Bagi masyarakat awam, Benua Antartika tak lebih dari seonggok es yang bertumpuk di ujung selatan bumi. Memang tak sepenuhnya salah. Namun sebaliknya, kawasan bersalju ini amat sangat penting bagi segelintir pihak yang cerdas. Mereka inilah yang dijuluk sebagai elite global. Ada banyak temuan dan rahasia menarik yang sengaja disembunyikan oleh mereka.

Saking pentingnya Antartika, negara sebesar Amerika Serikat bahkan rela bersusah payah mengerahkan sebuah operasi militer ke kawasan tersebut. Salah seorang Perwira Angkatan Laut, Admiral Byrd bahkan mengemukakan sesuatu yang sifatnya menguak rahasia tentang Antartika. Pertanyaannya? Rahasia apa yang sebenarnya di balik kawasan es tersebut?

Temuan Kapten James Cook yang mengguncang dunia ekspedisi

Pada tahun 1772 hingga 1775, Kapten James Cook memimpin sebuah ekspedisi ke daerah Selatan. Di mana tujuannya saat itu difokuskan ke suatu daerah yang terdiri dari berton-ton es. Bisa dibilang, James Cook merupakan orang pertama yang sukses mencapai daerah yang kini disebut sebagai Antartika itu.

Capek keliling dunia tanpa sadar [sumber gambar]
Selama perjalanan, ia hanya menemukan bermil-mil tembok es tanpa pernah menemukan jalan masuk maupun keluar. Selama 3 tahun berkeliling, James Cook telah menempuh jarak sejauh 60.000 Km atau setara dengan 1,5 x panjang ekuator bumi. Dalam peta globe yang bulat, luas keliling Antartika adalah 19.300 Km. Sedangakan Kapten James Cook telah menempuh dengan jarak 60.000 Km. Bisa di bilang, ia telah satu kali mengelilingi bumi tanpa disadari. Luar biasa ya Sahabat Boombastis.

Adanya operasi militer besar-besaran Amerika Serikat

Untuk mengungkap misteri yang ada pada Benua Antartika, Pemerintah Amerika Serikat meluncurkan operasi militer yang bersandi Operation Highjump pada tahun 1946-1947. Dipimpin oleh Admiral Richard E. Byrd, rombongan ini membawa turut membawa 13 kapal laut, termasuk kapal induk, sejumlah helikopter dan 29 pesawat terbang.

Beberapa tahun kemudian, dilanjutkan lagi dengan operasi berikutnya yang bersandi Operation Deep Freeze. Di mana tujuan akhirnya adalah mengungkap penemuan baru di wilayah tersebut. Cukup aneh ya Sahabat Boombastis. Padahal Benua Antartika hanyalah sebuah padang es yang minim kehidupan. Setelah ditelusuri secara cermat, barulah semua fakta sebenarnya di bongkar oleh sang pemimpin misi, Admiral Byrd.

Pengakuan mengejutkan dari Admiral Byrd tentang kondisi Antartika yang sebenarnya

Sepulang dari misi di Benua Antartika, Admiral Byrd memberikan keterangan yang cukup mengejutkan. Dalam sebuah wawancara, ia mengungkapkan rahasia penting mengenai Antartika. Di antaranya adalah, kawasan es tersebut ternyata kaya akan bahan tambang berupa minyak dan batubara.

Selain itu, adanya kawasan hijau dengan perairan hangat, juga ditemukan jika melewati tembok es tersebut. Yang mengejutkan, ia menekankan agar Amerika Serikat agar mewaspadai serangan musuh yang datang dari kawasan Antartika. Kira-kira musuh yang seperti apa ya Sahabat Boombastis?

Peta bumi datar kuno yang misterius

Sebuah temuan mengejutkan tentang Antratika ternyata pernah dipublikasikan oleh jurnal Hawaiian Gazette pada hari Jumat 11 Januari 1907. Harian itu memuat salinan gambar sebuah peta kuno yang telah berusia ratusan tahun. Dalam manuskrip yang ditemukan pada tembaga silinder, tampak peta bumi datar dengan belasan pulau kecil tersebar merata di samping kanan, kiri atas dan bawah.

Peta kuno bumi datar yang penuh misteri [sumber gambar]
Peta yang ditemukan di sebuah kuil Jepang itu, diyakini merupakan buatan 10 abad silam oleh pendeta Tiongkok yang beragama Budha. Pada gambar, jelas memproyeksikan Mercator mengarah ke Kutub Utara sebagai pusat lingkaran. Sementara busur sekelilingnya, menggambarkan benua Amerika Utara dan Selatan, Eropa, Afrika, Asia dan Australia dengan lingkaran yang diyakini sebagai tembok Antartika. Belasan pulau kecil di luar peta itulah yang hingga kini menjadi misteri.

Antartika dianggap sebagai kawasan terlarang

Begitu besar rahasia yang terkandung pada Benua Antartika, Amerika Serikat memprakarsai sebuah perjanjian nternasional yang ditandatangani bersama. Tujuannya jelas. yakni melindungi wilayah Antartika bagi mereka yang tidak berkepentingan. Mereka menganggap bahwa benua es tersebut satu-satunya tempat di bumi yang tidak berpenduduk.

Klaim sepihak yang menutup akses ke Antartika [sumber gambar]
Ditandatangani oleh 46 negara, para anggotanya setuju jika Benua Antartika digunakan sebagai tempat penelitian ilmu pengetahuan. Mereka juga melarang segala aktivitas berbau militer di tempat itu. Bisa dibilang, Antartika merupakan zona bebas bagi siapa saja untuk datang berkunjung. Namun buru-buru diproteksi oleh Amerika Serikat dan sekutunya. pasti ada yang disembunyikan ya Sahabat Boombastis.

Meski zaman telah modern, eksplorasi dan berita pengungkapan daerah vital di Antartika seolah jarang terdengar. Ada banyak misteri yang sebenarnya belum terpecahkan, terkait dengan pernyataan mengejutkan dari Admiral Byrd beberapa tahun silam. Gimana menurutmu Sahabat Boombastis?