Sudah menjadi rahasia umum, selain harta yang melimpah Raja Brunei Darussalam yakni Sultan Hassanal Bolkiah juga memiliki gurita bisnis yang besar. Di mana, ia dikabarkan memiliki usaha di sektor industri minyak dan gas, serta bisnis hotel bintang lima di banyak negara. Lebih jauh tentang sosok 72 tahun tersebut, ia juga menyimpan sejumlah barang-barang kelas wahid, yang mana untuk mendapatkan perlu merogoh kocek sangat dalam.

Salah satunya adalah deretan kendaraan roda empat yang tidak hanya mewah tapi juga memiliki merek papan atas. Terkait hal tersebut, kabarnya di garasi sang pemimpin Brunei tersebut juga tersimpan 7.000 unit mobil. Dan hebatnya lagi, beberapa di antara sudah tidak lagi banyak beredar di pasaran (langka). Seperti apakah itu? Mari kita bongkar bersama garasi mobil sang Raja Brunei tersebut.

Mobil pabrikan terkenal asal Italia Ferrari FXX

Penampakan Ferari FXX [Sumber Gambar]
Sebagai sebuah kendaraan roda empat, Ferrari FXX bisa dibilang bukanlah kendaraan sembarangan. Alasannya mobil yang dikembangkan oleh Manajer Prototipe Pinifarina yakni Paolo Garella ini adalah supercar paling menarik dan misterius. Maksudnya, hanya segelintir orang yang bisa memilikinya. Yaa, salah satunya adalah Raja Brunei ini. Di garasi ada Ferrari FX berwarna biru safir yang kabarnya menjadi satu-satunya di dunia. Selain langka, harganya diperkirakan sangat mahal yakni untuk memilikinya harus merogoh kocek sebesar Rp 29 miliar. Angka setera dengan berangkat haji berkali-kali.

Mercedes Benz CLK GTR, mobil langka asal Jerman dimiliki Raja Brunei

Mercedes Benz CLK GTR [Sumber Gambar]
Salah satu kendaraan langka lain yang kini terparkir rapi di garasi Raja Brunei ini adalah Mercedes Benz CLK GTR. Mobil ini konon oleh pabrikannya di Jerman hanya di produksi dalam jumlah terbatas yaitu 25 unit saja. Sebagai kendaraan mewah, Mercedes Benz CLK GTR ini dilengkapi beberapa komponen jempolan. Salah satunya adalah mesin V12 berkapasitas 6,9 liter yang dimilikinya. Di mana diketahui mampu membuat mobil tersebut berakselerasi dari kondisi berhenti hingga kecepatan 100 km/jam dalam waktu 3,8 detik. Dan mampu mencapai kecepatan maksimal di angka 320 km/jam. Terbayang bukan bagaimana cepatnya mobil ini.

Kendaraan mewah asal Jerman ini juga jadi mobil langka digarasinya

Gaharnya McLaren F1 LM [Sumber Gambar]
Selain nama Mercedes Benz tadi, McLaren F1 LM juga jadi mobil langka asal Jerman yang jadi koleksi Sultan Hassanal Bolkiah. Seperti kedua nama tadi, selain mewah kendaraan ini juga diproduksi dalam jumlah yang terbatas yakni lima buah saja. Tidak berhenti disitu saja, mobil yang dibuat pada tahun 1998 ini juga mempunyai nilai historis tinggi. Di mana saat dibuat untuk menghormati kemenangan tim McLaren dalam ajang balap 24 Hours of Le Mans race di tahun 1995. Berangkat dari kondisi tersebut tidaklah mengejutkan kalau untuk memilikinya perlu merogoh kocek sebesar Rp 211 miliar.

Supercar langka Cizeta Moroder V16 juga koleksi Pemimpin Brunei itu

Wujud Cizeta Moroder V16 [Sumber Gambar]
Nama kendaraan langka lain yang juga ada di garasi Pemimpin Brunei Darussalam tersebut adalah Cizeta Moroder V16. Mobil yang kabarnya memiliki bandrol sekitar Rp 11 miliar. Lebih jauh tentang kendaraan ini, tahun 1988 menjadi awal kemunculannya. Ketika itu kode V16T adalah nama untuk sistem penggerak. Masih tentangnya banyak orang beranggapan kalau desain dari kendaraan roda tua asal Italia itu mirip Lamborghini Diablo.

BACA JUGA: Mobil-Mobil Petinggi Negara Lain yang Bisa Jadi Alternatif Buat Pak Jokowi dan Pastinya Anti Mogok

Itulah tadi beberapa kendaraan langka Sultan Hassanal Bolkiah. Bagaimana, apakah kalian asing mendengar nama-nama kendaraan roda empat tadi? Terlepas dari hal tersebut, hoby Raja Brunei itu agaknya menjadi bukti kalau dewasa ini banyak pemimpin dunia habiskan uangnya untuk hal masih ada hubungannya dengan otomotif.