Categories: Trending

Suka Mendengarkan Musik? Selamat, Kamu Bakal Sehat Sampai Tua!

Music is part of life, sangat mustahil kalau ada seseorang yang nggak suka menikmatinya. Nggak hanya menemani di saat-saat galau diputusin pacar atau dipecat kerja, musik ternyata mengandung manfaat lain yang besar banget. Salah satunya adalah fakta kalau mendengarkan musik berpengaruh terhadap kesehatan fisik. Bener nggak sih?

Ilustrasi [Image Source]
Yup, beberapa penelitian ilmiah menyebutkan kalau mendengarkan musik bisa memberikan pengaruh positif terhadap kesehatan seseorang. Nah, kira-kira manfaat apa aja sih? Yuk, simak informasi penting ini.

1. Nggak Bikin Jantungan

Momen paling nyesek seperti kena PHP (pemberi harapan palsu) gebetan atau pacar yang ketahuan selingkuh, adalah salah satu dari banyak hal yang menyebabkan seseorang terkena penyakit jantung. Hal tersebut tentu berakibat fatal untuk kesehatan bahkan bisa memicu kematian. Sebenarnya ada nih cara unik untuk menghindarkanmu dari hal mengerikan seperti itu.

Ilustrasi [Image Source]
Bener banget, dengan mendengarkan lagu-lagu favorit. Faktanya, ketika seseorang mendengarkan sebuah lagu maka menyebabkan pembuluh darah melebar sebesar 26 persen. Hal tersebut berdampak bagus terhadap jantung. Sehingga bisa disimpulkan, kalau musik membuatmu anti kena penyakit jantung. Diputusin pacar? Cepet dengerin musik deh!

2. Bikin Sehat Fisik dan Mental

Berdasarkan hasil studi yang dirilis dalam Frontiers in Psychology, mendengarkan musik ternyata bagus untuk kesehatan mental. Di antaranya adalah mampu menekan hormon stres tinggi. Ketika kamu tengah hectic dan kelelahan di saat yang sama, solusi paling gampang dan mujarab adalah mendengarkan musik.

Ilustrasi [Image Source]
Sebuah penelitian di Jerman juga pernah mengungkapkan kalau mendengarkan musik bisa merangsang tubuh untuk menciptakan antibodi. Jadi, ketika seseorang sakit mungkin aja tuh jarang dengerin musik. Masuk akal, kan?

3. Demensia Sirna dengan Musik

Penyakit Demensia atau keadaan seseorang yang memiliki daya ingat rendah karena suatu sebab adalah hal yang cukup susah diobati secara medis. Namun, siapa yang menyangka jika penyakit ini ternyata bisa diatasi dengan musik. Cukup lakukan perawatan intens sambil mendengarkan musik, maka penderita Demensia akan berangsur pulih ingatannya.

Ilustrasi [Image Source]
Nah, kalau untuk penderita Demensia musik sukses membangun ingatan lagi, bagi orang normal biasa akan membuat ingatan makin kuat. Mungkin efek ini tidak begitu terasa, namun secara pasti otak terstimulasi begitu telinga mendengarkan alunan lagu. Wih, keren tuh!

4. Asma Juga Bisa Ditangkal dengan Musik

Kalau mendengarkan musik saja bisa membuatmu mendapatkan banyak manfaat, maka memainkannya pun juga sama. Misalnya ketika kamu memainkan salah satu instrumen tiup, maka secara perlahan kamu terhindar dari penyakit yang berhubungan dengan kelainan paru-paru. Mulai dari asma sampai emfisema atau penyakit kronis obstruktif pulmonar.

Ilustrasi asma [Image Source]
Ketika seseorang memainkan alat musik tiup, maka otot perut perlahan akan terstimulasi. Nah, ketika area tersebut makin kuat, maka dampak terkena yang berhubungan dengan pernafasan tersebut juga makin minim.

See? Ternyata musik nggak hanya jadi moodbooster yang baik ketika galau aja. Setiap alunan yang kamu dengan juga bermanfaat untuk kesehata. Kalau kamu jarang mendengarkan musik dan sering nggak enak badan, sepertinya kamu harus sering-sering memakai headset di kuping dan dengarkan lagu favorit. Atau, sekalian mainkan alat musik dan musik kesukaanmu. Aah.. indahnya hidup.

Share
Published by
Rizal

Recent Posts

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

23 hours ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

3 days ago

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

5 days ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari…

3 weeks ago

Misteri Kematian Ibu Muda di Gresik, Uang Raib hingga Saksi Ditemukan Meninggal

Misteri masih menyelimuti kematian seorang ibu muda di Gresik bernama Wardatun Toyyibah. Perempuan berusia 28…

4 weeks ago