Sudah menjadi sebuah rahasia umum, kalau banyak ditemui barang-barang yang dianggap buruk rupa namun memiliki harga mahal. Seperti contohnya adalah mobil balap Jaguar Tipe D berwarna hijau yang pernah dilabeli jelek oleh masyarakat, tapi harganya setara dengan ratusan Ducati Moster 1200 R Red/Black. Berkaca dari hal tersebut, faktor sejarah dan citra kendaraan di masa lalu ternyata juga bisa mempengaruhi harga.

Masih terkait hal tersebut, ternyata di dunia ini tidak hanya Jaguar Tipe D saja kendaraan roda empat yang dilabeli jelek, tapi mempunyai harga bikin melongo. Beberapa kendaran seperti Youabian Puma, Lamborghini Veneno, BMW M1, Porsche 912E juga alami nasib yang sama. Lalu beberapa kira-kira harga empat kendaraan tersebut? Untuk mengetahuinya simak ulasan berikut ini.

Youabian Puma harga lebih mahal dari supercar asal Italia

Muncul pertama kali pada tahun 2013 di sebuah pameran Auto Show Los Angeles, kendaraan ini langsung mendapatkan tanggapan miring dari para pengunjung. Menurut pemberitaan Viva.com, bahkan sampai membuat Youabian Puma mendapat ejekan, dan disebut sebagai mobil bertampang jelek.

Youabian Puma di jalanan [Sumber Gambar]
Kalau diamati, desainnya yang berbeda pada umumnya menjadi penyebab hal tersebut menimpa dirinya. Namun, meski begitu kendaraan di harganya jauh mahal dari supercar seperti sekelas Lamborghini dan Ferrari. Di mana Youabian Puma dibandrol harga US$895 ribu, atau setara dengan Rp12,4 miliar. Di balik perawakannya, Puma mampu berakselerasi dari posisi diam hingga kecepatan 100 kilometer per jam dalam waktu 5,9 detik.

Mobil terburuk, Lamborghini Veneno harganya bikin sesak nafas

Setali tiga uang dengan Youabian Puma, Lamborghini Veneno juga mendapatkan tanggapan negatif terkait tampilannya. Dilansir Boombastis dari laman Gooto.com, menurut situs otomotif asal Amerika Serikat yakni Edmunds, kendaraan asal Italia ini merupakan mobil terburuk di dunia dalam sejarah. Yaa, meski kalau bagi kita sebetulnya sangat-sangat epic.

Lamborghini Veneno [Sumber Gambar]
Ide buruk dalam pembuatan Lamborgini ini menjadi penyebab kendaraan ini mendapatkan pernyataan pedas. Tapi sepertinya halnya Puma tadi, Lamborghini Veneno juga memiliki harga yang mahal. Bagi orang yang ingin memilikinya harus merogoh kocek sebesar 3 juta pound sterling atau sekitar Rp 45 miliar. Angka bisa membuat sesak nafas orang-orang berdompet tipis.

Meski BMW, tapi seri M1 kerap diolok-olok jelek

Ngomong-ngomong tentang BMW, tentu merupakan mobil kelas premium yang masuk kategori mewah. Desain-nya yang futuristik dengan tambahan teknologi kelas wahid mejadi penyebab dirinya masuk kategori tersebut. Tapi, fakta tersebut tidaklah berlaku kalau kita berbicara tentang BMW Seri M1.

Penampakan BMW M1 [Sumber Gambar]
Pasalnya, kendaraan asal Jerman tersebut kerap dianggap oleh khalayak ramai sebagai mobil sangat buruk terutama untuk urusan tampilan. Modelnya yang jadul, dengan desain-nya bisa memang layak sih bila BMW M1 dinilai seperti itu. Namun, seperti mobil-mobil tadi kendaraan ini juga mahal. Dirinya sempat laku dengan angka menembus harga US$ 379 Juta.

BACA JUGA: 4 Mobil Mewah Conor McGregor Ini Bisa Membuatmu Langsung Terlihat Miskin

Seperti telah disinggung di awal tadi, ternyata harga sebuah benda juga dipengaruhi nilai-nilai historis di dalamnya. Selain itu, kisah tadi juga bisa menjadi teladan untuk kita agar tidak selalu melihat segala sesuatu daru tampang luarnya saja.