Kecelakaan selalu identik dengan kendaraan yang kebut-kebutan. Biasanya, itu dikarenakan para pengemudi tidak bisa mengendalikan kendaraannya. Sehingga kendaraannya terlambat untuk direm sebelum waktu yang tepat.

Tapi pemikiran kita selama ini belum sepenuhnya benar Sahabat Boombastis. Sebab, kendaraan yang melaju dengan kecepatan rendah juga jadi faktor pemicu kecelakaan lho. Lah, mengapa bisa begitu ya?

Motor kecepatan rendah bisa sebabkan kecelakaan [Sumber Gambar]
Dinukil dari laman carbuzz.com, penelitian yang dilakukan di Inggris menemukan suatu hal tak disangka. Di mana kematian dari pejalan kaki yang disebabkan kendaraan berkecepatan rendah justru lebih besar dibandingkan yang rendah. Penelitian ini dilakukan di Bath dan Somerset yang memberlakukan ‘safe zone’ sehingga kecepatan dari kendaraan hanyalah berkisar 20 Mph.

Jadi penyebab utama menabrak pejalan kaki [Sumber Gambar]
Aturan ini bukan tanpa alasan untuk diberlakukan. Bersumber dari gridoto.com, aturan ini dilakukan agar si pengendara bisa bereaksi cepat saat berhadapan dengan pejalan kaki. Tapi nyatanya, perkiraan para peneliti tidak semuanya benar. Seorang jurnalis otomotif Inggris bernama Jeremy Clarkson mengungkapkan jika pembatasan kecepatan justru membuat pengemudi lebih fokus kepada speedometer ketimbang kondisi lingkungan sekitarnya.

Berkendara sesuai kondisi lingkungan sekitar [Sumber Gambar]
Hal serupa juga dikatakan oleh beberapa peneliti di Virginia. Melalui penelitian yang dilakukan oleh Motorcycle Safety Foundation (MSF) dan Virginia Tech Transportation Institute (VTTI), berjalan pelan malah paling banyak sebabkan kecelakaan sepeda motor. Dari data yang dihasilkan, para peneliti menjelaskan mengapa hal tersebut bisa terjadi. Menurutnya, saat berjalan pelan, umumnya pengemudi sangat sulit dalam melakukan manuver. Nah, karena tidak mendapatkan kecepatan yang cukup untuk bermanuver, maka pengendara lebih rentan mengalami kecelakaan.

BACA JUGA : Dilarang Parkir Motor Pakai Standar Samping, 4 Akibat Fatal Ini Akan Diterima Pengendara

Setelah membaca ulasan di atas, bukan berarti Sahabat Boombastis harus ngebut saat mengemudikan kendaraan kalian lho. Intinya kalian tetap berhati-hati dalam membawa kendaraan ke mana pun perginya. Ngebut awas itu oke, pelan tapi enggak perhatian, itu bisa bahaya.