Belum lama ini, lagu Mungkin Nanti dari Peterpan kembali viral. Bukan karena para personel band Peterpan akan reuni, tapi gara-gara Ariel NOAH menyanyikan ulang lagu tersebut dengan lirik bahasa Jepang. Baru dua hari diunggah, video dalam kanal YouTube Ariel NOAH tersebut telah masuk jajaran trending di Indonesia.

Banyak orang yang terkesima dengan “kemasan baru” Mungkin Nanti hingga seorang YouTuber bernama Nihongo Mantappu membawa teman-teman Jepangnya untuk menonton dan mendengarkan lagu ini. Kira-kira bagaimana ya respon mereka? Atau malah salah fokus dengan pesona Bang Boril?

Moshimo Mata Itsuka adalah hasil kolaborasi Ariel NOAH dan Hiroaki Kato

Sebelumnya, Boombastis.com telah mengulas mengenai hal ini dalam artikel berjudul Berkat Nyanyi 5 Lagu Ini, Ariel NOAH Disebut Punya Aura yang Memikat oleh Netizen, tapi tidak secara detil. Lagu Mungkin Nanti sebenarnya telah dinyanyikan dalam versi Bahasa Jepang oleh pemilik nama lengkap Nazril Ilham ini pada tahun 2013, dengan batuan Naoko Kunimoto.

Ariel NOAH berkolaborasi dengan Hiroaki Kato [sumber gambar]
Namun, pada tahun 2019, liriknya disempurnakan kembali oleh Hiroaki Kato dan dirilis oleh Ariel melalui kanal YouTube-nya. Hingga ulasan ini ditayangkan, views dalam video YouTube ini telah mencapai lebih dari 5 juta dan juga 450 ribu likes.

Orang Jepang menyebut lagu Moshimo Mata Itsuka bisa laris di pasaran

Nihongo Mantappu alias Jerome Polin mengajak 4 rekannya untuk mendengarkan bersama-sama lagu Mungkin Nanti versi bahasa Jepang. Ketika video dimainkan, tampak rekan-rekan Jerome berkonsentrasi hingga akhirnya mulai mengangguk-anggukan kepala. Sayangnya, salah satu panelis malah salah fokus dengan Gundam milik Ariel NOAH.

Empat rekan Jerome menyatakan bahwa lagu Mungkin Nanti memiliki irama yang membuat orang rileks sehingga sangat enak didengarkan. Selain itu, liriknya pun ear-catching sehingga mudal dihafal. Bahkan, ketika video sudah dimatikan, rekan-rekan Jerome masih saja terbayang-bayang nada hingga akhirnya nyanyi sendiri, loh.

Ariel NOAH disebut miliki pelafalan bahasa Jepang yang baik

Entah berapa lama Ariel NOAH berguru pada Hiroaki Kato sehingga pelafalannya ketika menyanyikan lagu Moshimo Mata Itsuka tak jauh beda dari penyanyi Jepang asli. Pelafalan samar dalam huruf “tsu” juga bagaimana ia tak menebalkan huruf r setiap kali bertemu dengannya adalah hal yang luar biasa.

Reaksi orang Jepang terhadap lagu Mungkin Nanti [sumber gambar]
Diapresiasi oleh teman-teman Jerome, pelafalan baik dari Ariel memang tak lepas dari lidah orang Indonesia yang disebut paling fleksibel di dunia. Sehingga, bisa dibilang bahwa orang Indonesia bisa melafalkan bahasa persis dengan penduduk asli tanpa ada aksen tempat asal sama sekali.

The power of Ariel NOAH

Ketika ulasan ini ditulis, posisi video Moshimo Mata Itsuka yang diunggah oleh kanal YouTube Ariel NOAH berada di trending nomor 3, sedangkan milik Nihongo Mantappu ada di posisi 9. Banyak netizen yang berkomentar “begini, nih, the power of Ariel Noah,” apapun yang ia keluarkan selalu menjadi “sarang ke-kepoan masyarakat.”

Ariel NOAH dulu dan sekarang [sumber gambar]
Meskipun begitu, masih saja banyak orang yang selalu mengungkit-ungkit skandal Ariel di masa lalu. Padahal, semua sudah move on dan Ariel dan para pelaku lainnya juga telah mendapat ganjarannya. Ya, namanya juga musisi berbakat dan produktif menghasilkan karya, masa iya enggak diapresiasi, sih?

BACA JUGA: Bikin Bangga! 4 Musisi Tanah Air Ini Mendadak Terkenal di Korea Selatan Gara-gara Asian Games 2018

Bagi Sahabat Boombastis yang belum menonton video asli Ariel NOAH membawakan lagu Mungkin Nanti dalam lirik bahasa Jepang, Boombastis.com akan melampirkan tautannya di bawah ini. Jangan-jangan, sebentar lagi lagu Semua Tentang Kita bakal diadaptasi ke dalam lirik bahasa Korea, nih?