnya berjudul Muqaddimah, sebuah buku yang mengombinasikan antara sejarah, filsafat dan juga hal-hal yang berbau sosial. Buku in juga sukses menginspirasi banyak orang, bahkan termasuk Mark Zuckerberg yang pernah memasukkan buku ini dalam komunitas Facebook-nya.

Baca Juga : 3 Fakta Ka’bah Yang Perlu Diketahui Umat Islam

Jika berkaca kembali ke masa lalu, Islam benar-benar sukses menaklukkan dunia. Tak hanya lewat besar wilayahnya saja, tapi juga hal-hal fundamental seperti berbagai disiplin keilmuwan ini. Karya-karya mereka pun banyak menginspirasi orang-orang barat. Jadi, boleh jadi tokoh-tokoh Eropa yang terkenal itu awal mulanya hanyalah seorang ilmuwan biasa yang kemudian berhasil berkat pengembangan ilmu yang sudah ditulis oleh Avicenna dkk. Salut dan kagum luar biasa!

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

Tipe Cowok yang Bisa Bikin Mertua Jatuh Miskin Jika Menikahi Anaknya!

8 Usaha Paling Aneh yang Digunakan Para Penjahat Menghindari Polisi